Pengertian Otak Kecil : Struktur, Fungsi, dan Cara Kerjanya Lengkap

Posted on

Setelah sebelumnya pembahasan artikel berfokus pada pembahasan lengkap tentang pengertian sel dan dilanjutkan dengan struktur beserta fusngsinya. Sekarang  mari kita berfokus pada pengertian otak kecil secara lengkap sebagai berikut

 

Pengertian Otak Kecil

 

Otak kecil
Otak kecil

 

Otak merupakan  bagian dari tubuh yang sangat vital dan diketahui oleh hampir semua orang dan dikenal dengan fungsinya sebagai pusat syaraf dari bagian tubuh. Kebanyakan orang menganggap otak adalah kesatuan yang tidak memiliki bagian tertentu sebab sering kita lihat dari berbagai sumber di berbagai media yang menunjukkan bahwa otak adalah satu bagian sehingga seperti itu pula pemahaman yang diterima.

Otak terdiri dari bagian yang memiliki banyak fungsi masing masing dan satu sama lain sama sama penting dan saling berhubungan. Bagian otak terdiri dari otak besar dan juga otak kecil yang akan di bahas lengkap pada artikel ini. Mari kita lihat penjelasan berikut.

Otak kecil atau bahasa ilmiahnya crebellum adalah bagian dari sistem saraf manusia yang berpusat di batang otak. Bagian otak ini mempunyai fungsi lebih cepat daripada bagian otak yang lainnya sebab oatak ini tersusun lebih dari 40 juta urat syaraf. Jadi bisa dibayangkan jika bagian otak kecil ini terjadi gangguan, tentu saja akan sangat menggangu kinerja organ anggota tubuh lainnya.

 

Struktur Otak Kecil

Struktur dari otak kecil berbentuk mengkerut pada bagian tengah, beratnya kurang lebih 1/8 dari berat otak secara keseluruhan, yakni sekitar sekepalan tangan pada umumnya. Struktur dan bagian otak manusia khususnya otak kecil terdiri dari dua bagian yaitu :

Baca Juga :  Anatomi Jantung

1.) Bagian abu abu, yaitu komponen utama dalam sistem syaraf pusat yang mengandung badan sel sel syaraf sebagai pusat untuk menganalisa informasi.

2.) Bagian putih, yaitu bagian yang banyak menghubungkan pusat pusat informasi yang didapatkan oleh otak.

 

Bagian yang berada di luar otak kecil ini sendiri bisa sahabat biologi sebut dengan nama korteks. Sedangkan bagian yang ada di dalam otak bisa sahabat biologi sebut dengan medulla.

Pada bagian luar otak atau korteks tadi mempunyai tiga lapisan, dan lapisan ini bisa disebut dengan molecular. Di dalam molecular sahabat biologi bisa menemukan sel syaraf kecil.

Selain itu di dalam molecular ini sendiri sahabat biologi bisa menemukan juga purkinje yang bentuknya bercabang dan memiliki ukuran yang cukup besar. dan juga ada granular yang merupakan lapisan paling dalam.

 

Fungsi Otak Kecil

Bagian Otak kecil memiliki peran yang sangat penting sebagaimana bagian dari otak lainnya, fungsinya dari otak kecil yaitu :

1.) Untuk mengontrol pergerakan dan keseimbangan dari tubuh manusia, yakni gerakan tubuh dalam keseharian seperti memberi perintah untuk berjalan dan berlari, serta untuk menyeimbangkan tubuh manusia untuk tetap bisa berdiri dan menahan berat tubuh.

2.) Pengendalian otot syaraf untuk pergerakan tubuh, Fungsinya yaitu memberi perintah pada mekanisme kerja otot dan sendi untuk melakukan tugasnya dengan lancar sehingga tubuh dapat bergerak bebas tanpa rasa sakit.

3.) Otak kecil berfungsi untuk mengatur postur tubuh dan juga pergerakan dari bola mata kita. Hal inilah yang memungkinkan sahabat biologi atau manusia pada umumnya mampu berdiri dengan tegap. Karena otak kecil yang memerintahkannya. Selain itu otak kecil juga memerintahkan tubuh untuk bergerak seperti bola mata yang dapat bergerak. Misalnya melalukan beberapa gerakan seperti melirik. Gerakan ini menjadi salah satu tanggung jawab yang dimiliki oleh otak kecil. Dengan kata lain otak kecil mengontrol pergerakan mata yang ada pada tubuh kita.

Baca Juga :  Kelenjar Timus – Pengertian Dan Letaknya

4.) Membantu fungsi kognitif seperti bahasa, emosi, dan perhatian seseorang. Bisa dibilang otak kecil ini sendiri memiliki peranan yang sangat penting untuk mengungkapkan bahasa dan juga emosi. Lalu semuanya akan digabung dan diolah agar dapat menjadi sesuatu yang sanggup dimengerti oleh seseorang yang merekamnya. Untuk kemudian dari pengalaman atau pun kejadian tersebut membuat kita mengerti dan memahami setiap kejadian yang disimpan oleh otak kecil ini.

5.) Fungsinya Mengatur pergerakan dan informasi dari rangsangan agar dapat melakukan gerakan yang tepat, sel sel dalam otak kecil mengatur agar tubuh mampu melakukan hal hal yang tepat dalam setiap kondisi, seperti meghindar dari bahaya, tersenyum ketika bergembira, dan sebagainya.

 

Cara Kerja dari Otak Kecil

Otak kecil bekerja dan memiliki perang yang cukup penting di dalam keseluruhan bagian sel syaraf yang ada pada tubuh manusia. Cerebellum atau yang merupakan bagian terbesar dari otak kecil ini akan menerima semua informasi yang ditangkap oleh otak kita.

Informasi ini bisa berupa gerakan yang dilakukan oleh adanya kontraksi otot. Lalu informasi tersebut akan secara terus menerus diperbarui. Hal ini pun akan membuat otak kecil secara terus menerus mendorong kinerja yang tepat dan mampu memunculkan gerakan yang nantinya akan dirikim menuju ke pusat syaraf.

Selain itu bagian dari otak kecil ini sendiri juga mempunyai kapasitas yang cukup unik pada saat menerima berbagai macam informasi yang berasal area motor pusat syaraf. Informasi juga bisa didapatkan dari daerah kognitif, daerah sensorik, daerah bahasa hingga daerah fungsi emosional.

Semuanya terletak di dalam otak kecil kita.

 

Itulah penjelasan mengenai pengertian otak kecil yang semoga dari penjelasan Guru kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan sahabat biologi. Terutama dalam materi pembelajar biologi, karena kami akan senang hati membagikan berbagai macam ulasan menarik dan penting setiap hari.

Baca Juga :  Trombosit - Batas normal, Batas rendah, dan batas berbahaya

 

Artikel Lainnya :

  1. Ekosistem Sawah – Penjelasan Berserta Rantai makannya
  2. Bioma Tundra – Pengertian, Ciri – Ciri, Proses, dan Iklim
  3. Proses Terjadinya Pelangi – Penjelasan Berserta Gambarnya
  4. Bentuk Muka Bumi – Penjelasan Terlengkapnya
  5. Ekosistem Sungai – Penjelasan, Ciri-ciri, Komponen, dan Manfaatnya