Limpa Adalah – Pengertian, Fungsi Beserta Penyakit Limpa

Posted on

Limpa Adalah – Pengertian,  Fungsi Beserta Penyakit Limpa

Ekosistem.co.id – Limpa adalah nama lain dari spleen yang merupakan salah satu organ yang dimiliki oleh manusia. Selama ini limpa masih belum diketahui manfaat bahkan masih banyak yang belum mengetahui mengenai organ yang satu ini, karena organ ini tak sepopuler organ tubuh lainnya seperti jantung, hati atau pun ginjal. Maka dari itu kali ini kita akan membahas mengenai limpa mulai dari pengertian, fungsi hingga penyakit yang bisa terjadi pada organ limpa.

Pengertian Limpa

Limpa dapat juga disebut dengan lien atau spleen yang merupakan salah satu organ jaringan limfatik dengan massa lunak yang telaknya berada di bagian kiri atas rongga abdomen atau rongga perut dan berada di antara diafragma dan gester atau lambung.

Limpa sendiri merupakan kelenjar tanpa saluran ductless yang memiliki fungsi untuk memecah dan juga untuk mengurai sel darah merah atau filter merah dan juga memiliki peran di dalam sistem imun manusia.

Limfa termasuk ke dalam salah satu organ sistem limfoid selain organ lain seperti timus, tonsil dan juga kelenjar limfe. Sistem limfoid sendiri memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh dari kerusakan yang diakibatkan zat asing.

Sel sel yang ada pada sistem ini dikenal juga sebagai sel imunokompeten yaitu sel yang bisa membedakan sel tubuh dengan zat asing serta melakukan perusakan benda – benda asing. sel imunokompeten sendiri terdiri dari :

  • Sel utama bergerak, yakni sel limfosit dan makrofaga
  • Sel utama menetap, yakni retikuloendotel dan sel plasma
Baca Juga :  Pembelahan Mitosis Dan Meiosis

Limpa sendiri memiliki warna kemerahan dan merupakan sebuah massa limfoid terbesar di dalam tubuh, limpa memiliki bentuk lonjong dan memiliki ukuran sebesar kepalan tangan manusia dan memiliki banyak fungsi bagi tubuh akan tetapi limpa tidak termasuk ke dalam organ tubuh vital yang tidak begitu penting bagi kehidupan manusia, karena manusia masih bisa bertahan hidup tanpa adanya limpa di dalam tubuhnya.

Fungsi Limpa

Limpa bisa diingat dengan menggunakan rumus  “1x3x5x7x9x11”, yaitu memiliki ukuran 1 x 3 x 5 inci (1 inci= 2,54 cm), dan memiliki berat sekitar 7 oz (200 gram), serta terletak di antara sela iga kiri ke 9 dan 11.

Meski letaknya di rongga perut limpa tidak memiliki peran di dalam sistem pencernaan makanan, fungsi limpa sendiri adalah untuk menjalankan fungsi peredaran darah dan juga sistem pertahanan pada tubuh.

Nah, berikut ini adalah fungsi limpa selengkapnya :

  1. Limpa berperan sebagai tempat cadangan darah karena bisa membendung darah sehingg pada saat tubuh mengalami pendarahan berat limpa akan menyuplai darah pada tubuh manusia.
  2. Limpa memiliki fungsi untuk menghancurkan sel darah merah yang telah tua.
  3. Limpa memiliki fungsi untuk mengatur siklus zat besi yang merupakan komponen sel darah merah.
  4. Limpa berperan sebagai tempat penyimpanan sel monosit yakni suatu komponen sel darah putih yang memiliki fungsi penting di dalam melawan kuman, bakteri serta zat asing yang masuk ke dalam tubuh.

Meki limpa dianggap sebagai bukan organ vital manusia dan proses pengangkatan limpa bisa dilakukan sehingga manusia bisa tetap hidup tanpa adanya organ limpa, akan tetapi banyak peneliti yang mengamati dampak hilangnya fungsi limpa pada manusia. Nah, berikut ini adalah dampaknya :

  1. Terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dan keeping sel darah yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi darah limpa.
  2. Terjadi peningkatan kerentanan terhadap infeksi pada tubuh manusia.
  3. Tubuh tidak lagi bisa merespon beberapa jenis vaksin.
Baca Juga :  Fungi - Pengertian, Struktur Dan Klasifikasinya

Penyakit

Seperti organ lain yang ada di dalam tubuh, limpa juga bisa mengalami kelainan atau terjangkit suatu penyakit. Dan penyakit yang bisa terjadi pada limpa adalah Splenomegali merupakan kondisi kelainan yang terjadi pada limpa yang paling sering ditemui, yakni sebuah kondisi dimana limpa memiliki ukuran yang lebih besar dibanding ukuran normalnya sehingga dapat diraba dari permukaan perut, penyakit ini bisa mengakibatkan pembesaran limpa, sumbatan saluran empedu, kanker perut, tumor dan masih banyak yang lainnya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai organ limpa, mudah – mudahan dari pembahasan ini bisa memberikan anda pengetahuan yang bermanfaat ya.

Artikel Lainnya :

  1. Hewan Paling Beracun Sedunia – Gambar Beserta Penjelasannya
  2. Hewan Langka – Yang dilindungi di Indonesia dan Yang hampir punah, Beserta gambarnya
  3. Hewan Dengan Usia Hidup Terpendek di Dunia
Limpa Adalah – Pengertian, Fungsi Beserta Penyakit Limpa
5 (100%) 1 vote[s]