Makan Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis Jenisnya

Posted on

Makan Adalah – Pengertian, Fungsi, Jenis Jenisnya

Makan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia. Kegiatan ini sendiri sangat bermanfaat bagi kehidupan setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi. Mulai dari manusia, hewan hingga tumbuhan membutuhkan proses makan untuk mendukung kehidupannya.

Terutama manusia yang tidak bisa hidup tanpa makanan. Bagi manusia makanan merupakan bahan yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang bisa dimakan untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi.

Pengertian Makan

Makan merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara memasukkan makanan atau sesuatu yang dapat dimakan untuk masuk ke dalam mulut. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan nutrisi yang baik bagi manusia dan makhluk hidup di bumi seperti hewan dan tumbuhan agar bisa bertahan hidup dan memiliki energi untuk bergerak dan melakukan segala aktifitasnya.

Manusia sendiri bisa mendapatkan makanan dari unsur hewani dan unsur nabati yang diolah sedemikian rupa untuk dapat dikonsumsi.

Fungsi Makanan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa semua makhluk hidup di bumi membutuhkan makanan begitu pula dengan manusia karena jika tidak makan, manusia atau makhluk lain di bumi akan merasakan lapar, lemas hingga menjadi salah satu penyebab kematian.

Sementara manusia sendiri memiliki jutaan sel di dalam tubuhnya yang memiliki fungsi masing – masing, keberadaan sel ini harus dijaga agar dapat berfungsi dengan baik dengan cara memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan.

Sama halnya dengan udara makanan juga sangat dibutuhkan oleh manusia dan jika kekurangan makanan maka manusia dapat menjadi lemas hingga menyebabkan kematian. Manusia sendiri bisa makan hingga 1.400 kali lipat dari berat badan tubuhnya semasa hidupnya loh. Ini lah yang menjadikan proses makan sebagai salah satu proses yang tidak boleh dilewatkan oleh manusia.

Baca Juga :  Tulang Manusia - Jumlah, Struktur, Nama-nama Beserta Gambar

Berikut ini adalah fungsi utama dari proses makan bagi manusia :

1.) Menyediakan Energi atau Bahan Bakar Bagi Tubuh

Makanan mengandung zat zat yang didapatkan dari proses pencernaan yang mampu menghasilkan energi atau bahan bakar. Hal ini sangat berguna bagi manusia dalam melalukan aktivitasnya. Sebab tanpa adanya energi manusia akan merasa lemas dan tidak bisa melakukan kegiatan yang biasa dilakukannya, seperti berjalan, bekerja, berolahraga, belajar dan lainnya.

2.) Sebagai Pertumbuhan dan Pembangunan Tubuh

Manusia akan mengalami pertumbuhan dan terus mengalami pembangunan tubuh semenjak dilahirkan dan berlangsung selama manusia hidup. Untuk terus melakukan proses ini dibutuhkan bahan bahan yang berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

3.) Memelihara Jaringan dan Memperbaiki Jaringan pada Tubuh

Makanan yang kita makan memiliki peran yang sangat penting dalam pemeliharaan dan memperbaiki jutaan jaringan atau sel yang ada di dalam tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi akan memperbaiki sel atau jaringan yang rusak atau meregenerasinya agar tetap dapat melakukan fungsinya dengan baik.

4.) Mengatur Proses Proses yang Ada di Dalam Tubuh

Seperti yang kamu tahu, manusia memiliki banyak sekali proses yang dapat terjadi di dalam tubuhnya, makanan sangat berperan penting dalam mengatur metabolisme dan juga mengatur berbagai keseimbangan cairan tubuh lewat unsur yang terkandung di dalamnya.

5.) Sebagai Antibodi

Di dalam setiap makanan mengandung vitamin yang bisa berperan sebagai antibodi sehingga mampu memberikan fungsi sebagai kekebalan tubuh dan pertahanan tubuh. Maka apabila manusia kekurangan antibodi di dalam tubuhnya maka bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan mau pun penyakit berbahaya.

Jenis Makanan

Makanan terdiri dari beberapa jenis yang dibedakan menurut sumbernya dan cara pengolahannya.

Baca Juga :  Jenis Jamur – Penjelasan Terlengkapnya

A.) Berdasarkan Sumber Makanan

Jika berdasarkan pada sumber makanan. Makanan sendiri digolongkan ke dalam dua jenis makanan loh. Ini lah penjelasannya :

1.) Makanan Fungsional Nabati

Sesuai dengan namanya, makanan fungsional nabati merupakan makanan yang sumber utamanya berasal dari bahan – bahan alami tumbuhan. Seperti beras, buah – buahan, sayur mayur hingga kacang – kacangan.

Jenis makanan ini memiliki kandungan protein dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

2.) Makanan Fungsional Hewani

Jika berdasarkan dengan namanya, makanan ini berasal dari hewan atau unsur hewani sebagai bahan dasarnya. Sebut saja seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, telur, susu, hingga ikan.

Dan berbagai macam makanan olahan yang berasal dari unsur hewani seperti susu dan mentega.

B.) Berdasarkan Cara Pengolahannya

Sedangkan jika dilihat dari cara pengolahannya. Makanan sendiri dibagi ke dalam beberapa jenis. Ini lah penjelasan lengkapnya :

1.) Makanan Fungsional Alami

Yang pertama adalah makanan fungsional alami yang bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Karena makanan jenis ini tersebar banyak di alam. Dan manusia hanya tinggal mengambilnya untuk langsung dikonsumsi. Ya, makanan fungsional alami adalah jenis makanan yang tidak membutuhkan pengolahan lebih lanjut untuk dapat dikonsumsi.

Yang termasuk dalam makanan fungsional alami adalah buah-buahan dan juga sayuran.

2.) Makanan Fungsional Tradisional

Jenis yang kedua adalah makanan fungsional tradisional yang mana makanan ini hanya diolah dengan cara sederhana atau secara tradisional yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Seperti cara membuat keju, membuat susu, membuat tempe hingga membuat teh dan yoghurt.

3.) Makanan Fungsional Modern

Jenis makanan ini mengalami pengolahan secara modern dengan teknologi yang tinggi dan sengaja dibuat dengan menggunakan resep terbaru. Misalnya seperti makanan yang dibuat khusus untuk lansia dan orang yang menderita diabetes.

Baca Juga :  Retikulum Endoplasma – Fungsi dan Gambarnya

 

Nah, sekarang sudah tahu kan jika makan adalah salah satu proses yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kamu semua ya!

Artikel Lainnya :