Manfaat Energi Matahari – Bagi Hewan, Tumbuhan Dan Manusia

Posted on

Matahari merupakan pusat tata surya yang berupa bola gas yang mendatangkan panas dan terang pada bumi. Matahari merupakan sumber energi terbesar dan alami yang tak terbatas dibumi ini. Oleh karena itu matahari dikatakan sebagai sumber energi yang dapat diperbaharui. Mungkin anda bertanya tanya apa saja sih manfaat matahari bagi manusia, bagi hewan dan bagi tumbuhan ? ada banyak sekali berikut kita bahas secara jelas dan mudah dipahami dibawah ini

Manfaat Energi Matahari

Matahari sendiri memiliki energi yang sangat tak terbatas dan energi ini sangat dibutuhkan bagi semua makhluk hidup yang ada di bumi, penasaran apa saja manfaat dari energi matahari? Berikut adalah penjelasannya.

1. Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

Manusia sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi memang sangat bergantung pada energi matahari untuk memenuhi semua kebutuhannya. Berikut ini adalah manfaat energi matahari bagi manusia :

a. Energi Matahari Sebagai Pembangkit Tenaga Listrik

Tahukah anda bahwa matahari bisa dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik, mungkin sudah ada yang tau diera moderen saat ini sebagian  penemuan sudah banyak dikembangkan didalam bidang ilmu teknologi, dianataranya proses perubahan energi matahari menjadi ebergi listrik untuk memenuhi kebutuhan sekunder seperti menerangi rumah dengan cahaya lampu, menonton televisi, dan mempermudahan pekerjaan lainnya.

b. Energi Matahari Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat yang paling utama dari energi matahari bagi manusia adalah untuk menjaga kesehatan tulang, karena berjemur dibawah sinar matahari dapat menyehatkan tulang manusia karena energi matahari dapat menghasilkan vitamin D dengan merubah propitamin D dalam tubuh. Sehingga jangan heran jika banyak orang tua yang menyarankan anaknya untuk berjemur atau beraktifitas di luar ruangan pada pagi hari

Baca Juga :  Bioma Tundra – Pengertian, Ciri - Ciri, Proses, dan Iklim

c. Sebagai Energi Tanpa Batas

Matahari merupakan sumber energi yang tidak memiliki batas dengan kata lain sumber energi matahari tak akan pernah habis meski digunakan secara terus menerus. Berbeda dengan sumber energi fosil yang dihasilkan oleh hewan mau pun  tumbuhan yang memiliki sifat terbatas sehingga suatu saat nanti bisa habis jika digunakan secara terus menerus tanpa batas.

d. Energi Matahari Untuk Proses Pengeringan

Coba bayangkan jika matahari tidak menyinari bumi sebentar saja maka yang terjadi adalah manusia tidak bisa mencuci pakaian mereka dan menjemurnya di bawah sinar matahari, selain itu ada banyak sekali industri yang bergantung pada sinar matahari seperti pembuatan ikan asin, garam dan kerupuk yang membutuhkan sinar matahari sebagai proses pengeringan.

e. Energi Matahari Sebagai Penghilang Rasa Sakit Pasca Oprasi

Sebuah penelitian mengungkapkan jika energi matahari bisa digunakan untuk membantu proses pemulihan seseorang setelah operasi dan hasilnya rasa sakit akan berangsur – angsur membaik dan hilang pada pasien yang secara rutin berjemur di bawah sinar matahari.

f. Energi Matahari Bermanfaat Untuk Kekebalan Tubuh

Saat ini seluruh dunia sedang diserang oleh wabah virus yang mematikan, virus ini bernama covid 19, virus ini menyerang manusia yang tingkat kekebalan tubuhnya tidak setabil, nah beberapa penemuan para ahli kesehatan mengatakan bahwa berjemur dibawah trik matahari pagi sejak jam 10.00 sampai 11.00 Wib ( Sesuaikan waktu diwilayah masing-masing ) dapat memberi asupan imun dan membuat daya tahan tubuh kita sempurna.

2. Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan

Bukan hanya manusia saja, hewan juga membutuhkan energi matahari untuk mendukung keberlangsungan hidupnya. Berikut ini adalah manfaat dari energi matahari untuk hewan:

Baca Juga :  Kantung Empedu – Fungsi Beserta Gambar

a. Untuk Menghangatkan Tubuh

Beberapa hewan yang dikenal sebagai hewan dikenal sangat membutuhkan energi matahari untuk menghangatkan tubuhnya agar dapat teruse bertahan hidup seperti ular, kadal, burung dan masih banyak lagi hewan lainnya yang memanfaatkan energi matahari untuk bertahan hidup.

b. Untuk Mencerna Makanan

Ada beberapa hewan yang memiliki pencernaan buruk sehingga beberapa hewan membutuhkan energi sinar matahari untuk membantu mereka mencerna makanan yang ada di dalam tubuhnya dengan cara berjemur agar makanannya bisa dicerna dengan cepat.

c. Menguatkan Tulang

Bukan hanya manusia yang membutuhkan tulang kuat, hewan pun juga butuh tulang kuat agar bisa bertahan hidup karena tanpa adanya tulang yang kuat hewan akan sakit dan sulit untuk bertahan dan mencari makan.

2. Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

Tumbuhan juga bergantung pada energi matahari untuk keberlangsungan hidupnya dan berikut ini adalah manfaat energi matahari bagi tumbuhan:

a. Energi Matahari untuk Fotosintesis

Energi matahari sangat penting bagi tumbuhan untuk membantu proses fotosintesis, didlaam prosesnya sinar matahari yang diserap melalui klorofil untuk menghasilkan karbohidrat yang akan menjadi sumber makanan bagi tumbuhan berdaun hijau, salah satunya adalah bayam dan kangkung.secara bahasa fotosintesis merupakan sebuah proses biokimia untuk menghasilkan zat makanan bagi tumbuhan berupa  karbohidrat

b. Energi Matahari untuk Mengeringkan Tanah

tidak semua tumbuhan bisa hidup dibawah tanah yang basah dan lembab. Ada beberapa tumbuhan yang tumbuh dan memanfaatkan tanah kering untuk berkembang biak seperti bunga matahari yang membutuhkan tanah kering untuk menebar benihnya, maka cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk mengeringkan tanah.

c. Energi Matahari untuk Pertumbuhan Kecambah

Ciri ciri kecambah yang bagus ialah memiliki daun hijau yang tebal, tubuh pendek dan gemuk semua itu dapat terjadi dengan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Karena jika kurang terkena sinar matahari maka kecambah akan menjadi kecil, berdaun tipis dan kekuning – kuningan.

Baca Juga :  Laring – Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya Terlengkap

d. Sinar Matahari dapat Menghangatkan Biji

Sinar matahari dapat menghangatkan biji pada tumbuhan dan menjaga temperatur tumbuhan agar stabil dan seimbang

e. Sinar Matahari dapat Mengaktifkan Klorofil

Sinar matahari dapat mengaktifkan klorofil yang terkandung pada tanaman dan memberi warna hijau pada tumbuhan

Manfaat Energi Matahari Bagi Alam

  • Matahari bermanfaat sebagai pengatur tata surya
  • Matahari dapat membantu siklus hidup makhluk hidup, diaman tumbuhan bisa melakukan fotosintesis yang akibatnya tumbuhan dapat mengeluarkan gas oksigen yang penting bagi kehidupan manusia, tumbuhan itu sendiri dan hewan
  • Matahari dapat membantu terjadinya siklus air karena matahari membantu proses penguapan air laut hingga bisa terjadi hujan

Demkian pembahasan kali ini mengenai manfaat energi matahari bagi manusia, hewan mau pun tumbuhan yang hidup di planet bumi. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

  1. Sintesis protein – Diagram,Skema,dan Tujuannya
  2. Daur Air – Proses, Gambar, Urutan, dan Tahap Tahapnya
  3. Hewan omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar