Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia dan Penjelasannya

Posted on

Manfaat Glukosa

Ekosistem.co.id –Tanpa sahabat biologi ketahui, manfaat glukosa bagi tubuh sebenarnya amat sangat penting loh. Glukosa memang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, karena glukosa merupakan elemen monosakarida yang wajib dimiliki oleh setiap manusia atau pun mammalian yang lain yang ada di bumi ini.

Lalu kira – kira apa ya, manfaat glukosa dan apa pentingnya glukosa bagi tubuh manusia? Maka dari itu kita akan menjelaskannya secara ringan dan detail di bawah ini. Yuk, disimak!

Glukosa sendiri memamng sangat dibutuhkan oleh manusia karena bisa dijadikan sebagai sumber intermediet metabolisme serta memiliki peran sebagai sumber energi yang terdapat di dalam tubuh kita loh.

Dikarenakan adanya proses fotosintesis yang terjadi di dalam tubuh maka terciptalah glukosa yang merupakan alasan mengapa bahan bakar respirasi seluler menggunakan glukosa.

 

Pengertian Glukosa

 

 

Apa itu glukosa? Pasti sudah penasaran kan, ingin mengetahui apa itu glukosa, glukosa sendiri merupakan sebuah zat di dalam darah yang diperoleh dari kandungan karbohidrat yang diperoleh atau didapatkan di dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh kita sehari – hari.

Glukosa yang juga biasa disebut dengan kadar gula ini pada saat telah diolah dan disimpan di dalam tubuh akan dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi manusia yang disebut dengan istilah glikogen.

Glikogen sendiri terletak pada oto di dalam rangka tubuh manusia dan juga terdapat di dalam organ hari manusia, glikogen sendiri diolah di dalam tubuh yaitu di dalam pankreas, dari pengolahan ini sendiri akan menghasilkan hormone samastotasin, glukogan, serta insulin.

Baca Juga :  Struktur Daun – Fungsi, dan Dilengkapi Gambarnya

Nah, ketiga hormon ini lah yang memiliki pengaruh tinggi terhadap kadar gula di dalam tubuh manusia.

Maka dari itu glukosa bisa dibilang sangat penting dan memiliki peranan serta fungsi di dalam tubuh kita secara keseluruhan. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat glukosa bagi tubuh manusia, alangkah lebih baik kita bahas terlebih dahulu mengenai asal usul glukosa. Dari mana saja sumber glukosa tersebut? Mau tahu? Simak di bawah ini ya!

 

Dari Mana Saja Sumber Glukosa Berasal?

Glukosa sendiri bisa didapatkan dari beberapa sumber makanan yang biasa kita konsumsi sehari – hari. Berikut ini adalah sumber utama dari glukosa, mungkin saja salah satunya adalah makanan kesukaan anda :

1.) Yogurt

2.) Susu

3.) Minuman kemasan dan jus buah

4.) Saus salah atau salad dressing

5.) Saus barbeque

6.) Apel merah

7.) Tepung roti

8.) Makanan olahan

9.) Permen dan kue

10.) Makanan manis serta minuman manis

 

Nah, itulah kira – kira sebagian kecil makanan yang merupakan sumber glukosa, glukosa sendiri memang bisa didapatkan dari makanan makanan manis yang enak dan menjadi favorit banyak orang untuk dikonsumsi.

 

Selain enak, ternyata makanan tersebut mengandung glukosa yang tinggi dan glukosa pun diketahui juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Lalu apa saja manfaat glukosa ya?

 

Manfaat Glukosa di Dalam Tubuh Manusia

1.) Sebagai Sumber Tenaga

Tak hanya karbohidrat dan lemak saja yang memiliki peran sebagai penyedia sumber tenaga tenyata glukosa juga memiliki manfaat yang sama di dalam tubuh loh. Karena glukosa memiliki peran sebagai zat yang menyediakan tenaga atau energi ke tubuh anda.

Baca Juga :  Kifosis - Pembahsan Lengkap Beserta Gambarnya

2.) Menudukung Proses Metabolisme di Dalam Tubuh

Untuk melakukan proses metabolisme pada supaya tetap lancar dan sempurna, maka glukosa sangat dibutuhkan bahkan memegang peran penting di dalam proses ini untuk membuat metabolisme di dalam tubuh manusia berjalan dengan lancar.

3.) Sebagai Bahan Bakar Otak

Perkembangan sel darah merah atau neuron yang berada di dalam otak juga sangat membutuhkan glukosa yang berguna sebagai bahan bakar serta memiliki peran guna mengatur suhu di dalam tubuh manusia.

 

Proses Metabolisme Glukosa dalam Tubuh Manusia

Peran metabolisme glukosa memang cukup kompleks dan rumit sebab harus melalui beberapa jalur reaksi biokimia pada saat tubuh melakukan proses metabolisme. Yang pertama adalah glikolisis, lanjut berlanjut ke oksidasi piruvat, hingga akhirnya ke siklus asam sitrat.

Ketika makanan atau karbohidrat masuk ke dalam tubuh, maka enzim akan memecahnya dalam proses pencernaan untuk diubah ke dalam bentuk lebih sederhana. Yakni bentuk glukosa.

Lalu glukosa sederhana ini akan terserap masuk ke darah, proses ini disebut dengan gula darah.

Gula kemudian dikirim ke seluruh tubuh, utamanya ke otak, lalu ke hati, otot, sel darah merah, jaringan lemak, ginjal dan seluruh jaringan tubuh. Biasanya sebagian besar glukosa yang berhasil masuk ke dalam organ hari mau pun otot akan berubah menjadi glikogen lewat proses bernama glikogenesis.

Glikogen sendiri merupakan sebuah cadangan energi yang dapat sahabat manfaatkan pada saat tubuh tidak menerima asupan makanan.

 

Nah, terbukti kan jika glukosa pun memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan tidak bisa diragukan lagi jika manusia membutuhkan glukosa. Akan tetapi meski glukosa memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia bukan berarti kita boleh mengkonsumsi glukosa dalam jumlah yang berlebihan. Harus ada keseimbangan agar glukosa bisa memberikan manfaatnya bagi tubuh kita.

Baca Juga :  Organ Pernapasan Manusia – Pengertian, Fungsi Organ Penyusun, Gambar

Demikian pembahasan kali ini mengenai manfaat glukosa bagi tubuh manusia, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

 

Artikel Lainnya :