Mata – Bagian – Bagianya, Beserta Fungsi Masing – Masing

Posted on

Mata Bagian Bagianya, Beserta Fungsi Masing Masing

Mata adalah salah satu bagian dari organ terpenting dalam tubuh manusia yang paling sering digunakan. Mata merupakan salah satu indera yang ada pada manusia yang berfungsi untuk melihat dan bereaksi pada cahaya.

Mata terletak di bawah alis yang  berfungsi untuk menjaga mata dari benda cair dan keringat dan terletak di belakang kelopak mata yang berfungsi untuk melindungi mata dari debu.

Mata juga memiliki bulu mata, selain agar terlihat cantik, bulu mata juga berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diterima oleh bola mata.

Mata juga memiliki bagian bagian tersendiri yang saling melindungi satu sama lain dan memiliki peran dan fungsi yang berbeda – beda.

Bagian – Bagian Mata Beserta Dengan Fungsinya

Seperti yang kita ketahui jika mata terdiri atas beberapa bagian, dan setiap bagian pada mata mempunyai fungsi tersendiri yang tentunya sangat penting untuk menunjang fungsi utama dari mata yakni sebagai indera penglihatan.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai bagian – bagian mata beserta dengan fungsi dan penjelasannya :

  1. Kornea

Bagian mata yang pertama dan merupakan bagian yang cukup penting bagi mata, yakni kornea. Bagian ini adalah sebuah kubah pelindung yang memiliki bentuk dan warna yang transparan. Letaknya berada di bagian depan bola mata.

Fungsi dari kornea adalah sebagai alat untuk memberikan fokus cahaya sebelum cahaya masuk dan diterima oleh lensa mata. Kornea menjadi bagian yang sangat sensitif dari mata dikarenakan tidak mempunyai pembuluh darah.

Baca Juga :  Fungsi Mitokondria – Pengertian dan Manfaatnya

Maka dari itu kornea sangat rentan dengan rasa sakit.

  1. Pupil

Pupil adalah bagian mata yang berwarna hitam dan letaknya berada di bola mata atau pada bagian tengah iris mata. Pupil mata ini memiliki tugas untuk menjadi tempat cahaya yang akan lewat melalui bola mata.

Bisa dibilang jika pupil mata yang menentukan seberapa banyak cahaya yang akan masuk ke mata.

  1. Iris

Iris adalah bagian berwarna yang ada di sekitar pupil, iris berperan memberikan warna pada mata atau bias juga di sebut “selaput pelangi”.

  1. Retina

Retina adalah bagian mata yang memiliki lapisan yang sangat tipis dan sangat peka terhadap cahaya. Letak retina sendiri berada pada dinding yang paling dalam di mata. Fungsi dari retina mata adalah untuk menangkap bayangan benda yang dilihat oleh mata.

  1. Macula

Macula adalah bagian kuning pada retina mata yang menjadi bagian khusus dari retina. Bagian ini berfungsi untuk membuat anda dapat melihat objek dengan baik.

  1. Sklera

Bagian mata yang selanjutnya disebut dengan sklera, bagian ini sendiri berada di mata dan memiliki warna putih. Fungsi dari bagian mata yang satu ini adalah sebagai pelindung jaringan mata dan yang lainnya. Karena sklera memiliki dinding yang keras.

Fungsi lain dari sklera adalah sebagai penggerak bola mata dan mempertahankan bentuk mata.

  1. Lensa Mata

Bagian ini adalah salah satu bagian mata yang sangat lunak dan memiliki sifat transparan. Terletak di belakang iris mata, lensa mata ini memiliki fungsi sebagai pengumpul dan memberikan fokus cahaya agar bayangan suatu benda bisa jatuh ke tempat yang lebih tepat. Lensa juga memiliki bentuk yang lonjong.

  1. Rongga Vitreous

Bagian yang berikutnya dari mata disebut dengan rongga vetrus yang bentuknya membentang mulai dari belakang lensa hingga menuju ke dinding yang ada di belakang bola mata.

  1. Saraf Optik

Sebagai bagian yang sangat penting, saraf optik ini membantu kita untuk mengetahui bentuk dari suatu benda yang dilihat oleh mata kita.

  1. Koroid

Bagian yang berikutnya disebut dengan koroid. Koroid ini memiliki warna coklat kehitam-hitaman. Fungsi dari koroid ini sendiri adalah sebagai penyuplai nutrisi serta oksigen untuk seluruh bagian – bagian mata.

  1. Titik Buta

Bagian yang terakhir disebut dengan titik buta. Bagian ini merupakan daerah visual otak yang tidak menerima informasi apapun dari mata. karena daerah ini memiliki hubungan yang erat dengan fungsi deteksi cahaya.

Baca Juga :  Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh

Fungsinya sendiri adalah untuk meneruskan lalu membelokkan berkas saraf menuju ke bagian otak. Hal ini lah yang membuat bagian ini disebut dengan titik buta.

Selain itu pada bagian titik buta ini tidak terdapat sel sel yang peka pada rangsangan cahaya. Maka artinya pada saat bayangan benda jatuh pada titik buta ini, maka titik ini tidak akan dapat melihatnya, maka dari itu bagian ini disebut dengan titik buta.

 

Mata yang  selama ini kita lihat ternyata tidak sesederhana kelihatannya ya? Setiap bagian bagian pada mata memiliki peran dan fungsi penting masing – masing yang di mana ketika salah satu dari bagian tersebut tidak berfungsi dengan baik maka indera penglihatan pun tidak akan bisa melihat dengan sempurna seperti seharunya.

Contoh ketika seseorang mengalami mata minus, itu artinya ada salah satu bagian dari bagian mata yang tidak berfungsi dengan baik, maka penglihatannya pun tidak sempurna seperti melihat benda itu menjadi buram atau tidak mampu membaca tulisan dari jarak jauh mau pun jarak yang dekat sekali pun.

Artikel Lainnya :

  1. Ekosistem Sawah – Penjelasan Berserta Rantai makannya
  2. Bioma Tundra – Pengertian, Ciri – Ciri, Proses, dan Iklim
  3. Proses Terjadinya Pelangi – Penjelasan Berserta Gambarnya
  4. Bentuk Muka Bumi – Penjelasan Terlengkapnya
  5. Ekosistem Sungai – Penjelasan, Ciri-ciri, Komponen, dan Manfaatnya