Pengertian Enzim – Macam – Macam dan Fungsinya

Posted on

Pengertian Enzim

Ekosistem.co.id – Pengertian Enzim merupakan biomolekul berupa protein dan berbentuk bulat dengan satu atau lebih rantai polipeptida. Kali ini kita akan membahas pengertian enzim secara lengkap beserta macam-macamnya, cara kerja dan fungsi enzim.

 

Apa itu Enzim?

Enzim adalah senyawa protein yang bertugas untuk membantu proses metabolisme di dalam tubuh kita. Keberadaan enzim akan memastikan metabolisme berkangsung dengan cepat.

Sebab tanpa adanya enzim maka reaksi metabolisme di dalam tubuh akan berlangsung sangat lama.

 

Ciri-ciri Enzim

Enzim sendiri memiliki sifat dan karakteristik seperti di bawah ini :

1.) Bekerja dalam suhu optimum.

2.) Kinerja dapat menurun dalam kondisi asam kuat atau basa kuat.

3.) Kinerja dapat menurun pada pelarut organic.

4.) Enzim bisa terdenaturasi di suhu panas.

5.) Kinerjanya bisa dipengaruhi oleh activator atau pemicu dan inhibitor atau penghambat, serta konsentrasi atau substrat.

 

Struktur Enzim

Enzim terdiri dari dua komponen utama, yakni :

1.) Apoenzim atau Bagian Pro

Bagian ini tersusun atas protein dan mudah berubah tergantung pada faktor lingkungannya. Contoh : pH dan suhu.

 

2.) Gugus Prostetik

Gugus ini merupakan gugus yang tidak aktif dan terdiri dari unsur logam. Contoh : besi, magnesium, baja dan natrium. Gugus prostetik juga bisa berupa bahan organic yang bukan protein. Contoh : Vitamin B.

 

Macam–macam Enzim

Enzim dibagi ke dalam beberapa macam dan berikut ini adalah penjelasan lengkapnya :

1.) Berdasarkan Tempat Enzim Bekerja

Jika berdasarkan tempatnya bekerja enzim dibagi menjadi beberapa jenis yakni endoenzim atau enzim intraseluler yang merupakan sebuah enzim yang bekerja di dalam sel.

Baca Juga :  Hutan Lingdung - Fungsi, Manfaat, dan Contoh

Ekoenzim atau enzim ekstrakulikuler yang merupakan sebuah enzim yang bekerja di luar sel.

 

2.) Berdasarkan Cara Terbentuknya

Jika berdasarkan cara terbentuknya enzim dibagi menjadi :

– Enzim Konstitutif

Adalah enzim dengan jumlah yang dapat dipengaruhi oleh kadar molekul atau substrat. Contoh : enzim amilase di saliva.

– Enzim Adaptif

Adalah enzim yang proses pembentukannya distimulasi oleh keberadaan substrat. Contoh : enzim β-galaktosidase yang diproduksi bakteri E. coli.

 

3.) Berdasarkan Proses Metabolismenya

Enzim dibagi ke dalam beberapa bagian jika dilihat berdasarkan pada prosesnya, pertama enzim dehidrogenasi yang berfungsi sebagai pemindah hidrogen dari molekul menuju zat lain.

Berikutnya adalah Enzim transphoforilase yang merupakan enzim yang memiliki fungsi untuk memindahkan H3PO4 dari suatu molekul atau pun zat ke molekul lainnya yang dibantu oleh ion magnesium (Mg2+).

 

Cara Kerja Enzim

Enzim bisa diibaratkan dengan gembok karena di dalam enzim terdapat tempat aktif dapat mengizinkan substrat tertentu untuk bergabung ke dalamnya dan bekerja secara spesifik.

 

Faktor yang Mempengaruhi Kerja Enzim

Kerja enzim dipengaruhi oleh beberapa hal, berikut ini adalah faktor yang mempengaruhinya :

1.) Suhu

Suhu yang tinggi dapat mem,buat molekul substrat meningkat dengan sepat membuat pertumbuhan enzim dan energi molekul berkurang.

 

2.) pH

Bentuk enzim dapat berubah dikarenakan denaturasi yang jika berada di kondisi asam dan basa di daerah molekul dan hal ini diakibatkan pH optimum yang dimiliki oleh setiap enzim.

 

3.) Aktivator dan Inhibitor

Keberadaan activator membuat kinerja enzim menjadi lebih mudah sedangkan inhibitor merupakan molekul yang menghambat ikatan enzim dan substratnya.

 

4.) Konsentrasi enzim dan Substrat

Besarnya konsentrasi enzim dan substrat dapat mempengaruhi reaksi enzim oleh sebab itu semakin besar konsentrasi enzim maka akan semakin cepat juga reaksi yang berlangsung.

Baca Juga :  Jenis-jenis Manusia Purba

 

Fungsi–fungsi Enzim

Setelah mengetahui macam macam enzim berikut ini adalah fungsi dari enzim. Fungsi umumnya adalah sebagai katalisator yang dapat mempercepat terjadinya sbeuah laju rekasi yang ada di dalam tubuh manusia.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi enzim :

 

1.) Mulut

Fungsi pertama terdapat pada enzim amylase yang dapat ditemukan di dalam saliva mau pun air ludah yang dihasilkan oleh kelenjar parotis mau pun kelenjar ludah dan juga pankreas.

Fungsinya aladalah guna mengubah amilum agar menjadi maltose yakni molekul yang lebih sederhana.

Misalnya seperti pada saat kamu makan nasi dan mengunyahnya selama 3 menit atau lebih lama maka kamu akan dapat merasakan sebuah rasa yang manis. Rasa manis ini akan muncul dikarenakan adanya sebuah efek dari enzim amylase yang bersangkutan.

 

2.) Lambung

Enzim berikutnya yang berfungsi pada lambung ada beberapa jenis yang pertama adalah enzim rennin yang terdapat di dalam lambung dan bekerja dengan dibantu oleh HCI atau asam lambung dan mempunyai sebuah fungsi sebagai pengubah kaseinogen menjadi kesein.

Enzim kedua adalah enzim pepsin yakni enzim yang terdapat di dalam lambung yang bekerja dibantu HCI. Atau asam lambung yang mempunyai tugas sebagai pengubah protein menjadi pepton, proteosa dan juga popeptida.

Enzim yang terakhir adalah enzim lipase yakni enzim yang memiliki tugas sebagai pengubah trigliserida menjadi asam lemak.

 

3.) Usus Halus

Pada usus halus ada beberapa enzim yang memiliki fungsi yang pertama adalah enzim laktase yang mempunyai fungsi untuk mengubah laktosa menjadi galaktosa dan juga glukosa.

Kemudian ada enzim maltase yang memiliki tugas untuk mengubah maltose atau hasil kerja amylase disaliva menjadi glukosa. Berikutnya adalah enzim lipase yang memiliki tugas untuk mengubah lemak menjadi gliserol asam lemak.

Baca Juga :  Pengertian Sel - jaringan,Struktur, Beserta Fungsinya

Enzim berikutnya merupakaN enzim enterokinase yang mempunyai fungsi dan tugas untuk mengubah tripsinogen menjadi tripsin.

Enzim berikutnya adalah enzim peptidase yang memiliki fungsi untuk mengubah polipeptida atau menjadi asam amino.

 

4.) Pankreas

Untuk pankreas sendiri ada 4 enzim yang memiliki fungsi bagi pankreas yang pertama adala enzim tripsin yang memiliki tugas untuk mengubah protein menjadi polipeptida.

Enzim berikutnya adalah enzim lipase yang memiliki fungsi untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol agar dapat dicerna.

Ada enzim amylase yang memiliki fungsi untuk mengubah amilum menjadi maltose atau disakarida, dan yang terakhir adalah enzim karbohidrase yang memiliki fungsi untuk mencerna amilum menjadi maltosa.

 

 

Semoga ulasan pengertian enzim yang sudah Ekosistem.co.id berikan di atas bisa dijadikan sebagai refrensi belajar yang menyenangkan.

 

Artikel Lainnya :

  1. Carnivora – Pengertian, Contoh, dan Ciri cirinya
  2. Sistem Reproduksi Pria – Penjelasan Lengkap dan Detail
  3. Proses Terjadinya Menstruasi