Organ Tumbuhan Daun – Pengertian, Fungsi, dan Struktur

Posted on

Organ Tumbuhan Daun – Pengertian, Fungsi, dan Struktur

Ekosistem.co.id – Sahabat Biologi pasti sudah hafalkan dengan salah satu organ dari tumbuhan yang bernama daun? Tapi, apakah Sahabat Biologi tahu mengenai pengertian dari daun itu sendiri? Apa fungsi dari daun serta bagaimana strukturnya? Dalam artikel kali ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai poin-poin itu sendiri. Jadi, untuk Sahabat Biologi yang belum tahu, wajib untuk menyimak ulasan-ulasan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian dari Organ Daun

Daun merupakan organ tanaman yang terletak pada ranting-ranting pohon, biasanya berukuran lebar, tipis, dan berwarna hijau (mengandung klorofil), serta memiliki fungsi sebagai penangkap energi dari cahaya matahari untuk keperluan fotosintesis. Tumbuhan merupakan organisme autotrof obligat, yang artinya daun harus memasok kebutuhan energinya sendiri dengan mengonversi energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Daun bisa dikatakan sempurna jika memiliki tiga susunan yaitu pelepah (vagina), tangkai (petiolus), dan helai daun (lamina).  Pelepah daun yang berfungsi untuk mendudukkan daun pada batang tumbuhan. Tangkai daun untuk menghubungkan antara batang dengan helaian daun. Dan helai daun yang merupakan bagian paling utama dan terpenting dari kebanyakan jenis dedaunan karena di sinilah fungsi organ tumbuhan melakukan fotosintesis paling dominan bekerja.

 

Fungsi Organ Daun Pada Tumbuhan

Setelah kami menjelaskan apa itu pengertian dari daun, sekarang kami akan menjelaskan poin selanjutnya yaitu fungsi organ daun untuk tanaman. Sahabat Biologi, di bawah ini adalah beberapa fungsi daun beserta penjelasan lengkapnya :

  1. Tempat Terjadinya Proses Fotosintesis

Tempat terjadi proses pembentukan makanan dari karbon dioksida melewati stomata dan air menjadi zat tepung dengan bantuan energi cahaya matahari, atau yang biasa kita kenal dengan istilah fotosintesis. Ada sedikit perbedaan terkait proses fotosintesis pada tanaman dikotil dan monokotil. Pada tanaman dikotil, proses fotosintesis terjadi di jaringan parenkim palisade. Sedangkan proses fotosintesis pada tumbuhan jenis monokotil, terjadi di jaringan spons.

  1. Sebagai Alat Respirasi

Sama seperti makhluk hidup lainnya, daun juga memerlukan bernapas untuk bisa hidup, tumbuh, dan berkembang. Stomata menjadi alat pernapasan bagi daun untuk bernapas.

  1. Sebagai Tempat Terjadinya Transpirasi

Stomata (mulut daun) selain menjadi alat untuk pernapasan, stomata juga berfungsi sebagai tempat terjadinya transpirasi atau penguapan air yang terdapat pada permukaan daun. Seperti yang kita ketahui sebelumnya kalau semua tumbuhan darat memerlukan air untuk bertahan hidup dan melakukan proses metabolisme sebagaimana mestinya. Air yang masuk ke dalam jaringan tumbuhan melalui akar, akan meninggalkan batang dan dedaunan dalam bentuk uap air. Proses menguapnya air dari dedaunan inilah yang disebut sebagai transpirasi.

Baca Juga :  Rangka Manusia – Struktur Dan Gambarnya Terlengkap
  1. Tempat Terjadinya Gutasi

Tidak hanya mengalami transpirasi, daun juga akan mengalami proses gutasi. Proses gutansi adalah proses melepaskan air ke dalam bentuk cairan melalui hidatod (struktur daun yang mirip seperti stomata), ketika tanah dalam keadaan mendukung untuk akar mengambil lebih bayak air, namun proses transpirasinya sedang dalam keadaan rendah.

  1. Alat Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif merupakan perkembangbiakan secara  tak kawin atau aseksual. Dalam perkembangbiakan ini, tidak memerlukan adanya proses perkawinan/penyerbukan serta pembuahan yang mempertemukan antara sel kelamin jantan dan betina untuk menciptakan individu baru.

 

Struktur Daun pada Tumbuhan

Setelah Sahabat Biologi tahu pengertian dan fungsi dari daun, sekarang kita akan masuk ke poin terakhir yaitu struktur daun. Berikut adalah rincian lengkap mengenai anatomi daun :

  1. Jaringan Epidermis

Epidermis merupakan anatomi daun yang berada di lapisan sel terluar daun yang berfungsi sebagai pelindung tumbuhan. Daun memiliki dua epidermis, baik epidermis atas (adaksial), maupun epidermis bawah (abaksial).

  1. Jaringan Mesofil

Jaringan Mesofil terdiri dari dua jaringan, yaitu jaringan palisade dan jaringan spons. Kedua jaringan ini banyak mengandung kloroplas yang berfungsi dalam proses fotosintesis.

  1. Berkas Pembuluh Angkut

Terdiri dari komponen utama yaitu pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem). Keduanya memiliki fungsi yang berbeda karena xilem bertugas untuk mengangkut air serta mineral yang disrap oleh akar dari dalam tanah menuju ke daun sementara floem sendiri tugasanya adalah untuk membantu mengangkut hasil dari fotositesis yang didapatkan dari daun ke seluruh bagian yang ada pada tumbuhan.

  1. Stomata

Stomata berfungsi sebagai alat respirasi. Menyerap Co2 sebagai bahan fotosintesis dan mengeluarkan O2 sebagai hasil dari fotosintesis. Dalam kata lain, stomata adalah organ pernapasan dari tumbuhan.

Baca Juga :  Alveolus Adalah – Pengertian Dan Fungsinya

Bagaimana Sahabat Biologi? Sudah lengkap kan mengenai pembahasan poin-poin di atas? Organ tumbuhan daun, dari mulai pengertian, fungsi, dan juga struktur atau anatominya. Semoga penjelasan kami bisa dipahami oleh Sahabat Biologi. Dan juga bermanfaat. Salam biologi!

Artikel Lainnya :

  1. Gambar Kultur Jaringan – Lengkap Dengan Penjelasannya
  2. Apa Yang Dimaksud Dengan Daur Air, Pengertian, Proses dan Gambar
  3. Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh