Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh

Posted on

Pencemaran Tanah

Ekosistem.co.id – Pencemaran tanah kini sudah terjadi hampir di seluruh wilayah, tak hanya di perkotaan saja, namun pencemaran tanah juga kini terjadi di wilayah seperti desa dan hutan hutan.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai pencemaran tanah mulai dari dampak yang dimbulkan, apa saja penyebabnya hingga solusi yang bisa kita lakukan untuk menanggulanginya.

Karena materi satu ini sangat penting untuk dipelajari sebab berhubungan dengan lingkungan tempat kita tinggal.

Pencemaran tanah merupakan suatu kerusakan dari permukaan tanah di bumi yang secara langsung maupun tidak langsung dikarenakan ulah dari kegiatan manusia yang menyalahgunakan sumber daya lahan.

 

 

Pengertian Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah sendiri merupakan suatu kondisi di mana terdapat bahan kimia yang beracun yang di dalamnya terdapat polutan hingga kontaminan dengan konsentrasi yang terbilang cukup tinggi.

Sehingga membuat tanah mengalami dampak terkenal pencemaran yang dapat berpotensi memberikan gangguan pada ekosistem sekitar.

Beberapa kasus membuat kontaminan polusi tanah terjadi secara alami dan dalam waktu yang singkat dengan kadar yang cukup tinggi. Sehingga dapat menimbulkan risiko polusi pada tanah.

Hal ini dikarenakan terdapat kontaminan yang ada di dalam tanah jumlahnya melebihi tingkat yang seharusnya ada secara alami.

Bisa dibilang jika pencemaran tanah menjadi salah satu permasalahan lingkungan hidup yang sangat penting untuk dihadapi terutama dalam beberapa dekade belakangan.

Baca Juga :  Manfaat Energi Matahari – Bagi Hewan, Tumbuhan Dan Manusia

Karena pencemaran tanah bisa mengakibatkan kepunahan satwa, perubahan iklim hingga global warming.

 

 

Dampak Pencemaran Tanah

Jika hal itu berkaitan dengan pencemaran pasti ujungnya adalah hal–hal yang mengandung negatif.

Berikut ini adalah beberapa dampak yang bisa kita rasakan apabila terjadi pencemaran tanah di lingkungan kita :

1.) Akan Mengurangi Kesuburan Tanah

Pastinya kita sudah tahu jika tanah memiliki kelebihan dan manfaat bagi kehidupan, kerena tanah yang subuh akan membuat tanah mampu menjadi habitat banyak tumbuhan.

Sehingga jika manusia merusak lingkungan tanah maka makan membuat tingkat kesuburan dari tanah akan menghilang. Sehingga bisa mengakibatkan tumbuhan tidak akan bisa ditanama atau mudah layu hingga mati jika tumbuh di tanah yang sudah tercemar.

 

2.) Akan Menyebabkan Pencemaran Udara

Pencemaran tanah juga akan menyebabkan pencemaran udara. Seperti halnya sampah yang dimana jika terjadi proses dekomposisi maka akan mengeluarkan bau yang menyengat sehingga, udara yang kita hirup akan menjadi tidak sehat.

 

3.) Akan Merusak Ekosistem

Tanah termasuk komponen biotik sehingga, jika terjadi pencemaran tanah maka, akan menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu. Sehingga, lingkungan yang awalnya nyaman akan berubah menjadi suatu kerugian.

 

4.) Timbulnya Wabah Penyakit

Tanah yang tercemar pastinya akan menjadi tempat tinggal patogen-patogen yang menimbulkan penyakit. Pastinya dalam jangka waktu yang tidak lama patogen-patogen tersebut akan menyerang makhluk hidup disekitarnya sehingga, akan menimbulkan berbagai penyakit.

 

 

Penyebab Pencemaran Tanah

Selain dampak dari pencemaran tanah, adapun penyebabnya dari pencemaran tanah itu sendiri, diantaranya adalah :

1.) Limbah Cair

Limbah cair adalah limbah yang berbentuk cairan atau air. Limbah cair dapat mencemari tanah karena sifatnya mudah meresap kedalam tanah, karena hal itu maka akan merusakan kandungan yang ada ditanah.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Pergelangan Tangan - Penjelasan Terlengkap

Limbah cair biasanya dihasilkan oleh industri kecil maupun besar selain itu, limbah cair juga dapat dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga seperti, air bekas cucian yang mengandung detergen.

 

2.) Limbah Padat

Limbah padat merupakan limbah yang berbentuk padat seperti halnya plastik, kertas, dan lain sebagainya. Terlebih lagi Karena plastik yang sulit diuraikan sehingga akan menyebabkan dampak yang buruk bagi tanah seperti, mengotori lingkungan dan juga akan berdampak ke kesehatan.

 

3.) Limbah Industri

Limbah industri adalah limbah yang dihasilkan dari aktivitas produksi pabrik besar maupun kecil. Limbah industry ini biasanya mengandung zat kimia yang lebih banyak. Akan tetapi, itu tergantung kepada jenis industry yang dilakukannya.

Jika limbah industri dibuang ditempat yang tidak benar maka, akan menyebabkan tanah tidak subur kembali.

 

 

Pencegahan Pencemaran Tanah

Pencegahan sangat penting untuk dilakukan supaya tidak terjadi pencemaran tanah yang membahayakan bagi kehidupan makhluk hidup lainnya.

Supaya tidak terjadi pencemaran tanah adapun solusinya, diantaranya :

1.) Pentingnya akan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempanya.

2.) Memberi wawasan kepada masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik.

3.) Sebelum membuang sampah lebih baik dipisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah berasal dari tumbuhan maupun hewan yang dapat didaur ulang menjadi kompos. Sedangkan anorganik adalah sampah yang sulit terurai seperti halnya plastik, kaleng, dan baterai.

4.) Limbah yang berasal dari detergen sebaiknya jangan dibuang ketanah, tetapi lebih baik ditampung kedalam bak penampungan yang selanjutnya dilakukan proses pengendapan, penyaringan, dan penjernihan.

5.) Mengurangi penggunaan pestisida ke dalam pertanian.

6.) Berkebun dengan menggunakan pupuk organik.

 

 

Baca Juga :  Anabolisme - Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme

Contoh Pencemaran Tanah

Selain pembahasan diatas pencemaran tanah juga memiliki beberapa contoh yang terdapat disekeliling kita yang berupa zat-zat sebagi sumber dari pencemaran tanah diantaranya adalah :

1.) Pertama, disebabkan karena bio-polutan yang berasal dari ekskresi manusia maupun hewan.

2.) Kedua, polutan radioaktif yang berasal dari aktifitas manusiaanya sendiri seperti nitrogen, uranium, thorium dan sebagainya.

3.) Ketiga, limbah urban yang berasal dari aktivitas rumah tangga seperti plastik,limbah domestik, dan lain-lain.

4.) Keempat, limbah pertanian dan perkebunan seperti pestisida, pupuk kimia, zat kapur, kompos dan lain-lain.

5.) Kelima, limbah buangan industri seperti logam timbal, merkuri, arsenik, nikel dan lain-lain.

 

 

Nah, itulah penjelasannya mengenai materi pencemaran tanah beserta penyebab, dampak, solusi dan contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan sahabat biologi dan juga bisa bermanfaat bagi semuanya. Terima kasih dan sampai jumpa lagi.

 

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Aliran Energi – Di dalam Ekosistem Beserta Contohnya
  2. Proses Peredaran Darah – Urutan, Fungsi, Gambar
  3. Mekanisme Kerja Otot – Penjelasan Secara Lengkap