Organ Pada Manusia – Sistem, Fungsi, Dilengkapi Dengan Gambar

Posted on

Organ Pada Manusia – Sistem, Fungsi, Dilengkapi Dengan Gambar

Organ Pada Manusia – Tubuh manusia dirancang secara unik dan terdiri dari berbagai sistem biologi yang semuanya diatur oleh organ yang ada di dalam tubuh, tubuh manusia sendiri dibagi atas kepala badan, tangan, dan kaki. Kepala sendiri memainkan peranan yang sangat penting dan menjadi pelindung bagi organ lain. Jaringan, sel dan juga jaringan ikat membantu untuk mengatur berbagai macam sistem bilogis yang bisa ditemukan di kepala dan tubuh manusia.

Untuk lebih lengkapnya mari kita lihat penjelasan organ pada manusia mulai dari sistem, fungsi yang dilengkapi dengan gambarnya.

Organ Penting Yang Ada Di Dalam Tubuh Manusia

Berikut ini adalah beberapa organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting di dalam kehidupan manusia.

  1. Otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia dan memiliki tanggung jawab atas semua tindakan utama yang dilakukan oleh tubuh, otak ini sendiri dilindungi oleh tengkorak yang tertutup di dalam tempurung kepala yang menjaganya agar tetap aman, karena otak menjadi pusat sistem saraf yang mengendalikan seluruh gerakan tubuh manusia.

Struktur otak manusia bisa dibandingkan dengan binatang mamalia lainnya akan tetapi otak manusia tiga kali lebih besar dan lebih pintar jika dibandingkan dengan binatang mamalia yang hidup di bumi ini. Otak dapat membantu tubuh untuk bisa mengaktifkan otot dan mensekresikan bahan kimia yang memungkinkan tubuh untuk bisa menanggapi rangsangan eksternal, otak manusia sendiri melakukan fungsi eksekutif juga sama seperti pengendalian diri, perencanaan, penalaran dan juga berpikir secara abstra.

  1. Kelenjar Pineal

Kelenjar ini merupakan kelenjar endokrin yang sangat penting bagi tubuh manusia dan memiliki warna abu – abu kemerahan yang hadir di dalam otak. Ukuran kelenjar ini hanya sebesar butir beras dan terdiri dari sel – sel khusus yang biasa disebut dengan pinealocytes. Kelenjar ini sendiri bertugas untuk mengekresikan salah satu hormon yang paling penting yakni melatonin yang memiliki tugas untuk mempengaruhi perkembangan generative dan siklus tidur – bangun yang terhubung secara langsung.

  1. Hipotalamus

Hipotalamus adalah bagian dari otak manusia yang memiliki control penuh terhadap pelepasa hormon utama yang dilakukan oleh kelenjar hipofisis. Organ ini juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga suhu tubuh dan mengendalikan perilaku generative dan reproduktsi. Organ ini menyediakan link ke sistem saraf pusat melalui kelenjar pituitari dan memiliki fungsi dalam mengendalikan rasa lapar, tidur dan juga rasa lelah.

  1. Kelenjar Pituitari

Kelenjar pituitari merupakan salah satu kelenjar yang sangat penting di dalam tubuh dan sering juga disebut dengan kelenjar master sistem endokrin karena kelenjar pituitari ini berada di dasar otak akan tetapi tidak dianggap bagian dari otak. Tugas kelenjar pituitari ini adalah mensekresi hormon yang banyak membantu di dalam mengatur homeostatis yakni keseimbangan di dalam metabolisme yang secara aktif dikelola oleh beberapa mekanisme biologis yang sangat kompleks.

  1. Kelenjar Ludah

Kelenjar ini merupakan kelenjar eksokrin atau kelenjar yang memiliki saluran yang berada di dekat mulut dan tenggorokan dan memiliki fungsi dari kelenjar ini adalah untuk mengeluarkan air liur ke dalam mulut untuk membasmi makanan. Kelenjar ini ini juga yang memulai pencernaan dan membantu di dalam melindungi gigi dari pembusukan.

  1. Hati

Organ ini memiliki fungsi sebegai kelenjar pencernaan yang mengeluarkan getah empedu memiliki kandungan garam – garam empedu ke dalam usus dua belas jari atau duodenum yang berguna untuk mencerna lemak.

  1. Ginjal

Ogan ginjal memiliki tanggung jawab untuk mengeluakan limbah dan juga mengatur keseimbangan elektrolit. Ginjal ini sendiri mengekresikan urin ke ureter yang nantinya akan diterukan untuk keluar dari tubuh.

  1. Jantung

Organ ini memiliki tanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan memberikan darah beroksigen ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh melalui pembuluh darah.

  1. Paru – Paru

Paru – paru sendiri memiliki fungsi untuk membantu manusia di dalam pernapasan dan menjadi organ yang sangat penting dari sistem pernapasan yang bekerja sama dengan jantung. Paru – paru membuang gas dioksida dan kotoran dari vena darah.

  1. Lambung

Lambung memiliki fungsi untuk mengeluarkan asam lambung, asam klorida dan juga menjaga tingkat pH yang memiliki pengaruh terhadap kelancaran pencernaan.

Baca Juga :  Fungsi Lambung – Meliputi Bagian Dan Strukturnya

 

Demikian lah pembahasan mengenai organ pada manusia yang memiliki fungsi sangat penting terhadap tubuh manusia. Semoga bermanfaat sampai jumpa pada pembahasan materi berikutnya.

Artikel Lainnya:

Rate this post