Pencemaran Suara – Gambar, Ciri-Ciri, Dampak, Solusi Mengatasinya

Posted on

Pencemaran Suara – Gambar, Ciri-Ciri, Dampak, Solusi Mengatasinya

Pencemaran Suara atau pencemaran bunyi adalah gangguan yang terjadi pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara hasil dari mesin, hewan dan manusia.Suara bising menyebabkan ketidakseimbangan mahluk hidup disekitarnya, menurut teori fisika bunyi adalah suatu rangsangan yang diterima oleh syaraf pendengaran yang berasal dari sumber bunyi.

Bunyi yang terlalu kencang dapat memekakkan telinga siapapun yang mendengarnya dan bunyi suara yang tidak dikehendaki dapat menggangu kenyamanan dan kesehatan pendengaran maupun lingkungan sekitar.

Gambar Pencemaran Suara

 

Pencemaran suara akibat pembangunan

Pencemaran suara yang berasal dari mesin kendaraan

Pencemaran suara juga bisa diakibatkan oleh populasi yang tinggi di suatu daerah

 

Ciri-Ciri Pencemaran Suara

Kebisingan dibagi menjadi tiga macam kebisingan

  1. Kebisingan continue, merupakan kebisingan yang akan terus datang secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama, tergantung dari situasinya. Contoh sepert kebisingan yang berasal dari suara mesin.
  2. Kebisingan implusif, kebiasaan yang tidak secara terus menerus, contohnya adalah kebisingan dari suara mesin dan suara pukulan palu
  3. Kebisingan semi continue adalah kebisingan yang datang hanya sekejap kemudian menghilang dan datang lagi.

 

Dampak Dari Pencemaran Suara

Pencemaran bunyi dapat menyebabkan beberapa gangguan seperi gangguan psikologis, gangguan fisiologis, gangguan komunikasi hingga gangguan pendengaran.

  1. Gangguan Psikologis

Dampak kebisingan pada psikologis dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh berupa rasa tidak nyaman, kurang konsentrasi, mudah marah dan gangguan tidur yang disebabkan kebisingan lingkungan, termasuk kebisingan industri. Keadaan tersebut dapat menghalangi seseorang untuk tidur. Bila kebisingan diterima terus menerus dapat menyebabkan penyakit berupa setres, penyakit jantung, kelelahan dan lain-lain.

  1. Gangguan Fisiologis

Bising yang bernada tinggi sangat mengganggu kesehatan pada tubuh, seperti gangguan peningkatan tekanan darah, kontraksi pembuluh darah pada tangan dan kaki, peningkatan nadi, serta dapat menyebabkan gangguan sensoris. Sakit kepala biasanya terjadi akibat suara bising dengan intensitas yang cukup tinggi. Selain itu wajah dapat menjadi berubah pucat karena rupanya suara bising bisa memicu situasi reseptor uestibular yang ada di dalam telinga. Hal ini bisa menimbulkan efek pusing dan gejala vertigo.

  1. Gangguan Komunikasi

Suara bising yang bernada tinggi dapat menyebabkan gangguan padakejelasan suara, sehingga saat berkomunikasi permbicaraan harus dilakukan dengan cara berteriak.

  1. Gangguan Pada Pendengaran

Pengaruh yang paling utama dari kebisingan adalah kerusakan padaindra  pendengaran, yang menyebabkan ketulian. Efek bising mula-mula hanya akan berdampak sementara tetapi jika tersu menerus berada diarea bising maka akan terjadi tuli  permanen dan tidak bisa kembali menjadi normal

Baca Juga :  Sistem Saraf – Saraf Pusat, Saraf Tepi Beserta Fungsinya

 

Solusi Menanggulangi Pencemaran Suara

  1. Alat Peredam Suara

Cara untuk mengurangi pencemaran suara yaitu menggunakan alat peredam suara, kini peredam suara banyak digunakan untuk pengendali bising seperti pada Perkantoran, hotel/apartemen yang berada dekat dengan kota-kota besar dan dekat dengan lalu lintas.

  1. Melakukan Tanggung Jawab Bersama

Selain alat peredam suara, pemerintah harus ikut berperan melindungi alam dan lingkungan sekitar, seperti membuat aturan yang mengikat serta peningkatan pengawasan dari para pejabat setempat. Pengusah-pengusaha pabrik perlu mendaptkan pengetahuan mengenai pencemaran suara dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar, terutama pabrik kendaraan, perlu memasang alat peredam suara dan pemilik pabrik perlu memikirkan kendaraan yang ramah lingkungan.  Masyarakat berperan dalam memperhatikan alat-alat yang dapat menimbulkan kebisingan, karena manusia adalah penyebab terbesar dari kebisingan. Oleh karena itu maka masyarakat perlu dan ikut serta mengurangi kebisingan

  1. Kampanye Lingkungan Melalui Media Masa

Mengadakan kampaye lingkungan secara berkala perlu dilakukan dengan cara menyebar brosu yang berisisikan tentang penyebab dan dampak pencemaran suara terhadap manusia dan lingkungan. Selain itu pers dan acara televisi perlu menayangkan mengenai dampak dari kebisingan dan memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pencemaran dan perlindungan terhadap lingkungan. Pemerintah perlu ikut serta dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.

  1. Pencemaran Dari Kendaraan Bermotor

Mengurangi kebisingan dari kendaraan bermotor yang kerapkali menimbulkan suara keras dengan cara mendisain kendaraan agarsuaranya terdengar lebih halus. Kebisingan dapat dikurangi dengan cara mengurangi kepadatan lalu lintas pertiap harinya. Menanggulangi dengan cara membuat dinding penghalang yang dapat meredam bising seperti dari beton atau bata.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai pencemaran suara mulai dari gambar, ciri-ciri, dampak dan solusi menanganinya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada materi pembelajaran lainnya.

Baca Juga :  Rangka Manusia – Struktur Dan Gambarnya Terlengkap

 

Artikel Lainnya :

  1. Proses Pembentukan Minyak Bumi
  2. Hutan Lingdung – Fungsi, Manfaat, dan Contoh
  3. Suaka Marga Satwa – Fungsi, Contoh, dan Tujuannya
  4. Cagar Alam – Pengertian, Fungsi, Contoh, Beserta Gambar
  5. Pola Aliran Sungai – Bentuk dan Gambarnya