Pencemaran Tanah – Penyebab, Akibat, Contoh, Cara Menanggulanginya

Posted on

Pencemaran Tanah – Penyebab, Akibat, Contoh, Cara Menanggulanginya

Pencemaran Tanah biasanya terjadi akibat kegiatan yang dilakukan oleh manusia sendiri seperti membuang sampah sembarang dan membuang limbah industri secara terus menerus dilingkungan yang bukan semestinya tempat pembuangan limbah. Padahal tanah yang rusak dan tercemar pastinya akan memiliki dampak yang buruk bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Oleh sebab itu, kita wajib menjaga tanah agar tidak tercemar.

Untuk mengetahui  apa saja penyebab pencemaran yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita, Mari kita simak penjelasannya berikut ini

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah bisa terjadi akibat beberapa hal yang dilakukan baik secara sengaja atau pun tidak. Dibawah ini adalah penyebab dari pencemaran tanah

  1. Terjadi Kebocoran Limbah

Limbah adalah salah satu penyebab utama pencemaran tanah, baik dalam bentuk limbah padat mau pun limbah cair. Sebenarnya di zaman modern seperti sekarang ini beberapa proyek industri sudah mengolah limbah agar lebih ramah untuk lingkungan.

Hanya saja yang berbahaya adalah jika terjadi kebocoran yang mengakibatkan limbah tersebut merusak lingkungan dan tanah. Maka beberapa penyebab pencemaran tanah biasanya karena terjadinya kebocoran limbah.

  1. Penggunaan Pestisida yang Berlebihan

Dalam kegiatan pertanian, penggunaan pestisida merupakan hal yang wajar. Tapi sebenarnya penggunaan pestisida yang berlebihan dapat mengurangi tingkat kesuburan tanah. Hal ini lah yang menjadi penyebab rusaknya tanah dan lingkungan di sekitarnya sehingga terjadi pencemaran.

  1. Masuknya Air yang Sudah Tercemar ke Permukaan Tanah

Bukan hanya tanah saja yang dapat tercemar namun air juga bisa mengalami pencemaran. Nah, air yang sudah tercemar ini bisa menjadi penyebab pencemaran tanah jika sampai di permukaan tanah.

Baca Juga :  Fungsi Mitokondria Adalah – Lengkap Dengan Struktur Dan Gambar

Biasa hal ini juga terjadi dikarenakan adanya aktivitas industri yang membuat air tercemar oleh limbah dan juga berbagai macam bahan kimia yang berbahaya. Ketika air meresap dan ke dalam tanah dan naik ke permukaan, hal ini jelas akan membuat tanah ikut tercemar juga.

 

Akibat dan Dampak yang Terjadi Karena Penyebaran Tanah

Pencemaran yang terjadi pada tanah tentu saja dapat memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan dan kehidupan yang ada di sekitarnya. Berikut ini adalah dampak yang terjadi akibat penyebaran tanah.

  1. Mengurangi Kesuburan Tanah

Penyebaran tanah tentu saja dapat mengakibatkan tanah menjadi tidak subur. Pencemaran tanah secara terus menerus sanggup menurunkan tingkat kesuburan tanah sehingga membuat tanah tidak dapat ditumbuhi oleh tanaman lagi.

Hal ini jelas sangat merugikan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan yang tidak dapat bertahan dan mati jika berada pada tanah yang sudah tercemar.

  1. Membuat Tanaman dan Makhluk Lainnya Mati

Tanah yang sudah tercemar pastinya tidak akan bisa ditanami dan membuat tanaman yang tumbuh di tanah tersebut mati. Hal ini tentu saja tak hanya akan berakibat fatal bagi tanaman. Tapi juga makhluk hidup lainnya yang bertahan dengan mengkonsumsi tanaman sebagai bahan makanan.

Seperti manusia dan hewan herbifora yang akan kesulitan menemukan tanaman untuk dimakan. Selain itu zat polutan yang ada di dalam tanah yang sudah tercemar dapat masuk ke jaringan tumbuhan dan jika dimakan oleh makhluk hidup lainnya dapat memberikan dampak buruk hingga kematian.

  1. Merusak ekosistem

Tanah merupakan komponen abiotik yang jika tercemar dapat mengakibatkan keseimbangan ekosistem yang ada di sekitarnya menjadi terganggu. Hal ini membuat lingkungan menjadi tidak nyaman dan beberapa fungsi tidak dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh dan Gambar

Tentu hal ini sangat berdampak buruk bagi makhluk hidup yang ada di dalam ekosistem tersebut.

 

Contoh Pencemaran Tanah

Adapun beberapa contoh pencemaran tanah yang kerap kali terjadi di sekitar kita adalah sebagai berikut ini :

  1. Membuang sampah plastik sembarangan.
  2. Menggunakan pupuk kimia yang berbahaya secara berlebihan.
  3. Adanya limbah deterjen yang biasa ditemukan di dalam rumah tangga.
  4. Sisa pestisida yang sudah tidak digunakan.
  5. Besi yang tertimbun di dalam tanah.
  6. Hujan asam.
  7. Pecahan logam.
  8. Pecahan kaca.
  9. Terjadi pengikisan tanah yang dilakukan oleh air.

 

Cara Menanggulangi Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah sebenarnya bisa ditanggulangi bersama asalkan kita sadar untuk menjaga lingkungan. Berikut beberapa cara untuk menanggulangi pencemaran tanah

  1. Memisahkan Sampah

Cara menanggulangi pencemaran tanah yang pertama adalah dengan memisahkan sampah. Langkah ini bisa jadi merupakan langkah yang sederhana akan tetapi jika diterapkan dengan benar maka bisa mengurangi pencemaran tanah di lingkungan sekitar.

Kita bisa memulai dari lingkungan terdekat seperti rumah, tetangga hingga masyarakat di sekitar kita.

Kita bisa menyediakan 2 tong sampah yang ditulisi sampah non – organik dan sampah organic kemudian membuang sampah sesuai kategori tersebut untuk memudahkan proses pengolahannya.

  1. Menerapkan Daur Ulang

Langkah pencemaran tanah yang bisa kita lakukan berikutnya adalah dengan mengedukasi masyarakat untuk mengolah sampah agar sampah sampah yang berada di sekitar lingkungan kita dapat dimanfaatkan dengan sangat baik.

  1. Menghindari Penggunaan Pestisida dan Zat Kimia

Sekarang ini memang masih banyak petani yang lebih memilih untuk menggunaka pestisida dan zat berhaya lainnya, padahal ini bisa mengurangi kesuburan tanah loh. Maka untuk menghindari pencemaran tanah berlanjut, kita bisa mengalihkan penggunaan pestisida pada pupuk kompos yang lebih ramah lingkungan.

  1. Pengolahan Limbah yang Baik

Ada banyak industri di negeri ini yang belum mempunyai pengolahan limbah yang baik dan sesuai. Padahal untuk menghindari pencemaran tanah, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah dengan mengolah limbah agar lebih ramah lingkungan.

Baca Juga :  Hidung – Bagian Bagianya, Beserta Fungsinya Masing-Masing

Nah, maka salah satu cara menghindari pencemaran tanah lebih lanjut adalah dengan mengolah limbah pabrik dan produksi agar ramah lingkungan.

 

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pencemaran tanah. Karena pencemaran tanah yang terjadi secara terus menerus akan merusak lingkungan dan berdampak buruk bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Nah sudah cukup jelas ya pembahasan kita tentang Pencemaran tanah, yang meliputi penyebab pencemaran tanah, Akibat dari pencemaran tanah, Contoh pencemaran tanah, dan cara menanggulangi pencemaran tanah

 

Artikel Lainnya :

Struktur Akar – Penjelasan Mekanisme Pengangkutan Air Dari Akar Menuju Daun

Sel Prokariotik – Ciri Ciri, Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik

Struktur Daun – Fungsi, dan Dilengkapi Gambarnya