Nekrosis Adalah – Penyebab, Gejala, Contoh

Posted on

Nekrosis Adalah – Penyebab, Gejala, Contoh

Nekrosis adalah sebuah penyakit yang menyerang tulang. Penyakit ini terjadi dikarenakan aliran darah yang menuju ke tulang berkurang hanya sementara saja atau dapat terjadi dalam waktu yang lama atau permanen.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Nekrosis, mulai dari penyebab, gejalanya hingga contoh yang dialami oleh penderita Nekrosis secara lengkap dan jelas.

Pengertian Nekrosis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Nekrosis atau dikenal juga dengan nama Nekrosis avaskular merupakan sebuah penyakit yang terjadi pada bagian tulang. Penyebabnya adalah aliran darah yang menuju ke tulang berkurang, hal ini bisa terjadi karena sementara atau permanen.

Sel tulang yang kekurangan persediaan darah akan menjadi rapuh. Nah, apabila Nekrosis ini terjadi di sendi maka akan menyebabkan permukaan sendi menjadi hancur. Beberapa bagian yang sering terkena Nekrosis antara lain seperti ujung tulang panjang, tulang lengan atas, tulang bahu, lutut, tulang pinggul hingga pergelangan kaki.

Karena penyakit ini mampu membuat kerusakan pada lebih dari satu tulang dalam satu waktu. Namun ada juga kasus yang memperlihatkan gejala Nekrosis ini merusak tulang satu dan tulang lain dalam waktu yang berbeda.

Nekrosis ini memiliki banyak nama sebutan, di antaranya adalah osteonecrosis, aseptic necrosis, dan osteonecrosis ischemia.

Jenis-jenis Nekrosis

Nekrosis sendiri dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, berikut ini ulasan lengkapnya :

1.) Nekrosis Koagulatif

Gangguan ini terjadi pada jaringan mati yang mana arsitektur pada jaringan masih dapat bertahan sehingga masih bisa dipelajari dengan menggunakan mikroskop cahaya. Nekrosis jenis ini berbentuk seperti gel dan terjadi pada jaringan seperti ginjal, jantung, dan kelenjar adrenalin.

Baca Juga :  Proses Terjadinya Gempa Bumi

2.) Nekrosis Likuifaktif

Jenis Nekrosis ini adalah kebalikan dari Nekrosis koagulatif yang mana Nekrosis ini merupakan pencernaan sel mati yang menghasilkan cairan kental dan biasanya yang menjadi penyebab dari Nekrosis ini adalah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan juga jamur.

3.) Nekrosis Gangren

Janis Nekrosis ini dianggap hampir sama dengan Nekrosis koagulatif. Yang mana bentuk dari Nekrosis ini mirip dengan jaringan termumifikasi.

4.) Nekrosis Caseous

Sedangkan Nekrosis ini adalah kombinasi dari dua jenis Nekrosis yakni Nekrosis likuifaktif dan Nekrosis koagulatif. Penyebab dari Nekrosis adalah adanya mikrobakteria, jamur serta disebabkan pula oleh beberapa zat asing.

 

Penyebab Nekrosis

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika Nekrosis ini terjadi karena adanya aliran darah yang berkurang untuk menuju ke tulang. Akan tetapi penyabab utama mengapa aliran darah berkurang ini masih belum bisa ditentukan dengan pasti hingga kini. Banyak yang menyimpulkan jika penyebab utamanya adalah penyakit lain.

Penyebab lain yang diduga mengakibatkan Nekrosis ini juga diperkirakan karena adanya cedera serius seperti retak atau dislokasi. Osteonecrosis ini sendiri bisa muncul secara tiba-tiba sehingga terjadi tanpa adanya luka atau cedera terlebih dahulu.

 

Tanda-tanda & Gejala

Nekrosis terbilang cukup sulit untuk ditentukan karena penyakit ini mulanya tidak memiliki gejala yang muncul. Namun seiring dengan berjalannya waktu rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada sendi mulai dirasakan dan menjadi semakin serius.

Karena jika pada mulanya sendi hanya sakit saat digunakan untuk membawa barang berat namun pada akhirnya rasa nyeri bisa dirasakan bahkan ketika sedang tidak melakukan sesuatu atau hanya istirahat. Nyeri yang dirasakan bisa terasa ringan tapi bisa juga menjadi lebih parah dan terus meningkat secara pelahan.

Baca Juga :  Otot Lurik – Cara Kerja Bentuk Beserta Gambarnya

Nekrosis yang sudah masuk ke dalam kondisi serius maka bisa menyebabkan permukaan tulan dan tulang sendi menjari robek. Kondisi akan terus menjadi parah dan serius karena bisa bisa membatasi pergerakan penderitanya.

Dalam beberapa kasus yang ditemukan pada pinggul, Nekrosis ini bahkan bisa membuat penderitanya kehilangan kemampuan untuk bergerak karena fungsi sendi yang tergangu hingga membuat seseorang tersebut menjadi lumpuh.

 

Pengobatan Nekrosis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan Nekrosis, namun sebelum melakukan langkah penyembuhan memang ada baiknya jika kita berkonsultasi terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebab dan faktor yang menjadi penyebab dari Nekrosis yang kita alami. Hal ini dilakukan untuk mengetahui metode pengobatan apa yang tepat untuk dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita Nekrosis.

1.) Debridement

Metode ini adalah menghilangkan jarngan mati dengan menggunakan cara pembedahan atau pun tidak dilakukan pembedahan, jika tingkat keparahan Nekrosis rendah maka tidak perlu metode pembedahan namun jika sudah parah bisa saja metode ini dilakukan dengan menghilangkan jaringan yang mati. Caranya dengan memotong sebagian kecil kulit hingga mengamputasi anggota tubuh yang terkena Nekrosis.

2.) Menggunakan Obat-obatan

Untuk Nekrosis yang disebabkan oleh lukabakar kimia tau trauma fisik maka mengkonsumsi obat-obatan antiotik dan anti-inflamasi dapat digunakan untuk mencegah terjadinya peradangan yang lebih parah serta mengurangi resiko infeksi bakteri.

  1. Obat Anti-racun

Nekrosis juga bisa disebabkan oleh racun yang disebabkan gigitan ular maka dengan mengkonsumsi obat anti-racun bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikan racun menyebar dan menghambat infeksi yang bisa saja terjadi.

 

Nah, itu dia pembahasan mengenai Nekrosis mulai dari penyebab hingga bagaimana cara mengatasinya yang pastinya akan sangat berguna bagi kalian semua.

Baca Juga :  Tulang Dada – Fungsi dan Bentuknya

Artikel Lainnya :