Organ Tubuh Manusia – Organ Dalam, Organ Luar, Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan

Posted on

Organ Tubuh Manusia – Organ Dalam, Organ Luar, Dilengkapi Gambar Dan Penjelasan

Organ Tubuh Manusia – Manusia memang terdiri atas organ – organ yang membantu manusia untuk semua kegiatan mau pun aktfitas sehari – hari. Tubuh manusia sendiri terdiri atas dua macam organ tubuh, yakni organ dalam dan juga organ luar. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk anda.

Organ Dalam

Organ dalam merupakan jaringan yang mempunyai peran yang sangat penting di dalam tubuh manusia setiap organ memiliki fungsi penting untuk keberlangsungan hidup manusia jika salah satu organ dalam terganggu kesehatannya maka bisa mempengaruhi kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa organ yang termasuk ke dalam organ dalam.

  1. Testis

Testis merupakan sepasang organ yang memiliki bentuk oval dan memiliki tugas untuk memproduksi sperma pada laki – laki dan mensekresikan androgen, hormon pria yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan sistem reproduksi pada pria.

  1. Kelenjar Adrenal

Organ ini merupakan salah satu dari kelenjar endokrin yang letaknya di atas ginjal dan memiliki bentuk segitiga. Fungsinya adalah untuk melakukan sekresi hormone dalam merespon stress dan bertanggung jawab untuk hormon seperti kortisol, estrogen dan testosterone.

  1. Pankreas

Terletak jauh di dalam perut organ ini terjepit di antara tulang belakang dan lambung, pankreas adalah bagian integral dari sistem pencernaan dan juga fungsi kepala pankreas ialah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan juga insulin.

  1. Limpa

Organ ini terletak di sebelah kiri perut dan memiliki fungsi untuk menyaring darah. Limpa menyimpan trombosit dan sel darah putih di dalamnya. Selain itu limpa juga menjadi tempat untuk mendaur ulang sel darah merah. Fungsi penting lain dari limpa adalah memerangi bakteri tertentu yang menjadi penyebab dari penyakit pneumonia dan meningitis.

Baca Juga :  Rangka Manusia – Struktur Dan Gambarnya Terlengkap
  1. Kandung Kemih

Organ kandung kemih merupakan kantung otot yang sangat pleksibel dan digunakan untuk menyimpan urin sebelum diekskresikan dan terletak di bagian anterior rongga panggul. Kandung kemih ini bisa menahan sekitar 300 hingga 350 ml urin.

 

Organ Luar

Manusia tak hanya memiliki organ dalam saja, tapi manusia juga memiliki organ luar yang juga sangat penting bagi tubuh manusia dan memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa organ luar yang dimiliki oleh tubuh manusia.

  1. Mata

Organ luar manusia yang pertama adalah mata, mata sendiri terletak di bagian wajah dan menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat vital karena tanpa adanya organ mata yang bekerja dengan baik maka seseorang tak akan bisa merespon pantulan cahaya yang membuatnya tak bisa membuat manusia memndekan bentuk, warna dan lain sebagainya. Dengan kata lain, tak bisa melihat sekitarnya.

Mata sendiri memiliki jutaan saraf yang terhubung ke otak untuk kemudian menyalurkan perintah. Selain itu di dalam mata ada beberapa organ lain yang mendukung agar bisa digunakan untuk melihat seperti pupil, lensa, iris dan lain sebagainya.

  1. Bibir

Bibir adalah organ tubuh manusia yang berada di bagian luar dan sangat peka terhadap benda asing karena lapisan pada bibir merupakan membrane mukrosa  yang bisa mendeteksi benda asing dan mempnyai kepekaan yang sangat kuat.

  1. Alat Reproduksi

Manusia mempunyai dua kelamin yakni kelamin untuk pria dan kelamin untuk wanita yang memiliki perbedaan pada organ reproduksi dan pengaruhnya terhadap hormon yang memiliki peran sangat aktif di dalam penentuan jenis kelami seseorang.

  1. Anggota Gerak

Organ luar pada manusia yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar yakni tangan dan kaki yang memiliki fungsi untuk berjalan, berlari, menganbil sesuatu dan menggerakkan tubuh untuk melakukan seluruh aktifitas.

  1. Hidung dan Telinga
Baca Juga :  Hormon Giberelin–Pengertian, Letak, dan Fungsinya

Hidung dan telinga juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia, hidung sendiri sebagai indera penciuman membuat manusia bisa mencium semua aroma yang ada di sekitarnya sedangkan telinga memungkinkan manusia untuk mendengar seluruh suara yang ada di sekitarnya. Kedua organ ini terletak pada kepala manusia.

Selain itu hidung juga mempunyai peran dalam sistem pernapasan manusia dan juga memiliki fungsi untuk menyaring atau pun sebagai filter sehingga pada saat manusia bernafas kotoran yang ada di udara tak bisa ikut terhirup dan masuk ke dalam paru – paru.

Itulah pembahasan mengenai organ yang dimiliki oleh manusia mulai dari organ dalam dan juga organ luar, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan lainnya.

Artikel Lainnya: