Pencemaran Lingkungan – Penyebab Dan Dampaknya

Posted on

Pencemaran Lingkungan

Ekosistem.co.id – Pencemaran lingkungan kian hari kian menghawatirkan, apalagi bumi merupakan satu-satunya tempat kita dan makhluk lain tinggal. Bayangkan jika bumi kita rusak, sehingga tidak bisa ditinggali lagi. Lalu akan tinggal di mana kita?

Bumi kita bukan hanya menyediakan tempat untuk tinggal, namun menyediakan seluruh kebutuhan manusia dan makhluk yang hidup di dalamnya. Mulai dari oksigen, air hingga makanan semuanya tersedia di bumi ini.

Namun jika lingkungan tempat tinggal kita terus menerus dirusak maka bumi yang menjadi tempat tinggal satu-satunya bagi kita dan seluruh makhluk hidup pun akan rusak.

Dan bisa jadi suatu saat bumi menjadi tempat yang tidak layak untuk ditinggali, nah jika sudah begini apakah kita punya tempat lain selain di bumi?

Lihatlah bumi ini pada jaman sekarang ini, perhatikan sekeliling kita, hal yang dulu kita anggap indah berubah menjadi mengerikan dan rusak.

Hal ini di buktikan dengan air sungai yang awalnya jernih sekarang malah berwarna kecoklatan akibat tercemar. Udara yang kita hirup awalnya segar akan tetapi sekarang malah menghirup udara yang telah tercemar asap–asap tertentu dan mengandung zat yang membahayakan.

Hutan hijau yang dulu terhampar luas kini menghilang entah kemana, dan banyak unsur penting lainnya yang tercemar dan membuat bumi ini rusak dan tak indah lagi.

 

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Pengertian pencemaran lingkungan menurut para ahli sangatlah banyak. Namun intinya pencemaran lingkungan adalah perubahan yang terjadi di lingkungan kita yang terdiri dari komponen fisik dan biologis dan akan merugikan kehidupan di sekitarnya.

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang penyebab rusaknya lingkungan atau pencemaran lingkungan dan juga dampaknya bagi kehidupan manusia.

Baca Juga :  Hujan Orografis – Proses, Dampak, Gambar

 

Penyebab, Ciri – Ciri, dan Dampak Pencemaran Lingkungan

Berikut adalah beberapa mancam unsur penting yang tercemar atau yang kita kenal dengan jenis–jenis pencemaran lingkungan serta penyebab dari pencemaran tersebut dan juga dampaknya :

 

1.) Pencemaran Air

Manusia membutuhkan air untuk hidup, karena air merupakan unsur penting, air juga berguna untuk kegiatan bercocok tanam yang menghasilkan sumber makanan.

Pencemaran air adalah perubahan yang terjadi pada air dan menyebabkan lingkungan disekitarnya terugikan.

Ciri–ciri perubahan air yaitu, berubahnya warna, bau dan rasa air, adanya bahan endapan dan terlarut, adanya mikroorganismedan perubahan suhu air .

Penyebab dari lingkungan  ini yaitu, buang sampah ke sungai, limbah pabrik yang di buang ke daerah perairan dan mengalir kelaut, penggunaan bahan peledak dan racun untuk menangkap ikan.

Dampaknya adalah rusaknya ekosistem di perairan seperti matinya ikan–ikan akibat bahan peledak dan racun, tumbuhan di dalam air mati akibat limbah yang masuk ke dalam air, hasil cocok tanam akan mati akibat air yang tercemar.

 

2.) Pencemaran Udara

Manusia bisa hidup karena bernapas dan menghirup udara yang segar, jika udara yang kita hirup tercemar bisa membuat kesehatan tubuh memburuk. Pencemaran udara adalah tercampurnya zat–zat  dan bahan asing  yang menyebabkan perubahan susunan zat  normal dari udara.

Ciri–cirinya pencemaran udara adalah, adanya Karbon Monoksida(CO2), Nitrogen Oksida(NO2) di dalam udara yang kita hirup, Hidrokarbon (HC), adanya partikel asing.

Penyebabnya adalah akibat dari asap industri, asap yang berasal dari kendaraan, asap kebakaran hutan, pembakaran batu bara, belerang, minyak bumi dan penyulingan minyak tanah, debu yang terhembus angin kencang .

Dampaknya adalah menyebabkan infeksi pernapasan pada manusia, kanker paru–paru, iritasi mata, menimbulkan gangguan pada hewan dan tumbuhan.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

 

3.) Pencemaran Tanah

Tanah penting bagi manusia untukn pertanian, peternakan, kehutanan, pemukiman penduduk dan lain–lain. Tanah tempat kita berpijak bisa saja tercemar. Pencemaran tanah adalah perubahan pada tanah akibat adanya bahan – bahan asing baik organik maupun nonorganik.

Contohnya tumpahnya minyak ke tanah dan banyak sampah yang tidak dapat terurai dalam tanah.

Ciri–ciri pencemaran tanah bisa dilihat dari keberadaan zat asing yang dapat merusak tanah. Hal ini bisa mengakibatkan perubahan warna serta konsistensi pada tanah.

Pencemaran tanah biasanya disebabkan sampah organik dan sampah nonorganik yang dihasilkan oleh sampah rumah tangga. Sampah sampah ini akan berakhir di tanah sehingga jika kita membuang sampah sembarangan. Maka kita akan mencemari tanah.

Selain itu penggunaan insektisida untuk perkebunan dan pertanian secara berlebihan juga akan merusak lingkungan tanah.

Dampaknya bagi kehidupan adalah merusak tanah untuk lahan pertanian dan perkebunan. Tanah yang merusak pemandangan, menimbulkan berbagai penyakit bagi manusia, dan banyak dampak buruk lainnya.

 

4.) Pencemaran Suara

Suara juga termasuk kedalam jenis pencemaran. Pencemaran suara adalah pencemaran yang mengakibatkan kebisingan dan menyebabkan gangguan pada pendengaran.

Contohnya adalah suara kendaraan, mesin pabrik, suara kontruksi bangunan yang melewati batas normal volume suara.

Ciri–cirinya yaitu, suara yang terdengar dapat merusak sistem pendengaran manusia dan mengganggu kegiatan.

Dampaknya adalah membuat sistem pendengaran rusak, mengganggu aktifitas di sekitar dan lainnya.

 

Cara Menjaga Lingkungan

Kita bisa melakukan beberapa hal untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita agar lingkungan kita tidak rusak. Caranya dengan melakukan beberapa tindakan sederhana seperti :

1.) Membuang sampah pada tempatnya.

2.) Memisahkan dan mengelompokkan sampah sesuai dengan jenisnya.

3.) Tidak melakukan tindakan illegal logging.

4.) Menebang pohon dengan sistem tebang pilih.

5.) Melakukan proses reboisasi hutan.

6.) Menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

7.) Tidak menggunakan energi secara boros atau berlebihan.

8.) Tidak merusak ekosistem alam.

9.) Menanam pohon mangrove.

10.) Membatasi penggunaan plastik.

11.) Menggunakan transportasi umum.

12.) Mengurangi penggunaan pestisida.

13.) Daur ulang sampah anorganik.

 

Baca Juga :  Hutan Lingdung - Fungsi, Manfaat, dan Contoh

 

Pencemaran lingkungan bisa terjadi karena kita kurang peduli terhadap lingkungan, padahal jika lingkungan rusak maka bumi pun akan rusak. Lalu dimanakah kita akan tinggal jika sudah begitu? Semoga dengan ulasan ini membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan dan terus menjaganya ya!

 

Artikel Pilihan :