Lidah – Bagiannya Beserta Fungsi Masing-masing

Posted on

Lidah – Bagiannya Beserta Fungsi Masing-masing

Lidah – Bagiannya Beserta Fungsi Masing-masing – Banyak orang yang tidak tahu apa itu bagian-bagian dari lidah dan apa fungsinya. Padahal lidah itu sendiri termasuk ke dalam salah satu pancaindera dari manusia.

Sebagai organ yang sangat penting karena lidah juga termasuk ke dalam lima panca indera. Lidah sendiri disebut juga dengan indera pengecap. Fungsi lidah sangatlah penting bagi manusia. Karena dengan bantuan fungsi lidah ini, manusia bisa merasakan banyak rasa mulai dari rasa manis, asin, asam hingga rasa pahit.

Lidah juga memiliki fungsi tersendiri sebagai pembersih gigi dan mulut secara alami. Tidak hanya sampai di situ, dengan lidah kita bisa mengucapkan vokal dengan baik. Tanpa lidah, manusia akan kesulitan untuk berbicara.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas bagian lidah beserta fungsinya masing-masing. Karena meski menjadi salah satu bagian panca indera dan memiliki fungsi yang penting, masih banyak orang yang tidak tahu apa saja pentingnya lidah dan bagaimana cara menjaga lidah agar tetap sehat.

Lidah Adalah

Lidah terdiri dari sekelompok otot rangka yang berada di dasar mulut. Lidah sendiri tertutupi oleh selaput lendir yang memiliki bentuk kasar. Tekstur yang kasar dari permukaan lidah ini berupa tonjolan tonjolan kecil yang dinamakan dengan papilla.

Papilla adalah bintil-bintil yang merupakan sekumpulan ujung sarah yang berada di permukaan lidah. Ujung-ujung reseptor lidah ini terhubung dengan saraf otak, sehingga pada saat Anda mendeteksi zat kimia dari makanan atau minuman, lidah akan merasakan rasa manis, pahit, asam, dan asin.

Baca Juga :  Fungsi Bagian Ekor Dari Sperma Manusia

Bagian Bagian Lidah Beserta Fungsinya

Seperti halnya organ tubuh yang lain, lidah juga memiliki bagian-bagian penyusun. Setiap bagian yang terdapat pada lidah memiliki fungsi penting tersendiri, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bagian lidah beserta dengan fungsinya.

  1. Permukaan Superior

Sulkus terminal adalah bentukan huruf V pada bagian atas lidah. Pada bagian ini terdapat dua permukaan yang disebut dengan permukaan posterior dan anterior.

Jika permukaan posterior berada di bagian bawah dan terdiri dari lidah dan pucuk lidah sementara permukaan anterior merupakan bagian puncak lidah hingga pada bagian tubuh lidah.

Bagian ini memiliki fungsi untuk mengecap dan merasakan berbagai macam rasa.

  1. Akar Lidah

Akar lidah adalah salah satu bagian lidah yang terletak di tulang hyoid. Berada di antara bagian rahang yang letaknya berada di bagian bawah lidah. Akar lidah ini juga memiliki punggung yang letaknya berada pada bagian akar. Dan mempunyai posisi duduk yang terdapat pada bagian orofaring.

Fungsi dari bagian ini adalah sebagai penggerak lidah.

  1. Tubuh Lidah

Papillalingual atau permukaan kasar akan berada di tubuh lidah. Tubuh lidah juga merupakan bagian lidah yang dikelilingi oleh gigi lateral dan mempunyai permukaan anterior.

Pada bagian ini terdapat papilla yang memiliki fungsi untuk mengenai rasa yang berasal dari zat kimia yang masuk ke lidah. Ada 4 jenis papila utama pada tubuh lidah yaitu ; Papila Filiform, Papila Poliate, Papila Fungiform, dan Papila Sirkumvalata.

  1. Tonsil

Tonsil adalah kumpulan dari jaringan getah bening (limfoid) yang terletak di dalam rongga mulut. Tonsil berfungsi untuk menyaring bakteri dan kuman yang masuk ke tubuh baik melalui alat pernafasan ataupun lewat makanan.

Baca Juga :  Mikroba – Pengertian, Jenis Yang Banyak Digunakan Untuk Bioremediasi Di Air Laut

Berdasarkan letaknya, tonsil dibagi menjadi 3 bagian yaitu ; Tonsil Palatina, Tonsil Faringers, dan Tonsil Lingulis.

  1. Adenoid

Fungsi dari adenoid adalah untuk melindungi lidah dari infeksi kuman dan bakteri yang secara tidak sengaja dicap oleh lidah.

  1. Kuncup Lidah

Bagian ini memiliki struktur yang letaknya di permukaan lidah. Fungsi utama dari kuncup lidah adalah sebagai pencipta resep untuk setiap rasa yang masuk ke dalam mulut manusia.

Selain itu di bagian kuncup lidah ini setidaknya ada lebih dari 300 selera rasa. Namun pada umumnya ada 4 rasa yakni rasa manis, asam, asin hingga rasa pahit yang bisa dirasakan oleh kuncup lidah.

  1. Frenulum Linguae

Merupakan selaput lendir yang letaknya memanjang dari dasar mulut sampai ke garis tengah sisi bawah lidah. Frenulumlinguae berfungsi untuk menghubungkan antara lidah dengan dasar mulut dan menjaga agar lidah berada tetap pada tempatnya di dalam mulut.

  1. Otot Lidah

Otot lidah berfungsi untuk menggerakkan lidah di dalam mulut. Otot-otot pembentuk lidah dibagi menjadi dua bagian yaitu, otot lidah intrinsik dan juga otot lidah ekstrinsik. Di mana, otot lidah intrinsik berfungsi untuk mengubah bentuk lidah dalam sementara, sedangkan otot lidah ekstrinsik berfungsi untuk mengubah posisi lidah.

Menarik bukan pembahasan mengenai Lidah – Bagiannya Beserta Fungsi Masing-masing? Sampai di sini dulu pembahasan tentang indera pengecap rasa. Sampai jumpa di lain kesempatan.

Artikel Lainnya :

  1. Radiasi Benda Hitam – Pengertian, Hukum, Sifat dan Contohnya
  2. Pencemaran Suara – Gambar, Ciri-Ciri, Dampak, Solusi Mengatasinya
  3. Batuan Sedimen – Proses Pembentukan, Ciri-Ciri, Berserta Contoh
  4. Proses Pembentukan Minyak Bumi
  5. Cagar Alam – Pengertian, Fungsi, Contoh, Beserta Gambar