Pengertian Dan Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Posted on

Pengertian Dan Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Tumbuhan merupakan suatu komponen yang mewarnai indahnya dunia ini. Tumbuhan adalah salah satu inti yang harus ada dalam kehidupan, sebab tumbuhan yang memberikan sumber oksigen untuk keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu tumbuhan harus kita lestarikan dan rawat bak-baik supaya hidup kita juga berjalan baik tentunya.

Bagian-bagian yang ada dalam tumbuhan yakni batang, daun, bunga, hingga akar. Bagian-bagian tersebut memliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Dalam artikel ini yang akan di bahas yaitu mengenai akar. Ingin tahu lebihlanju? Simak artikel dibawah inii sampai akhir ya. Berikut pengertian dan fungsi akar pada tumbuhan.

Akar adalah sebuah bagian yang terletak di bagian palingbawah tumbuhan yang biasanya berkembang dibawah permukaan tanah (didalam tanah). Akar meruapak organ dari tumbuhan yang mempunyai fungsi utama yaitu menghisap air dan gaam mineral. Air dan mineral tersebut digunakan oleh tumbuhan untuk proses pertumbuhan. Akar terdiri dari berbagai bagian, antara lain 1) Epidermis, 2) Korteks, 3) Endodermis, dan 4) Stele atau Silinder Pusat. Akar mempunyai 2 jenis, yaitu akar serabut dan akar tunggal.

Karena yang dibahas adala mengenai pengertian akar dan fungsi akar pada tumbuhan, maka selanjutnya adalah fungsi dari akar. Akar pada tumbuhan juga memiliki kegunaan, berikut beberapa fungsi akar yang ada pada tumbuhan, antara lain:

  1. Sebagai alat pernapasan : Fungsinya yaitu akar menyerap udara yang ada dari dalam dalam tanah dan melewati pori-pori yang dimiliki.
  1. Sebagai penunjang berdirinya tumbuhan : Fungsi akar adalah sebagai pondasi tanaman untuk berdiri kokoh diatas tanah dan menghadap ke atas. Karena fungsi akar ini tumbuhan bisa bertahan dari terjangan air dan angin yang berhembus.
  1. Untuk menyerap air dan mineral : Fungsi ini berguna untuk keberlangsungan hidup tumbuhan, karena tumbuhan sangat perlu akan air dan mineral. Cara tumbuhan menyerap air dan mineral ini adalah dengan menggunakan akar sebagai perantaranya.
  1. Menyimpan cadangan makanan : Seperti contoh padatumbuhan tertentu, seperti ubi, singkong, kentang, dan masih banyak lagi lainnya, akar digunakan sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Akar akan semakin besar jika cadangan makan yang tersimpanan semakin banyak.
  1. Alat respirasi : Seperti pada tumbuhan bakau dan sejenisnya, akar tersebut berguna untuk respirasi tumbuhan tersebut.
  1. Sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan : Dari akar tumbuhan bisa tumbuh dan dari akarlah tumbuhan mendapat asupan makanan untuk proses pertumbuhannya.
Baca Juga :  Mollusca – Pengertian, Ciri Ciri Dan Klasifikasinya

Ada juga bagian-bagian yang terdapat dalam akar, bagian-bagian yang terdapat dalam akar terbagi menjadi 3 bagian, yaitu pangkal akar, batang akar, dan ujung akar. Pangkal akar meruapakan perbatasan antara bagian akar dan bagian batang, kemudian batang akar adalah bagian antara pangkal akar dan ujung akar, sedangkan ujung akar adalah bagian akhir paling muda dari akar yang bisa terus menerus mengalami pertumbuhan sampai tumbuhan itu mati.

 

Berikut Ini Adalah Bagian Bagian Akar Yang Harus Diketahui

Epidermis

Epidermis terletak pada akar yang terdiri dari satu lapis sel yang tersusun sangat rapat, dinding sel epidermis sendiri memiliki bentuk yang sangat tipis agar dapat memudahkan air untuk masuk menembus ke dalam. Epidermis pada akar sendiri memiliki rambut akar yang dihasilkan dari aktifitas sel sel yang berada di belakang titik tumbuh. Fungsi dari rambut akar tersebut adalah untuk memperluas area bidang penyerapan karena epidermis pada akar sendiri biasanya memiliki kutikula.

Korteks

Korteks yang terdapat pada akar terdiri dari berbagai macam sel yang terbentuk dari beberapa lapis sel, dinding selnya sendiri sangat tipis dan mempunya banyak sekali ruang antarsel yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk pertukaran gas. Pada korteks sendiri terdapat parenkim, sklerenkim, dan juga kolenkim.

Endodermis

Endodermis merupakan akar yang letaknya bersebelahan dengan korteks dan memiliki baris sel sel yang memiliki susuna secara rapat tanpa adanya ruang antarsel, dinding sel pada endodermis ini sendiri mengalami penebalan gabus untuk dapat membentuk pita Caspary yang dapat menyebabkan dinding sel mampu ditembus oleh air.

Stele atau Silinder Pusat

Stele atau silinder pusat ini sendri terletak di endodermis dan di antara silinser pusat atau stele terdapat berkas pengangkutan yang tersusun oleh beberapa macam jaringan seperti periskel dan vasis.

Baca Juga :  RNA Adalah? Pengertian, Fungsi dan Struktur

 

Nah, mungkin hanya itu penjelasan dan pemaparan artikel tentang pengertian akar dan fungsi akar dalam tumbuhan sebagai alat perkambang biakan, sebagai alat pernapasan, sebagai alat respirasi dan seterusnya yang tercakup di atas tersebut. Semoga dengan adanya artikel ini bergunna bagi pembaca dan juga semoga bisa menambah wawasan pembaca terutama dalam ilmu pengetahuan alam. Dan semoga ilmunya bisa bermanfaat bagia semuanya, karena ilmu yang bermandaat adalah ilmu yang bisa kita bagi kepada orang lain atau sesama manusia.