Membran Sel – Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Posted on

Membran Sel – Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Ekosistem.co.id – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai membran sel, mulai dari pengertian, jenis – jenis membrane sel hingga fungsinya lengkap bagi kamu semua. Sebagai permulaan, yuk mari simak pengertian membran sel di bawah ini.

Pengertian Membran Sel

Membran sel merupakan fitur universal yang dipunyai oleh semua jenis sel yang berupa lapisan antarmuka yang biasanya disebut dengan membran plasma yang memisahkan sel dengan lingkungan yang berada di luar sel, hal ini bertujuan untuk melindungi inti sel dan juga sistem kelangsungan hidup yang bekerja di dalam sitoplasma.

Jenis Jenis Sitoplasma

Berikut ini adalah jenis – jenis dari sitoplasma beserta dengan penjelasannya :

  1. Membran Sel

Membran sel merupakan membran biologis yang memisahkan organel dan juga sitoplasma di dalam sel dengan bagian luar sel atau ekstraseluler, membran sel merupakan membrane selektif permeabel dengan ion serta molekul organel, fungsi dari membrane sel ini sendiri adalah berguna untuk melindungi bagian di dalam sel dan juga mengatur zat yang akan keluar dan juga masuk pada sel. Membran sel ini tersusun dari dua lapis fosfolipid dan juga protein.

  1. Membran Inti

Membrane intri biasa juga disebut dengan nukleus dan merupakan dua lapis lapis membran yang mengelilingi inti sel yang berisikan materi genetik dan nukleus yang terdapat pada sel eukariotik dan di antara kedua lapisan itu dapat ditemukan ruang perinuklear dengan lebar sekitar 20 hingga 40 nm, selain itu pada membran ini ini sendiri terdapat banyak sekali lubang kecil yang biasa disebut dengan pori – pori inti sel yang memiliki fungsi sebagai tempat keluar masuknya materi genetik.

  1. Membran Mukosa
Baca Juga :  Ciri Ciri Khusus Hewan – Habitat, Fungsi, Disertai Gambar

Membran ini merupakan membran biologis yang terletak di rongga tubuh dan juga mengelilingi beberapa jenis dan juga organ tubuh dan membrane mukosa ini terdiri dari satu hingga beberapa lapis jaringan epitel di atas lapisan jaringan ikat longgar. Membran mukosa ada yang dapat mengeluarkan mukus yaitu cairan dengan lendir pelindung.

  1. Membran Serosa

Membrane serosa merupakan membrane halus yang terdiri dari dua lapis jaringan epitel yang bisa mengsekresikan cairan serosa dan membrane ini sendiri bisa ditemukan di usus, lambung, bagian pleura yang terdapat pada paru – paru, jantung dan organ lainnya.

  1. Membran Reverse Osmosis (RO)

Membran reverse osmosis atau RO ini juga biasa disebut dengan membran osmosis terbalik dan merupakan membran sintetis yang biasanya digunakan untuk mendesalinasi air dan juga mengolah air kotor, fungsi dari membran RO ini adalah untuk mengubah air asin dan menjadi air tawar atau mengubah air kotor menjadi air bersih, prisip kerjanya sendiri adalah dengan menggunakan membrane semi permeabel dan menggunakan tekanan yang melebhi tekanan osmotik.

  1. Membran Selulosa Asetat

Membran selulosa asetat ini merupakan membran yang dibuat dengan bahan baku selulosa asetat sehingga membran ini disebut dengan membran selulosa asetat. Selulosa asetat ini sendiri merupakan golongan ester selulosa yang telah dimodifikasi untuk kepentingan tertentu. Membran selulola asetat ini merupakan salah satu dari membran sintetis yang paling banyak dikembangkan dan juga bisa dimulai dan bisa diaplikasikan di dalam bidang famakologi, kedokteran, perlakukan limbah hingga di dalam bidang kromatografi.

Fungsi Membran Sel

Membran sel memiliki beberapa fungsi dan berikut ini adalah fungsi dari membran sel :

  1. Memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya berbagai macam reaksi kimia.
  2. Memiliki fungsi untuk melindungi bagian sel dan juga memberikan bentuk bagi sebuah sel.
  3. Memiliki fungsi sebagai reseptor yang ada pada rangsangannya yang ditujukan bagi sebuah sel.
  4. Membran sel berfungsi sebagao media komunikasi antara lingkungan did alam sel dengan lingkungan yang berada di luar sel.
  5. Membran sel memiliki kemampuan untuk melakukan seleksi terhadap berbagai zat yang masuk atau pun keluar dari sel.
Baca Juga :  Endoplasma - Jenis, Fungsi Beserta Gambar

Demikian pembahasan kali ini mengenai membran sel, mulai pengertian, jenis – jenis membran sel dan juga fungsinya. Semoga bermanfaat bagi kamu semua ya. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Fungsi Kloroplasma – Dilengkapi Struktur dan Gambar
  2. Anabolisme – Pengertian, Tahapan, Perbedaan Anabolisme Dan Katabolisme
  3. Mitokondria – Struktur, Karakter dan Fungsi
  4. Organel Sel Hewan – Bagian, Model, Beserta Gambar

 

Rate this post