Patofisiologi Adalah – Pengertian, Definisi, Perbedaan Dengan Pathogenesis

Posted on

Patofisiologi Adalah – Pengertian, Definisi, Perbedaan Dengan Pathogenesis

Ekosistem.co.id – Belakangan ini banyak muncul penyakit aneh yang bahkan tidak dapat ditemukan obatnya. Sahabat biologi tentunya wajib untuk waspada dengan berbagai macam penyakit berbahaya dengan senantiasa menjaga kebersihan dan menjaga pola hidup yang sehat. Karena penyakit memang bisa muncul karena gaya hidup yang kurang sehat. Tahu kah, sahabat biologi jika penyakit erat kaitannya dengan Patofisiologi.

Nah, apa itu Patofisiologi? Mungkin masih banyak sahabat belajar yang tidak mengetahui apa itu Patofisiologi atau bahkan belum pernah mendengar istilah ini sama sekali, maka dari itu kami hadir untuk memberikan ulasan lengkap mengenai Patofisiologi dan apa saja kaitannya dengan berbagai macam penyakit yang bermunculan di dunia ini.

Mari kita simak pembahasan mengenai Patofisiologi mulai dari pengertian, definisi hingga perbedaannya dengan pathogenesis.

Pengertian Patofisiologi

Sahabat biologi semuanya tahu tidak jika Patofisiologi merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai gangguan fungsi yang terjadi pada organisme yang terjangkit penyakit. Patofisiologi akan membahas mengenai asal muasal penyakit, proses perjalanan penyakit hingga akibat yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

 

Definisi Patofisiologi

Sedangkan menurut definisinya Patofisiologi adalah ilmu yang memperlajari secara khusus mengenai perubahan fisiologis yang terjadi akibat adalanya proses patologi. Nah, patologi ini sendiri adalah ilmu yang secara khusus mempelajari penyakit yang disebabkan oleh suatu perubahan struktur serta fungsi yang terjadi dari sel mau pun jaringan tubuh, ya sahabat biologi.

Sementara itu definisi Patofisiologi jika menurut Wikipedia.org adalah sebuah studi mengenai proses fisiologi yang tak teratur sehingga mengakibatkan atau menjadi penyebab atau bahkan terkait langusng dengan penyakit mau pun cedera yang dialami.

Baca Juga :  Mahluk Hidup – Ciri Ciri, Klasifikasi, Beserta Contoh

Patofisiologi sendiri adalah sebuah ilmu yang memiliki sifat integrative yang menggambarkan secara jelas mengenai konsep konsep dari banyaknya ilmu dasar serta klinis salah satunya seperti anatomi, biokimia, molekuler, biologi sel, farmakologi, genetika, fisiologi hingga Patofisiologi yang sedang kita bahas sekarang ini sahabat biologi.

Nah, jadi dari sini sahabat biologi sudah bisa mendefinisikan mengenai Patofisiologi yang merupakan pembahasan mengenai perubahan mau pun gangguan fisiologis yang disebabkan oleh adanya suatu penyakit yang terjadi pada seseorang.

 

Di atas kan, kita sudah membahas sedikit mengenai Patogenesis, apakah sahabat biologi juga tahu apa itu Patogenesis dan apa perbedaannya dengan Patofisiologi. Jika sahabat biologi belum mengetahui apa perbedaan keduanya, maka sahabat biologi bisa simak penjelasannya di bawah ini.

 

Perbedaan Antara Patofisiologi dan Patogenesis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika patogenesis memiliki kaitan yang erta dengan Patofisiologi. Hal yang wajib sahabat biologi ketahui mengenai keduanya adalah, Patofisiologi dan patogenesis merupakan dua ilmu kedokteran yang mengambarkan secara lengkap mengenai karakteristik penyakit.

Keduanya sangat penting karena mempelajari mengenai pencegahan, manajemen hingga pengobatan dari sebuah penyakit yang ditemukan.

Tapi meski begitu keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa hal ya, berikut ini adalah perbedaan antara Patofisiologi dan pathogenesis, lengkap dengan penjelasannya khusus untuk sahabat biologi.

  1. Definisi

Jika diliha dari definisi, pastinya sahabat biologi masih ingat jika Patofisiologi merupakan ilmu yang mengacu pada proses fisiologis yang tak teratut yang ada kaitannya dengan cedera parah dan penyakit sedangkan Patogenesis adalah sebuagh ilmu yang lebih fikus pada cara perkembangan suatu penyakit.

  1. Makna

Keduanya pasti memiliki makna yang sangat berbeda karena seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Patofisiologi adalah ilmu yang menggambarkan proses fungsionla yang terjadi pada tubuh akibat adanya penyakit sedangkan Patogenesis lebih menggambarkan pada rantai peristiwa yang menyebabkan mengapa penyakit tersebut dapat muncul dan terjadi.

  1. Konsekuensi

Jika dilihat dari konsekuensinya Patofisiologi sendiri terjadi setelah adanya patogenesis.

Baca Juga :  Cara Bernafas Tumbuhan

 

Nah, dari sini maka dapat sahabat biologi simpulkan jika proses fisiologi yang terjadi di dalam tubuh akibat sebuah respon pada penyakit tertentu dan fokus pada cara untuk menemukan apa obat dari penyakit tersebut ini merupakan Patofisiologi sedangkan patogenesis lebih fokus untuk menggambarkan perkembangan penyakit dan mempelajari mengapa penyakit tersebut dapat muncul.

 

Jadi sekarang sahabat biologi sudah mengerti kan, apa itu Patofisiologi dan penjelasan lengkapnya mulai dari pengertian, definisi hingga perbedaannya dengan patogenesis. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Kultur Jaringan – Lengkap Dengan Penjelasannya
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Daur Air, Pengertian, Proses dan Gambar
  3. Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh