Organ Reproduksi Pria – Hormon Beserta Fungsinya

Posted on

Organ Reproduksi Pria – Hormon Beserta Fungsinya

Organ Reproduksi Pria – Manusia mempunyai alat reproduksi yang digunakan untuk berkembang biak, jenis kelamin manusia dibagi atas dua yakni alat kelamin wanita dan pria, keduanya sangat berbeda. Untuk itu dalam artikel kali ini akan menjelaskan mengenai organ reproduksi pria.

Alat reproduksi memiliki peranan yang sangat penting maka dari itu, mari kita mengenal lebih jelas mengenai alat reproduksi pria:

  1. Testis

Testis adalah alat kelamin manusia yang terletak di dalam skrotum dan memiliki jumlah sepasang. Testis ini berbentuk oval dengan fungsi sebagai penghasil sel kelamin jantan atau yang disebut dengan spermatozoa.

 

  1. Epididimis

Merupakan organ yang memiliki saluran berkelok-kelok dan terdapat di dalam skrotum serta di bagian luar testis. Bentuk dari organ ini mirip dengan bentuk C. fungsinya sendiri adalah sebagai alat untuk mengankut, menyimpan hingga mematangkan sperna. Karena pada saat memasuki epididimis sperma masih belum memiliki kemampuan bergerak tapi ketika telah masuk ke epididimis dan menjalankan fungsinya, sperma ini akan dapat bergerak meskipun belum terlalu sempurna.

 

  1. Vas Deferens

Organ ini memiliki bentuk tabung lanjutan setelah epididimis dan memiliki fungsi dari vas deferens yang merupakan saluran sperma ke dalam vesikula seminalis dan juga sebgai wadah penampungan sperma. Pada proses penyimpanan dan di dalam pematangan sprerma, duktus deferens akan mendorong sperga agar bisa bergerak dengan peristaltic ke vesikula seminalis. Sperma ini akan keluar dengan cepat lalu menyembur pada saat ejakulasi.

 

  1. Kelenjar Kelamin

Memiliki fungsi sebagai penghasil cairan yang digunakan sebagai tempat berenangnya sperma dan menjaga sperma untuk bisa hidup dengan cara menetralisir asam. Cairan ini biasa disebut dengan air mania tau memiliki nama latin semen. Dalam 1 ml air mani terkandung sel sperma sekitar 60 hingga 100 juta. Kelenjar kelamin ini dibagi menjadi tiga bagian yakni:

  • Vesikula Seminalis atau bisa juga disebut dengan kantung air mani yang memiliki saluran tabung dan memiliki fungsi untuk mensekresikan cairan yang memiliki sifar basa (pH 7,3 mukus, vitamin, fruktosa) dan digunakan untuk menutrisi sperma, enzim, protein dan juga prostaglanding.
  • Kelenjar Prostat merupakan organ yang terletak di bawah kandung kemih. Fungsi dari organ ini adalah untuk mensekresikan cairan yang memiliki putih yang keabu-abuan dan memiliki sifat basa. Cairan ini nantinya akan disekresikan ke saluran ejakulasi dan menyumbang sekitar 30% dari semen. Cairan yang keluar dari kelenjar prostat ini akan bersatu dengan cairan vesikula seminalis dan membentuk menjadi tempat hidup serta bergeraknya sperma.
  • Kelenjar Bulbouretra atau yang bisa disebut dengan cowpery, yakni suatu kelenjar yang memiliki jumlah sepasang dan fungsi dari kelenjar ini adalah menghasilkan cairan lender yang bersifar basa di dalam saluran ejakulasi.
Baca Juga :  Bagian Mata - Disertai Fungsi Mata Dan Fungsi Retina

 

  1. Saluran Ejakulasi

Saluran ejakulasi memiliki jumlah sepasang dan berfungsi untuk saluran pendek yang terhubung antara duktus vesikula seminalis dengan uretra.

 

  1. Uretra

Berada di dalam penis, organ ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk keluarnya sperma dan urin.

 

  1. Penis Atau Zakar

Penis merupakan alat kelamin bagian luar pada pria dan memiliki fungsi untuk memasukkan sperma kea lat reproduksi wanita. Penis sendiri tersusun dari otot-otot tegang dan dilapisi oleh lapisan kulit yang tipis. Pada saat menjadi tegang, proses ini disebut dengan ereksi yang terjadi dikarenakan rangsangan yang mengakibatkan pembuluh darah yang terletak di penis berisi. Pada saat penis telah di sunat maka kulit tipis yang melapisi glan penis akan dipotong. Fungsinya sendiri adalah untuk melakukan ejakulasi yakni dengan cara mengeluarkan sperma melalui uretra, pada saat ejakulasi otot yang terletak di kandng kemih akan berubah menjadi mengkerut dan mencegah sperma untuk masuk ke dalam kandung kemih. Maka dari itu tak dapat dilakukan ejakulasi sambil buang air kecil. Secara umum penis terdiri antara beberapa bagian di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gian Penis adalah bagian kepala yang apabila telah melakukan khitan maka tak akan dilapisi kulit lagi.
  • Batang atau corpus penis yakni bagian batang dari penis
  • Pangkal penis yakni bagian paling dasar penis

 

  1. Skotrum (Kantung Pelir)

Bagian ini merupakan kantung yang berada di dalam testis, di antara kantung yang berada di sebelah kiri dan kanan telah dibatasi oleh sebuah sekat yang disusun oleh jaringan ikat dan juga jaringan polis (otot dartos). Otot dartos dapat mengakibatkan skotum menjadi kendur dan berkerut.

 

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai alat reproduksi pria berserta dengan fungsinya. Alat reproduksi bagi pria ini merupakan organ vital yang sangat penting untuk menjaga regenerasi manusia. Setiap organ reproduksi mahkluk hidup memiliki bentuk yang berbeda-beda begitu juga dengan organ reproduksi yang dimiliki oleh pria dan wanita.

Baca Juga :  Fungi Atau Jamur

Artikel Lainnya :