Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi

Posted on

Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi

Ekosistem.co.id – Mitokindria adalah organel yang merupakan tempat berlangsungnya fungsi respirasi yang terdapat pada makhluk hidup. Selain itu masih banyak lagi fungsi dari mitokondria. Apa saja fungsinya? Nih, penjelasannya ada di bawah ini beserta dengan struktur dan karakternya.

Struktur Mitokondria

Mitokindria bisa ditemukan pada sel yang mempunyai aktivitas metabolisme tinggi dan juga membutuhkan banyak ATP di dalam jumlah yang banyak. Jumlah dan bentuk dari mitokindria ini sendiri berbeda beda di setiap selnya.

Bentuk dari mitokindria menyerupai bentuk elips dengan diameter sekitar 0,5 µm dengan panjang 0,5-1,0 µm.

Berikut ini adalah struktur dari mitokindira :

  1. Ribosom

Organel sel yang dibangun di dalam nukleus ini memiliki fungsi sebagai tempat sintesis protein di dalam sitoplasma terdiri dari rRNA dan juga molekul protein yang memiliki bentuk 2 sub unit.

  1. Membran Luar

Membrane luar sel terdiri dari protein dan juga lipid dengan perbanidngan yang sama dan juga mengandung protein porin yang menyebabkan membrane ini memiliki sifat permeabel terhadap molekul molekul kecil yang memiliki ukuran 6000 dalton.

Di dalam hal ini membrane terluar mitokondria ini bentuknya hampir mirip dengan membran luar bakteri gram negatif. Selain itu membrane luar juga memiliki kandungan enzim yang terlibat di dalam biosintesis lipid dan juga enzim yang memiliki peran di dalam proses transport lipid ke matriks untuk menjalani β-oksidasi yang akan menghasilkan Asetil KoA.

  1. Membran Dalam

Membrane dalam adalah bagian dari mikondria yang kurang permeabel jika dibandingkan dengan membran luar yang terdiri dari 20% lipid dan juga 80% protein dan menjadi tempat utama pembentukan ATP.

  1. Krista
Baca Juga :  Simbiosis Parasitisme,20 Contoh, Pengertian, dan Gambar Lengkap

Krista adalah pelipatan membran di dalam mitokindria yang merupakan tempat bagi rantai transport elektorn dan juga enzim enzim yang mengkatalisis sintesis ATP.

  1. Ruang Antar Membran

Ruang antar membran letaknya berada di antara membran luar dan juga membrane dalam dan merupakan tempat berlangsungnya reaksi reaksi yang penting bagi sel, salah satunya siklus krebs, reaski oksidasi asam amino dan juga reaksi β-oksidasi asam lemak.

Karakteristik Mitokondria

Mitokondira mempunyai DNA khusus yang dikenal dengan mtDNA yang merupakan singkatan dari mitochondrial DNA. MtDNA sendiri berpilin ganda, sirkular, serta tidak terlindungi oleh membran prokariotik.

Hal ini dikarenakan mitokindria memiliki ciri seperti DNA bakteri yang merupakan makhluk hidup independen yang akhirnya bersimbiosis dengan organisme eukariotik.

Pada makhluk tingkat tinggi DNA mitokondria yang diturunkan pada anaknya ini hanya berasal dari betinanya saja atau mitokondria sel telur. Sementara mitokondira jantan tidak ikut serta masuk ke dalam sel telur dikarenakan letaknya yang berada di ekor sperma. Ekor sperma sendiri tidak ikut masuk ke dalam sel telur sehingga DNA mitokondira jantan ini tidak bisa diturunkan.

Fungsi Mitokondria

Berikut ini adalah fungsi dari mitokondira yang terdapat pada she hewan, sel tumbuhan serta makhluk hidup yang lainnya.

  1. Tempat Berlangsungnya Respirasi Sel

Fungsi utama dari mitokondria sebagai proses respirasi sel yang merupakan proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam glukosa, energi yang digunakan untuk pemecahan glukosa disediakan oleh molekul molekul ATP dan proses ini sendiri terdiri dari glikolisis, siklus krebs dan transpor elektron.

  1. Menghasilkan Energi Dalam Bentuk ATP

Fungsi berikutnya adalah untuk menghasilkan energi makanan yang dikonsumsikan akan dipercah ke dalam bentuk molekul seperti karbohidrat atau lemak yang selanjutnya dikirim ke mitokondria yang nantinya akan menghasilkan molekul ATP melalui proses yang disebut dengan fosforilasi oksidatif.

  1. Menjaga Konsentrasi Ion Kalsium
Baca Juga :  Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

Mitokondria juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga konsentrasi ion kalsium yang tepat dan cukup di dalam berbagai kompartemen sel, selain itu juga berfungsi untuk membantu sel sel dengan cara menjadi tangki penyimpanan yang bisa menyimpan ion kalsium.

  1. Membangun Bagian-Bagian Dari Darah Dan Hormon

Berperan dalam membangun bagian bagian tertentu dari darah dan hormon misalnya pada testosteron dan estrogen.

  1. Mendetoksifikasi Amonia

Memiliki fungsi untuk melakukan detoksifikasi ammonia yang dilakukan karena adanya enzim yang bisa didapatkan pada mitokonrian yang terdapat pada sel sel hati.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai mitokondria mulai dari struktur, karakteristik hingga fungsi lengkapnya.

Artikel Lainnya :

  1. Retikulum Endoplasma – Fungsi dan Gambarnya
  2. Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar
  3. Fungsi Badan Golgi – Penjelasan Beserta Gambar
  4. Ribosom – Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Gambarnya
  5. Fungsi Retikulum Endoplasma Halus – Lengkap Dengan Gambar