Manfaat Reboisasi – Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Posted on

Manfaat Reboisasi – Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Ekosistem.co.id – Manfaat Reboisasi bagi kelestarian lingkungan sangatlah penting bagi seluruh makhluk yang ada di permukaan bumi. Mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan.

Di tengah isu global warming yang mulai menghantui seluruh masyarakat di dunia, sepertinya pemahaman mengenai manfaat dari sebuah langkah perebosisasian harus mulai digalkkan dan ditanamankan pada semua orang terutama pada generasi muda.

Karena meski semua orang sudah mengetahui isu global warming namun masih banyak yang tidak terlalu peduli dengan kondisi dari bumi ini, bahkan masih banyak yang melakukan perbuatan yang dapat merusak bumi secara perlahan. Sebut saja seperti membuang sampah secara sembarangan, menggunakan energi secara berlebihan dan menebang hutan tanpa memikirkan dampaknya bagi lingkungan.

 

Pengertian Reboisasi

Reboisasi adalah salah satu kegiatan penghutanan mau pun penanaman kembali hutan mau pun lahan yang telah rusak dan gundul dan ditemukan bekas penebangan dan juga lahan lahan kosong yang ada di dalam hutan.

Reboisasi adalah proses penanaman kembali setelah pemanfaat hutan seperti penebangan hutan. Atau menanam hutan yang tandus dan hutan gundul. Reboisasi memiliki banyak sekali manfaat dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan makhluk hidup lain.

Karena langkah reboisasi juga mampu menyerap polusi dan debu yang berasal dari udara serta mengembangkan habitat dan ekosistem alam.

Reboisasi dilakukan untuk menanam kembali hutan, tidak hanya ketika setelah melakukan penebangan hutan untuk memanfaatkan kayu yang didapatkan dari pohon yang ditebang.

Namun juga digunakan untuk memperbaiki kondisi hutan gundul, hutan tandus atau pun lahan kosong.

Oleh sebab itu penebangan hutan atau pemanfaatan hutan harus dilakukan dengan mengikuti aturan yang ada.

Sehingga reboisasi memiliki kaitan erat dengan proses penghijauan agar menciptakan lingkungan yang lebih sejuk untuk ditinggali. Hutan yang hijau, asri dan alami dapat memberikan ketersediaan air yang melimpah dan sumber daya alam yang juga melimpah karena tingkat kesuburan tinggi yang dimiliki.

Baca Juga :  Sinapsis – Fungsi, Proses, dan Jenis

Reboisasi juga dapat menurunkan pemanasan global yang sangat berbahaya bagi lingkungan tinggal kita.

 

Manfaat Reboisasi

Reboisasi ini tentu saja memiliki manfaat yakni untuk mencegah terjadinya sebuah erosi tanah yang disebabkan oleh angin dan air hujan yang turun secara berturut turut. Reboisasi juga dapat melestarikan kesuburan suatu tanah yang bisa dijadikan sebagai sebuah lahan pertanian dan menjaga struktur tanah agar tidak mengalami kerusakan secara terus menerus.

Manfaat dari reboisasi juga untuk melestarikan berbagai macam flora dan fauna agar tetap terjaga, karena dengan adanya reboisasi maka akan terus dapat menjaga udara agar tetap segar, bersih dan sehat bagi semua makhluk yang hidup di permukaan bumi, karena semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan hidup.

Reboisasi juga bisa menjadikan tanah agar tetap kokoh sehingga mampu mengurangi resiko bencana tanah longsor dan juga mengurangi serta mencegah efek dari sebuah pencemaran udara dan dampak dari global warming.

Maka dengan adanya kegiatan pereboisasian hutan akan mampu menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang telah ada di area hutan tersebut dan bisa digunakan sebagai peningkat produksinya.

 

Tujuan Reboisasi

Reboisasi juga biasa disebut dengan rehabilitasi sebuah hutan lindung yang tentu saja memiliki tujuan yakni untuk menumbuhkan kembali pohon pohon yang ada di kawasan hutan lindung.

Reboisasi pada hutan lindung ini dilakukan pada hutan yang mengalami kerusakan parah dan berada pada suatu wilayah atau daerah aliran sungai yang dilakukan dengan bekerja secara bersama–sama untuk memperbaiki kondisi hutan tersebut. Butuh kesadaran dari banyak pihak agar langkah ini bisa dilakukan bersama.

Kegiatan utama dari gerakan reboisasi adalah penanaman kembali pada kawasan hutan lindung dengan tumbuhan hutan dan tanaman kehidupan yang mempunyai manfaat bagi banyak orang.

Baca Juga :  Ikan – Jenis, Ciri-Ciri Beserta Gambarnya Terlengkap

Penanaman ini sendiri dilakukan dengan tujuan agar dapat menambah tingkat penutupan pada sebuah lahan yang sangat optimal sekaligus memberikan manfaat untuk semua masyarakat di sekitarnya.

Sehingga bisa menciptakan sebuah keharmonisan, fungsi utama dari hutan dan juga  pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Tujuan utama dari reboisasi adalah untuk menumbuhkan hutan yang gundul dan juga untuk memulihkan manfaat lingkungan sebagai kegiatan ekonomi yang diberikan namun kegiatan dari sebuah reboisasi ini juga bisa menghasilkan banyak sekali manfaat sosial.

Mulai dari bibit yang tumbuh untuk penanaman dan juga proses budidaya yang dilakukan ini tidak hanya dapat meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitarnya saja namun juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi seluruh kehidupan yang ada di dunia.

Dengan cara membudidayakan lingkungan dengan baik maka bumi ini akan terjaga karena bumi merupakan tempat tinggal satu satunya yang dimiliki oleh makhluk hidup hingga saat ini.

 

Fungsi Reboisasi

Memang ada banyak sekali fungsi reboisasi dan bisa dirasakan oleh semua orang di dunia ini bukan hanya masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut dan berikut ini adalah fungsi beserta dengan penjelasannya :

1.) Sebagai Penghasil Kayu Bangunan

Hutan dihuni oleh berbagai macam tumbuhan dari jenis pohon yang bisa menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik dan ukuran besar yang dapat dimanfaatkan untuk bahan material bangunan yang lebih ramah lingkungan dibanding dengan bangunan beton.

2.) Sebagai pelestarian Sumber Daya Alam (SDA)

Unsur tata lingkungan biosifik yang dilakukan secara nyata dapat mempunyai dan memberikan potensi dalam pemenuhan kebutuhan manusia. tujuannya tentu untuk mempertahankan kelangsungan hidup seluruh makhluk di muka bumi.

Sehingga perbuatan eksploitasi pun harus diikuti dengan cara mengikuti aturan dalam pemanfaatannya sehingga pelestarian sumber daya alam dapat terus berjalan.

Baca Juga :  Coelenterata - Pengertian, Striktur Tubuh, Reproduksi, Manfaat, Gambarnya

3.) Berfungsi sebagai Cadangan Karbon

Fungsi berikutnya yang tak kalah penting adalah sebuah hutan dapat digunakan sebagai tempat cadangan sebuah karbon yang disimpan di dalam sebuah bentuk Biomassa Vegetasinya.

4.) Berfungsi sebagai Habitat Bagi Flora dan Fauna

Hasil dari pereboisasian hutan juga memiliki fungsi sebagai tempat tinggal dari berbagai macam flora dan fauna agar mereka dapat terus hidup dan terjaga kelestarian, sehingga tidak mudah punah.

5.) Pencegahan Bencana Alam

Reboisasi yang dilakukan oleh kita dapat meningkatkan pelestarian alam agar lingkungan tidak terganggu dan tetap seimbang. Sehingga hal ini bisa mencegah adanya bencana alam yang mungkin saja bisa terjadi, sebut saja seperti banjir bandang, tanah longsor dan kebakaran hutan.

 

Jadi sudah tahu kan, apa saja manfaat reboisasi termasuk pengertian, tujuan dan fungsinya. Jangan lupa untuk mampir lagi pada pembahasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Daur hidup Nyamuk Terlengkap, Cara Berkembang, Wabah penyakit, dan Gambarnya
  2. Bunga – Fungsi Tangkai Bunga, dan Fungsi Benang Sari, dan 10 Fungsi lainnya Dilengkapi Gambar
  3. Spermatogenesis dan Oogenesis
  4. Proses Spermatogenesis
  5. Jumlah Kromosom Manusia