Organ Tubuh – Bagian bagian, Fungsi, Beserta Gambar

Posted on

Organ Tubuh – Bagian bagian, Fungsi, Beserta Gambar

Sebagai makhluk hidup organ tubuh merupakan faktor penting dalam berhatahan hidup. Tanpa adanya salah satu organ tubuh ini akan menyebabkan efek samping terhadapnya tubuh yang dapat menyebabkan penyakit, kelainan atau bahkan kematian. Memang beberapa organ tubuh ada yang tidak menyebabkan kematian jika kehilangan beberapa organ tersebut. Namun walaupun tidak berefek pada kematian ini akan berefek pada kemampuan tubuh atau daya stabilitas tubuh.

Ada bebagai macam organ di dalam tubuh manusia. Masing-masing dari organ tersebut akan berkerja sesuai fungsinya masing-masing namun tetap bekerja secara bersamaan di dalam tubuh manusia. Beberapa diantaranya ada yang disebut sebagai organ utama yaitu organ yang terpenting yang berada di dalam tubuh. Organ-organ tersebut mengendalikan sebagian besar fungsi tubuh, jika organ utama mengalami kerusakan akan menyebabkan efek fatal pada kesehatan tubuh. Lalu apa saja organ utama yang berada di tubuh, berikut organ utama yang berada di tubuh.

  1. Otak

Otak merupakan bagian organ yang berada di kepala. Fungsi otak sangat penting sebagai mengendalikan saraf juga sebagai suatu pemrosesan dalam mengantarkan sinyal ke organ lain. Otak akan mengendalikan fungsi tubuh juga disebut sebagai “inti” agar dapat bergerak sesuai keinginan. Selain difungsikan sebagai fungsi tubuh makhluk hidup, otak terutama otak manusia memeliki kelebihan dengan IQ yang tinggi. Dengan IQ yang tinggi ini otak manusia dapat mengigat, melakukan dan mengimprovisasi dari apa yang ia pelajari.

  1. Jantung

Jantung merupakan bagian vital yang terletak di dalam tubuh. Bagian vital di dalam tubuh sangat rentan terhadap benturan. Pada tubuh makhluk hidup jantung akan berfungsi untuk memompa darah untuk melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu saat jantung memompa darah terdapat getaran yang dihasilkan dari proses tersebut dan bahkan dapat dirasakan oleh objek yang berada di luar. Jika jantung berhenti memompa tubuh ini sudah dipastikan bahwa tubuh makhluk hidup tersebut mati atau mengalami gangguan sistem tubuh.

  1. Paru-paru
Baca Juga :  Ruang Lingkup Biologi Beserta Dengan Penjelasannya

Paru-paru merupakan organ pernapasan yang mengatur sistem masuknya udara di dalam tubuh. Paru-paru bekerja dengan mengkonversi hasil dari udara o2 dan melepaskannya dalam bentuk co2 atau karbon dioksida. Sistem pernapasan dalam tubuh pertama-tama melalui hidung atau mulut yang menghirup oksigen kemudian akan dikeluarkan lagi dalam bentuknya karbon dioksida.

  1. Pankreas

Merupakan organ penting yang menemani sistem pencernaan di dalam tubuh. Terletak di bagian belakang perut yang merupakan organ kelenjar.

  1. Ginjal

Bekerja sama di dalam sistem pengaliran darah yaitu ginjal, paru-paru dan jantung. Pada ginjal akan berfungsi untuk memurnikan darah sehingga darah yang berada di dalam tubuh akan lebih sehat. Ginjal bekerja secara alami sebagi pemberisih darah yang berada di dalam tubuh.

  1. Mata

Mata merupakan organ penglihatan yang dapat melihat suatu objek dan dapat melihat suatu warna melalui beberapa organ pada sistem penglihatannya yaitu mata.

  1. Usus

Usus merupakan organ tubuh yang bekerja pada sistem pencernaan. Usus menjadi jalur keluar masuknya suatu makanan yang merupakan hasil metabolisme dari tubuh. Usus akan bekerja sebagai pemrosesan makanan dari hasil tubuh yang kemudian dikeluarkan lagi dari dalam tubuh.

  1. Kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid merupakan empat kelenjar endokrin kecil yang letaknya di leher dan masing masing dari kelenjar ini memiliki ukuran sebesar butir beras, fungsinya adalah untuk menghasilkan kelenjar paratiroid yang mampu mengontrol jumlah kalsium di dalam tulang.

  1. Faring

Faring merupakan bagian dari kedua sistem pernapasan dan pencernaan dan letaknya berada di bawah mulut dan rongga hidung serta di atas esofagus dan laring, fungsinya sendiri adalah untuk menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan manusia.

  1. Laring

 

Laring
Laring

Laring merupakan struktur tulang rawan yang letaknya di atas trakea dan berisi pita suara dan memiliki fungsi untuk memberikan nada suara pada saat manusia berbicara.

  1. Timus
Baca Juga :  Bunga Asoka – Ciri Ciri, Klasifikasi Dan Manfaatnya

Timus merupakan kelenjar yang memiliki bentuk seperti piramida dan terletak tepat di bawah leher, timus merupakan salah satu organ yang paling khusus dari sistem kekebalan tubuh dan memiliki fungsi untuk menghasilkan limfosit sel-T yang  dapat membantu dalam mengembangkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

 

Bagian-bagian organ di dalam tubuh memang beragam. Secara garis besar ke 7 organ diatas merupakan organ utama di dalam makhluk hidup. Organ utama bekerja dengan cara yang berbeda-beda namun melengkapi dalam suatu sistem. Organ utama tersebut tentu harus kita jaga kesehatanya karena merupakan faktor penting bagi sistem tubuh. Tanpa adanya organ tersebut sistem tubuh tidak akan bekerja semestinya.

 

Nah itulah pembahasan tentang organ tubuh dan semoga dapat menambah pembelajaran bagi kita semua. Sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Organ Tubuh – Bagian bagian, Fungsi, Beserta Gambar
4 (80.59%) 34 vote[s]