Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah

Posted on

Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah

Minyak Bumi adalah salah satu komoditas hasil tambang yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Khususnya dalam menyediakan sumber energi bagi manusia. Untuk itu kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai minyak bumi, mulai dari manfaat, fraksi, komposisi hingga sejarahnya.

Sebagai komoditas bahan tambang paling besar di dunia, minyak bumi ini bisa diolah menjadi berbagai macam kebutuhan terutama untuk memenuhi kebutuhan sumber energi. Contohnya digunakan sebagai bahan baku untuk membuat bensin, elpiji hingga solar. Selain itu minyak tanah juga bisa digunakan untuk membuat material lainnya yang tak kalah pentinya. Contohnya seperti aspal, digunakan untuk membuat berbagai reagen kimia yang biasanya digunakan untuk membuat deterjen, plastik, obat-obatan hingga karet sintetis hingga digunakan untuk membuat lilin paraffin.

Ya, semua itu dibuat dengan menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasar atau pun salah satu bahan untuk membuatnya.

 

Manfaat Minyak Bumi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika minyak bumi memiliki banyak sekali manfaat yang tak terhingga bagi manusia khususnya dalam peran pengadaan sumber energi dan juga digunakan untuk melakukan proses produksi industri kimia.

Selain itu manfaat lain dari minya bumi adalah dapat berperan sebagai :

  1. Pembangkit listrik tenaga uap
  2. Penggerak listrik tenaga surya
  3. Sumber produksi polimer
  4. Sumber bahan bakar

 

Fraksi-Fraksi Minyak Bumi

Seperti yang sudah disinggung di atas, jika minyak bumi adalah komoditas tambang yang mampu digunakan sebagai bahan utama pembuatan berbagai macam kebutuhan. Hasil olahan dari minyak bumi ini disebut dengan fraksi. Dan setiap fraksi memiliki manfaat dan nilai yang sangat tinggi.

Baca Juga :  Makan Adalah - Pengertian, Fungsi, Jenis Jenisnya

Untuk mendapatkan hasil olahan minyak bumi ini sendiri harus dilakukan proses penyulingan terlebih dahulu atau yang biasa disebut juga dengan proses destilasi bertingkat yang mana artinya proses tersebut akan memisahkan fraksi-fraksi minyak bumi ke dalam beberapa bagian. Pemisahan ini dilakukan dengan membedakan titik didihnya.

Berikut ini adalah fraksi – fraksi yang ada pada minyak bumi yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita :

  1. Gas
  2. Petrolium Eter
  3. Ligronin dan Nafta
  4. Bensin atau Gasoline
  5. Kerosin atau Mminyak Tanah
  6. Solar
  7. Oli
  8. Residu

 

Komposisi Minyak Bumi

Hidrokarbon merupakan komposisi utama dari minyak bumi. Selain hidrokarbon terdapat pula beberapa senyawa yang berperan sebagai penyusun komposisi dari minyak bumi. Selain itu secara umum minya bumi sebenarnya memiliki kandungan seperti oksigen, nitrogen, logam hingga belerang.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai komposisi yang ada pada minyak bumi yang belum banyak orang tahu.

1. Senyawa N-alkana

Yang pertama adalah senyawa alkana yang menjadi komponen utama pada minyak bumi. Di suhu kamar, etana dan juga metana yang berupa sebuah gas adalah sebuah komponen utama dari LNG sedangkan butane dan propane adalah komponen utama pembentuk LPG cair.

2. Senyawa Sikloalkana

berikutnya adalah senyawa sikloalkanan yang adalah sebuah komponen paling besar kedua di dalam minyak bumi dan paling banyak ditemukan pada minyak bumi adalah siklopentana  dan sikloheksana.

3. Senyawa Isoalkana

Yang berikutnya adalah isoalkana, meskipun di dalam minyak bumi jumlahnya sangat sedikit.

4. Senyawa Aromatik

Berikutnya adalah senyawa aromatik, sama halnya dengan senyawa isoalkana, senyawa ini juga jumlahnya hanya sedikit khusunya pada titin didih rendah di dalam minyak bumi.

 

Sejarah Minyak Bumi

Baca Juga :  Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh, Faktor, dan Gambar

Jika dilihat dari sejarahnya, minyak bumi berasal dari bahasa latin dengan nama Petroleum. Nama ini sendiri terdiri dari dua kata berbeda yang jika dibagungkan berarti minyak yang asalnya dari timbunan terumbu karang. Karena petrus adalah karang dan oleum adalah minyak.

Hal ini sejalan dengan asal usum minyak yang berasal dari fosil yang sudah ada sejak jutaan tahun lalu. Maka tidak heran jika minyak bumi termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat dengan mudah untuk diperbarui apabila sudah habis.

Selain itu minyak bumi juga disebut dengan emas hitam. Julukan ini tidak berlebihan karena minyak bumi memiliki nilai yang sangat tinggi dan menjadi salah satu komoditi tambang yang harganya sangat mahal.

Maka dari itu minyak bumi dianggap sama berharganya dengan emas, karena warnanya yang hitam maka disebut dengan emas hitam.

Minyak bumi bisa ditemukan di kerak bumi atau lapisan atas kerak bumi. Karena sifatnya yang sangat mudah terbakar hal ini membuat minyak bumi menjadi salah satu sumber energi.

 

Sudah tahu kan, sejarah minyak bumi beserta dengan manfaat, fraksi dan komposisi yang ada di dalam minyak bumi.

Artikel Lainnya :

  1. Siklus Batuan – Penjelasan, Contoh, Lengkap Dengan Gambar
  2. Awan Cumulonimbus – Ciri-ciri, dan Dampak yang Terjadi
  3. Hujan Orografis – Proses, Dampak, Gambar
  4. Proses Terjadinya Gempa Bumi
  5. Penyebab Tanah Longsor – Ciri-ciri dan Cara Menanggulanginya