Organ Pernapasan Manusia – Pengertian, Fungsi Organ Penyusun, Gambar

Posted on

Organ Pernapasan Manusia – Pengertian, Fungsi Organ Penyusun, Gambar

Ekosistem.co.id – Tahu kah, anda jika manusia rata – rata bernapas sebanyak 12 hingga 18 kali setiap menitnya, dan ini berarti jika manusia akan bernapas sebanyak 17.280 kali dalam satu hari. Banyak juga bukan? Meski terlihat mudah karena dilakukan setiap hari dan merupakan kebutuhan wajib bagi manusia, akan tetapi proses pernapasan sendiri tidak mudah loh, karena proses yang dilakukan di dalam tubuh manusia setiap kali bernapas harus mengerahkan beberapa organ pernapasan yang ada di dalam tubuhnya untuk membantu melakukan pernapasan.

Proses pernapasan sendiri merupakan salah satu proses yang sangat penting bagi kehidupan manusia, bagi hewan mau pun tumbuhan. Bayangkan jika anda tidak bisa bernapas dalam beberapa menit saja, maka anda tak akan bisa bertahan hidup. Sehingga dalam melakukan proses pernapasan manusia membutuhkan bantuan beberapa organ pernapasan yang memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pernapasan. Jika salah satu organ mengalami masalah, maka proses pernapasan tentunya akan menjadi terganggu.

Penasaran apa saja organ pernapasan yang dimiliki oleh manusia dan membantu manusia untuk melakukan proses pernapasa? Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak sampai habis artikel di bawah ini ya!

Orga Pernapasan Pada Manusia

  1. Hidung dan Rongga Hidung

Hidung merupakan organ pernapasan yang letaknya paling luar dan langsung bersentuhan dengan gas atau pun udara untuk melakukan proses pernapasan. Fungsi dari hidung ini sendiri adalah untuk menghirup oksigen (O2) dan juga sebagai jalur keluarnya karbon dioksida (CO2).

Baca Juga :  Perbedaan DNA Dan RNA - Beserta Pengertian Dan Fungsinya

Hidung ini sendiri merupakan organ yang letaknya berada di tulang tengkorak dan tersusun atas tulang rawan, tulang, otot dan juga kulit. Di dalam hidung terdapat organ pernapasan lain yakni rongga hidung yang mempunyai peran penting di dalam proses pernapasan karena memiliki fungsi untuk melembabkan, menghangatkan dan juga menyaring udara yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Tenggorokan (Faring)

Organ pernapasan yang berikutnya adalah tenggorokan yang juga memiliki nama lain faring, organ ini merupakan jalur terusan setelah melakukan proses pernapasan dengan menghirup udara melalui hidung. pada tenggorokan atau faring, organ pernapasan akan dilanjutkan dengan pangkal tenggorokan atau laring, kemudian menuju trakea dan terakhir bronkus.

  1. Pangkal Tenggorokan (Laring)

Pangkal tenggorokan ini juga dikenal dengan nama laring atau kotak suara dan merupakan organ penghubung untuk faring dan trakea. Di dalam organ pernapasan ini juga terdapat pita suara dan juga katup epiglottis yang memisahkan saluran makanan dengan saluran udara.

  1. Trakea

Organ pernapasan berikutnya adalah trakea yang merupakan organ yang memiliki fungsi untuk menghubungkan laring dengan bronkus dan menjadi jalan bagi udara dari leher menuju ke dada. Bentuk dari organ trakea ini mirip seperti pipa dan memiliki fungsi sebagai jalur udara untuk masuk dan keluar dari paru – paru. Organ trakea ini disusun atas tulang rawan dan juga terdapat di depan kerongkongan.

  1. Bronkus

Bronkus adalah percabangan dari trakea dan mempunyai dua percabangan yang menuju ke paru – paru kanan dan kiri. Setelah melewati bronkus percabangan ini akan diteruskan oleh bronkiolus dan akhirnya berakhir pada alveolus atau yang juga disebut dengan gelembung udara.

  1. Paru – Paru

Paru – paru adalah salah satu organ pernapasan yang paling vital dan dibungkus oleh lapisan yang memiliki nama pleura. Paru – paru sendiri terletak di rongga dada dan berada di atas diafragma, bentuk paru – paru hampir mirip seperti spons dan teridiri dari dua bagian yakni bagian kiri dan juga bagian kanan. Paru – paru kiri ini sendiri hanya mempunyai dua segmen sedangkan paru – paru kanan hanya mempunyai tiga segmen.

Baca Juga :  Fungsi Bagian Ekor Dari Sperma Manusia

 

Ternyata bernapas bukan hanya menggunaka paru – paru saja ya, ada banyak sekali organ pernapasan yang ada di dalam tubuh manusia dan semuanya memiliki fungsi dan tugas yang sama – sama penting di dalam proses pernapasan. Bukan hanya paru – paru saja yang memiliki peran yang apabila mengalami kerusakan maka akan menganggu sistem pernapasan pada manusia, akan tetapi semua organ pernapasan pada manusia juga penting dan jika rusak akan mempengaruhi proses pernapasan.

Maka semua organ tersebut harus di jaga ya, terutama organ paru – paru yang sangat sensitif dan mudah mengalami kerusakan.

Semoga pembahasan mengenai organ pernapasan manusia di atas dapat memberikan ilmu pengetahuan baru dan jangan lupa untuk mampir lagi ke website ini karena ada banyak sekali pembahasan materi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan.

Artikel Berikutnya:

  1. Sumber Daya Alam Adalah
  2. Uterus Adalah
  3. Tumbuhan Porang