Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi

Posted on

Mitokondria

 

Ekosistem.co.id – Mitokindria adalah organel yang merupakan tempat berlangsungnya fungsi respirasi yang terdapat pada makhluk hidup. Selain itu masih banyak lagi fungsi dari mitokondria.

 

Pengertian Mitokondria

Mitokondria merupakan sebuah organel dengan membran yang di dalamnya terdapat banyak sel eukariotik. Organel ini bertugas menjadi tempat terjadinya proses respirasi yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup.

Bisa dibilang mitokondria adalah penghasil utama energi dengan bentuk energi ATP karena di dalam mitokondria terdapat sejumlah enzim serta proterin. Keduanya memiliki kemampuan untuk membantu proses metabolisme karbohidrat dan lemat atau lipid.

 

Struktur Mitokondria

Secara umum mitokondria dapat dijumpai di sel dengan aktivitas metabolisme yang tinggi serta dibutuhkan ATP dalam jumlah yang banyak. Jumlah dan bentuk dari mitokindria ini sendiri berbeda beda di setiap selnya.

Bentuk mitokondria sendiri berbentuk elips dan memiliki diameter kurang lebih 0,5 µm sedangkan panjangnya berkisar 0,5-1,0 µm.

Coba simak gambar di bawah ini :

Dan berikut ini adalah struktur dari mitokindira :

Ribosom

Ribosom merupakan organel sel yang dibentuk di dalam nukleus, fungsinya adalah untuk menyediakan tempat berlangsungnya proses sintesis protein. Proses ini sendiri dilakukan di dalam sitoplasma yang terdiri dari rRNA serta dua sub unit dari molekul protein.

Membran Luar

Membrane luar sel terdiri dari protein dan juga lipid dan memiliki perbandingan yang sama. Membran ini juga memiliki kandungan protein porin di dalamnya sehingga bersifat permeable terhadap molekul molekul kecil. Terutama yang memiliki ukuran hanya sekitar 6.000 dalton.

Bentuk membran luar ini serupa dengan membran luar bankteri gram negatif, di dalamnya juga terdapat enzim yang digunakan untuk melakukan proses biosintesis lipiud.

Baca Juga :  Pola Aliran Sungai – Bentuk dan Gambarnya

Enzim ini pun berperan dalam membantu proses pengirima lipid menuju ke matriks sehingga bisa menjalani proses β-oksidasi yang nantinya akan menghasilkan Asetil KoA.

Membran Dalam

Membran dalam merupakan sebuah bagian dari mitokondria yang sifatnya kurang permeable. Karena apabila dibandingkan dengan membran luar, bagian ini hanya terdiri dari 80% protein dan 20% lipid.

Oleh sebab itu bagian ini menjadi tempat utama proses pembentukan ATP.

Krista

Bagian ini merupakan pelipatan membrane yang berada di dalam mitokondria, serta menjadi tempat untuk melakukan rantai transport. Selain itu di dalam Krista inilah enzim akan mengkatalisis sintestis ATP.

Ruang Antar Membran

Ruang ini berada di antara membran dalam dan luar karena ruang ini adalah tempat dilakukannya reaksi dan suatu proses yang cukup penting bagi sel itu sendiri. Contohnya proses reaksi β-oksidasi asam, asam amino hingga siklus krebs.

 

Karakteristik Mitokondria

Bisa dibilang jika mitokondira memiliki DNA khusus yang disebut dengan istilah mtDNA. Kepanjangan dari istilah ini sendiri adalah mitochondrial DNA. Bentuk dari MtDNA cukup unik karena bersikular, bentuknya juga berpilin ganda tanpa adanya membrane prokariotik sebagai pelindungnya.

Karena mitokondria memiliki ciri ciri yang nyaris mirip dengan DNA bakteri karena merupakan makhluk hidup independen. Sehingga nantinya akan bersimbiosis dengan organism eukariotik untuk dapat bertahan hidup.

Sedangkan pada makhluk tingkat tinggi, DNA mitokondria ini akan diturunkan pada anaknya dan berasal dari betina. Hal ini disebabkan karena mitokondria hanya berasal dari sel telur saja.

Mitokondria jantan yang berada di luar sel telur dan terletak di ekor sperma tidak memiliki DNA untuk diwariskan.

 

Ciri-ciri Mitokondria

Sementara itu mitokondria sendiri memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Baca Juga :  Pencemaran Tanah – Penyebab, Dampak, Solusi, Dan Contoh

1.) Terletak di dalam sel eukariotik.

2.) Memiliki bentuk lonjong.

3.) Diameternya hanya 0,5 µm.

4.) Sedangkan panjang mitokondria hanya 1 µm.

5.) Memiliki dua lapis membran yakni membran luar dan dalam dan merupakan satu-satunya organel yang memiliki dua bagian ini.

6.) Terdiri dari matriks yang merupakan ruangan dengan kandungan enzim dan protein.

7.) Terdiri dari Krista atau lipatan-lipatan.

8.) Dapat ditemukan di jantung, otot hingga hati.

9.) Bersifat permeable karena pada bagian luarnya memiliki banyak pori-pori.

 

Fungsi Mitokondria

Pastinya mitokondria memiliki fungsi tertentu dan berikut ini adalah fungsi yang dimiliki oleh mitokondria yang wajib sahabat biologi tahu :

1.) Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel

Pertama, fungsi dari mitokondria adalah sebagai tempat terjadinya proses respirasi sel. Proses ini sendiri merupakan sebuah proses kimiawi yang berlangsung dengan cara melepaskan energi yang selama ini disimpan di dalam glukosa.

Energi inilah yang akhirnya akan dimanfaatkan untuk memecah glukosa yang disediakan oleh molekul molekul ATP. Sementara itu proses ini terdiri dari siklus krebs, glikolisis hingga proses pengantaran elektron.

 

2.) Menghasilkan Energi Dalam Bentuk ATP

Mitokondria juga berfungsi sebagai penghasil energi makanan yang nantinya akan dikonsumsi dan dipecah menjadi molekul serupa karbohidrat mau pun lemak. Lalu molekul ini pun akan dibawa menuju mitokondria dan melalui proses fosforilasi oksidatif.

Proses ini akan mengubah molekul tersebut menjadi molekul ATP

 

3.) Menjaga Konsentrasi Ion Kalsium

Untuk menjaga konsentrasi ion kalsium agar tepat dan cukup untuk berbagai kompartemen sel, mitokondria memiliki pengaruh penting di dalamnya. Mitokondria pun bertugas sebagai pembantu sel dengan menyiapkan tempat dan menjadi tangki penyimpanan bagi ion kalsium.

Baca Juga :  Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder

 

4.) Membangun Bagian-Bagian Dari Darah Dan Hormon

Mitokondria bertugas untuk membangun bagian bagian tertentu yang ada di hormon dan darah. Contohnya seperti testosteron dan estrogen.

 

5.) Mendetoksifikasi Amonia

Fungsi terakhir yang tak kalah penting dari organel ini adalah sebagai pembantu dalam proses detoksifikasi ammonia. Proses ini dilakukan dengan bantuan enzim yang berasal dari mitokondria itu sendiri.

Karena enzim bisa ditemukan di sel sel hari yang kemudian akan diproses dalam detoksifikasi ammonia.

Kata kunci yang terkait dengan pembahasan ini diantaranya :

  • fungsi mitokondria
  • gambar mitokondria
  • mitokondria berfungsi
  • struktur mitokondria
  • fungsi mitokondria adalah
  • fungsi mitokondria pada sel tumbuhan
  • fungsi mitokondria pada sel hewan
  • ciri ciri mitokondria
  • mitokondria fungsi
  • pengertian mitokondria
  • mitokondria dna
  • mitokondria adalah
  • mitokondria shqip
  • mitokondria wikipedia
  • mitokondria fungsinya
  • mitokondria struktur
  • mitokondria struktur dan fungsinya
  • mitokondria matriks
  • fungsi mitokondria brainly
  • apakah fungsi mitokondria

Nah, dari sini kita sudah mendapatkan banyak pengetahuan mengenai mitokondria kan. Mulai dari pengertian, struktur, hingga fungsinya. Selamat belajar semoga bermanfaat untuk sahabat biologi semua.

 

Artikel Lainnya :

  1. Retikulum Endoplasma – Fungsi dan Gambarnya
  2. Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar
  3. Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar
  4. Ribosom – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya
  5. Fungsi Retikulum Endoplasma Halus – Lengkap Dengan Gambar