Organ Pada Manusia – Sistem, Fungsi, Dilengkapi Dengan Gambar

Posted on

Organ Pada Manusia

Organ Pada Manusia – Tubuh manusia dirancang secara unik dan terdiri dari berbagai sistem biologi yang semuanya diatur oleh organ yang ada di dalam tubuh, tubuh manusia sendiri dibagi atas kepala badan, tangan, dan kaki. Kepala sendiri memainkan peranan yang sangat penting dan menjadi pelindung bagi organ lain. Jaringan, sel dan juga jaringan ikat membantu untuk mengatur berbagai macam sistem bilogis yang bisa ditemukan di kepala dan tubuh manusia.

Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat penjelasan organ pada manusia mulai dari sistem, fungsi yang dilengkapi dengan gambarnya.

Organ Penting Yang Ada Di Dalam Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting di dalam kehidupan manusia.

Otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia dan memiliki tanggung jawab atas semua tindakan utama yang dilakukan oleh tubuh, otak ini sendiri dilindungi oleh tengkorak yang tertutup di dalam tempurung kepala yang menjaganya agar tetap aman, karena otak menjadi pusat sistem saraf yang mengendalikan seluruh gerakan tubuh manusia.

Struktur otak manusia bisa dibandingkan dengan binatang mamalia lainnya akan tetapi otak manusia tiga kali lebih besar dan lebih pintar jika dibandingkan dengan binatang mamalia yang hidup di bumi ini. Otak dapat membantu tubuh untuk bisa mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk bisa menanggapi rangsangan eksternal, otak manusia sendiri melakukan fungsi eksekutif juga sama seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran dan juga berpikir secara abstra.
jika anda ingin membaca artikel yang lebih terperinci tentang otak, maka bisa baca disini Bagian Otak berserta Fungsi

 

Kelenjar Pineal

Kelenjar ini merupakan kelenjar endokrin yang sangat penting bagi tubuh manusia dan memiliki warna abu – abu kemerahan yang hadir di dalam otak. Ukuran kelenjar ini hanya sebesar butir beras dan terdiri dari sel – sel khusus yang biasa disebut dengan pinealocytes. Kelenjar ini sendiri bertugas untuk mengekresikan salah satu hormon yang paling penting yakni melatonin yang memiliki tugas untuk mempengaruhi perkembangan generative dan siklus tidur – bangun yang terhubung secara langsung.

Baca Juga :  Alat Peredaran Darah Pada Cacing Tanah – Pembahasan Terlengkap dan Gambarnya

 

Hipotalamus

Hipotalamus adalah bagian dari otak manusia yang memiliki control penuh terhadap pelepasa hormon utama yang dilakukan oleh kelenjar hipofisis. Organ ini juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga suhu tubuh dan mengendalikan perilaku generative dan reproduktsi. Organ ini menyediakan link ke sistem saraf pusat melalui kelenjar pituitari dan memiliki fungsi dalam mengendalikan rasa lapar, tidur dan juga rasa lelah.

 

Kelenjar Pituitari

Kelenjar pituitari merupakan salah satu kelenjar yang sangat penting di dalam tubuh dan sering juga disebut dengan kelenjar master sistem endokrin karena kelenjar pituitari ini berada di dasar otak akan tetapi tidak dianggap bagian dari otak. Tugas kelenjar pituitari ini adalah mensekresi hormon yang banyak membantu di dalam mengatur homeostatis yakni keseimbangan di dalam metabolisme yang secara aktif dikelola oleh beberapa mekanisme biologis yang sangat kompleks.

 

Kelenjar Ludah

Kelenjar ini merupakan kelenjar eksokrin atau kelenjar yang memiliki saluran yang berada di dekat mulut dan tenggorokan dan memiliki fungsi dari kelenjar ini adalah untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasmi makanan. Kelenjar ini ini juga yang memulai pencernaan dan membantu di dalam melindungi gigi dari pembusukan.

 

Hati

Organ ini memiliki fungsi sebegai kelenjar pencernaan yang mengeluarkan getah empedu memiliki kandungan garam – garam empedu ke dalam usus dua belas jari atau duodenum yang berguna untuk mencerna lemak.

 

Ginjal

Ogan ginjal memiliki tanggung jawab untuk mengeluakan limbah dan juga mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal ini sendiri mengekresikan urin ke ureter yang nantinya akan diterukan untuk keluar dari tubuh.

 

Jantung

Organ ini memiliki tanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan memberikan darah beroksigen ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh melalui pembuluh darah.

Baca Juga :  Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Manusia

 

Paru – Paru

Paru – paru sendiri memiliki fungsi untuk membantu manusia di dalam pernapasan dan menjadi organ yang sangat penting dari sistem pernapasan yang bekerja sama dengan jantung. Paru – paru membuang gas dioksida dan kotoran dari vena darah.

 

Lambung

Lambung memiliki fungsi untuk mengeluarkan asam lambung, asam klorida dan juga menjaga tingkat pH yang memiliki pengaruh terhadap kelancaran pencernaan.

Testis

Testis merupakan sepasang organ yang memiliki bentuk oval dan memiliki tugas untuk memproduksi sperma pada laki – laki dan mensekresikan androgen, hormon pria yang mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan sistem reproduksi pada pria.

Kelenjar Adrenal

Organ ini merupakan salah satu dari kelenjar endokrin yang letaknya di atas ginjal dan memiliki bentuk segitiga. Fungsinya adalah untuk melakukan sekresi hormone dalam merespon stress dan bertanggung jawab untuk hormon seperti kortisol, estrogen dan testosterone.

Pankreas

Terletak jauh di dalam perut organ ini terjepit di antara tulang belakang dan lambung, pankreas adalah bagian integral dari sistem pencernaan dan juga fungsi kepala pankreas ialah untuk mengeluarkan cairan pankreas dan juga insulin.

Limpa

Organ ini terletak di sebelah kiri perut dan memiliki fungsi untuk menyaring darah. Limpa menyimpan trombosit dan sel darah putih di dalamnya. Selain itu limpa juga menjadi tempat untuk mendaur ulang sel darah merah. Fungsi penting lain dari limpa adalah memerangi bakteri tertentu yang menjadi penyebab dari penyakit pneumonia dan meningitis.

Kandung Kemih

Organ kandung kemih merupakan kantung otot yang sangat pleksibel dan digunakan untuk menyimpan urin sebelum diekskresikan dan terletak di bagian anterior rongga panggul. Kandung kemih ini bisa menahan sekitar 300 hingga 350 ml urin.

Organ Luar

Manusia tak hanya memiliki organ dalam saja, tapi manusia juga memiliki organ luar yang juga sangat penting bagi tubuh manusia dan memiliki fungsi yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa organ luar yang dimiliki oleh tubuh manusia.

1. Mata

Organ luar manusia yang pertama adalah mata, mata sendiri terletak di bagian wajah dan menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat vital karena tanpa adanya organ mata yang bekerja dengan baik maka seseorang tak akan bisa merespon pantulan cahaya yang membuatnya tak bisa membuat manusia memndekan bentuk, warna dan lain sebagainya. Dengan kata lain, tak bisa melihat sekitarnya.

Baca Juga :  Tulang Dada – Fungsi dan Bentuknya

Mata sendiri memiliki jutaan saraf yang terhubung ke otak untuk kemudian menyalurkan perintah. Selain itu di dalam mata ada beberapa organ lain yang mendukung agar bisa digunakan untuk melihat seperti pupil, lensa, iris dan lain sebagainya.

2. Bibir

Bibir adalah organ tubuh manusia yang berada di bagian luar dan sangat peka terhadap benda asing karena lapisan pada bibir merupakan membrane mukrosa  yang bisa mendeteksi benda asing dan mempnyai kepekaan yang sangat kuat.

3. Alat Reproduksi

Manusia mempunyai dua kelamin yakni kelamin untuk pria dan kelamin untuk wanita yang memiliki perbedaan pada organ reproduksi dan pengaruhnya terhadap hormon yang memiliki peran sangat aktif di dalam penentuan jenis kelami seseorang.

4. Anggota Gerak

Organ luar pada manusia yang satu ini memiliki ukuran yang sangat besar yakni tangan dan kaki yang memiliki fungsi untuk berjalan, berlari, menganbil sesuatu dan menggerakkan tubuh untuk melakukan seluruh aktifitas.

5. Hidung dan Telinga

Hidung dan telinga juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia, hidung sendiri sebagai indera penciuman membuat manusia bisa mencium semua aroma yang ada di sekitarnya sedangkan telinga memungkinkan manusia untuk mendengar seluruh suara yang ada di sekitarnya. Kedua organ ini terletak pada kepala manusia.

Selain itu hidung juga mempunyai peran dalam sistem pernapasan manusia dan juga memiliki fungsi untuk menyaring atau pun sebagai filter sehingga pada saat manusia bernafas kotoran yang ada di udara tak bisa ikut terhirup dan masuk ke dalam paru – paru.

 

Demikian lah pembahasan mengenai organ pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting terhadap tubuh manusia. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan materi berikutnya. Berikanlah tanda bintang untuk memotivasi kami didalam pembenahan artikel menurut sumber terpercaya.