Otot Jantung – Fungsi Beserta Gambarnya

Posted on

Otot Jantung – Fungsi Beserta Gambarnya

Otot Jantung Hidup didunia ini sangatlah singkat, kita bahkan tidak tahu kapan kita akan meninggalkan dunia dengan segala pemandangannya yang indah ini. Kita bisa hidup di dunia ini karena bernapas, bergerak, dan melakukan kegiatan yang lainnya.  Kegiatan yang kita lakukan dengan tubuh yang miliki sekarang di pengaruhi oleh kerja organ-organ dan juga sistem di dalam tubuh yang sangat  sempurna.

Bagaikan seorang pekerja keras, organ organ ini terus  menerus bekerja agar bisa membuat tubuh kita bergerak dengan bebas, tentu saja pekerjaan dari organ organ dalam tubuh ini terpengaruh oleh otak yang berperan penting untuk mengirim sinyal ke seluruh tubuh agar bisa bergerak dan berjalan lancar sesuai yang kita inginkan.

Selain otak, ada juga organ yang paling utama dan paling penting untuk kehidupan manusia, organ ini juga yang membuat semua sistem di dalam tubuh bekerja. Kalian tahu organ apa itu? Tentu saja kalian pasti tahu. Ya! organ utama itu adalahjantung

Jantung berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh, karena itulah seluruh sistem dalam tubuh bisa hidup dan bergerak karena adanya darah yang mengalir dalam tubuh, darah itu bagaikan bensin yang membuat mesin mobil atau motor hidup, bedanya darah membuat tubuh kita hidup.

Artinya cara kerja tubuh kita sama saja dengan cara kerja mesin yang diciptakan oleh manusia, namun lebih sempurna lagi. Bahkan dengan kemajuan pesat teknologi manusia sendiri bisa menciptakan tiruan manusia yang disebut dengan robot.

Balik lagi ke pembicaraan utama mengenai jantung. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Tapi apakah kalian tahu apa yang bisa menyebabkan jantung memompa darah ke seluruh tubuh dan berdetak? Kalau belum tahu, mari kita pelajari bersama melalui artikel ini.

Baca Juga :  Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar

Kenapa jantung bisa berdetak dan bisa memompa darah ke seluruh tubuh? Ini dikarenakan adanya sebuah otot yang bernama otot jantung.

  1. Pengertian

Otot jantung atau dalam di dunia medis disebut dengan Myocardium(myo artinya otot, cardium artinya jantung). Otot jantung ini akan membuat jantung berpacu dengan cepat dan lambat tergantung kondisi tubuh (bedetak) yang di pengaruhi oleh sel pacujantung. Sel pacu jantung sendiri biasanya disebut  cardiaomyocyteatau sel otot myocardiocyteal. Sel pacu jantung berisi satu, dua, tiga dan empat inti sel, namun sangat jarang adanya jantung yang berisi tiga dan empat sel.

  1. Sifat dan Bentuknya

Otot jantung merupakan salah satu dari ketiga macam jenis otot, dua lainnya adalah otot polos dan otot lurik. Otot jantung merupakan otot yang sangat  kuat daripada jenis otot lainnya, ini karena otot jantung memiliki banyak kesamaan sifat dari masing – masing sel. Mau tahu sifat – sifat otot jantung, yuk simak hal yang berikut ini :

  1. Otot jantung memiliki banyak inti sel yang berada di bagian tengah, hal ini sama dengan halnya otot lurik.
  2. Otot jantung memiliki daerah yang terang dan gelap.
  3. Bergerak secara tidak sadar dan tidak terkontrol (Involunteer) seperti halnya otot polos.
  4. Memiliki serabut bercabang.
  5. Mempunyai diskus pembatas antar sarkomer (interkalaris).

Sekarang kita akan berpaling dari sifat otot jantung menuju bentuk dari otot jantung itu sendiri. Tentunya kalian ingin tahu bukan mengenai bentuk dari otot jantung? Yuk baca dengan teliti yah! agar kalian bisa membayangkan bentuk dari otot jantung dalam tubuh kita ini.

Otot jantung berbentuk silinder atau bulat memanjang bercabang dan menyatu, memiliki serabut jantung sepanjang 50 µm sampai 100 µm(satuan mikrometer), dengan diameter 14 µm, jumlah serabut otot jantung kurang lebih 1500 fillamen, serabut otot jantung berupa sarkolema(kulit luar urat yang sangat tipis seperti pembuluh darah dan terdiri dari myofibril – myofibril(struktur silindris sepanjang sel otot) yang berdampingan.

Baca Juga :  Leokosit – Jenis, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sudah bisa membayangkan bentuk dari otot jantung? Jika belum bisa, tenang saja, akan lampiran gambar otot jantung dalam artikel ini.

  1. Fungsi

Sudah tahu kan jika otot jantung berfungsi dan berperan penting untuk membantu jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu Otot jantung juga berfungsi sebagai berikut :

  1. Sel otot jantung membantu kontraksi sel lainnya.
  2. Meremas darah agar darah keluar dari jantung.
  3. Mengeluarkan dan membersihkan zat hasil metabolisme jantung (Karbondioksida)

 

Oh iya, kalian harus tahu hal penting ini! Jantung yang di bantu oleh otot jantung adalah organ pekerja keras, yang bekerja terus menerus tanpa henti agar bisa memompa darah ke seluruh tubuh untuk menjaga keseimbangan kerja sistem dan organ dalam tubuh lainnya,  otot jantung bekontraksi 70 x/menit setiap hari.

 

Jika gerakan memompa dari jantung ototterhenti, itu artinya kehidupan kita juga akan berhenti, karena darah juga berhenti mengalir ke tubuh kita. Seperti yang saya bilang diatas tadi, tubuh manusia bagaikan mesin yang butuh bensin untuk menggerakannya, bensin untuk manusia adalah darah.

 

Wah, ternyata otot jantung sangat berperan penting dan juga memiliki posisi yang tinggi dalam sistem tubuh ini ya! untuk itu kita harus menjaga tubuh kita dan menghargai kerja keras dari berbagai organ dan sistem dalam tubuh kita yang berusaha untuk membuat kita tetap hidup dan sehat. Jangan sampai penyakit Kardiomiopati (otot jantung menebal dan membesar tanpa alasan yang jelas yang menyebabkan pergerakan jantung melambat).

Sekian dari artikel yang telah saya buat, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Salam sehat!!