Laring – Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya Terlengkap

Posted on

Laring – Pengertian, Fungsi Dan Gangguannya

Laring adalah saluran pernapasan yang membuka dari pangkal rongga mulut, laring sendiri adalah pembuka di bagian leher dan memiliki fungsi utama sebagai tabung yang menghubungkan udara dari bagian tubuh dengan lingkungan atau bisa juga sebaliknya.

Pengertian Laring

Laring adalah saluran pernapasan yang memiliki bentuk seperti tabung dan berada di antara faring dengan trakea, laring sendiri adalah organ pembukan di dalam saluran pernapasan dan menjadi salah satu organ yang cukup penting bagi manusia, hal ini dikarenakan trakea oesophagus yang berada pada posisi yang sama, dengan begitu harus ada pengaturan makanan yang masuk ke dalam esophagus, degan hadinya laring ini tentu membuat pengaturan tersebut bisa berjalan dengan sempurna.

Berikut Ini Bagian Laring

  1. Epiglotis

Epiglottis adalah bagian laring yang menjulur keluar ke bagian faring, epiglottis sendiri tersusun atas tulang rawan elastis, keberadaan epiglottis ini sangatlah penting bagi pengaturan pernapasan serta pencernaan. Epilotis ini sendiri tersusun atas sel-sel epitel gepeng yang bentuknya emmang pipih untuk beralih ke epitel silindrin secara berangsur-angsur di daerah yang mendekati dengan trakea.

  1. Pita suara

Pita suara adalah tulang rawan hialin yang melebar di bagian lumen laring tepat di bawah epilogtis, pasangan tulang bagian atas ini membentuk pita suara palsu yang dilapisi oleh lapisan epital bersila dan juga kelenjar mukosa, sedangkan di tulang bagian bawah membentuk pita suata sejati. Otot lurik dan ligamen vokal terbentuk dari jalinan serat-serat elastin. Di dalam laring otot lurik ini memiliki peran untuk mengatur tegangan di dalam ligament tersebut. Suara yang dimunculkan merupakan penghasil dari tegangan ligament pada saat dilewati oleh udara.

Baca Juga :  Fungsi Lisosom – Penjelasan, Klasifikasi dan Gambar

 

Fungsi Laring

Menghasilkan Suara

Di dalam laring terdapat pita suara yang memiliki tugas atau pun fungsi untuk membentuk suara manusia. Maka salah satu fungsi laring sendiri adalah untuk menghasilkan suara. Dalam menghasilkan suara laring dibantu beberapa organ lain dan alat pernapasan manusia yang juga terlibat dalam produksi suara.

Melindungai Saluran Pernapasan

Salah satu fungsi yang paling penting dari laring adalah untuk melindungi saluran pernapasan dari masuknya benda asing yang terbawa pada saat melakukan proses pernapasan dan bisa menbahayakan bagi saluran pernapasan. Benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan ini bisa melukai saluran pernapasan bahkan bsia mengendap di paru-paru sehingga dapat menganggu pernapasan. Karena pada bagian pangkal laring terdapat epiglotis yang memiliki fungsi untuk menjadi katup pangkal tenggorokan. Fungsi katup pangkal tenggorokan adalah membuka dan juga menutup trakea.

Mengarahkan Makanan Masuk ke Esofagus

Fungsi laring berikutnya adalah memasukkan makanan ke dalam esofagus sehingga pada saat manusia akan menelan makanan yang hendak di makan maka seketika epiloglotis yang ada di laring akan menutup menjadi makanan yang dimakan dan akan langsung masuk ke dalam esofagus. Dengan begitu saluran yang ada di dalam tubuh manusia akan dilindungi dari berbagai zat makanan yang hendak masuk. Selain itu dinding yang berada di saluran pernapasan tubuh manusia juga akan bersih dan tidak terkontaminasi oleh zat makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Mengarahkan makan yang di makan yang akan masuk ke esofagus. Sehingga saat manusia ingin menelan makanan yang di makan maka dengan seketika epiglotis yang berada di laring akan menutup jadi makanan yang dimakan akan langsung masuk ke esofagus. Dengan adanya seperti ini maka saluran yang berada di dalam tubuh manusia akan terlindungi dari beberapa zat makanan yang akan masuk. Dinding yang berada di saluran pernafasan tubuh manusia yang bersih tidak akan bisa menerima zat makanan yang akan masuk. (Baca juga : Sistem pernapasan pada hewan amphibi)

Baca Juga :  Fungsi Lambung – Meliputi Bagian Dan Strukturnya

 

Sehingga hal seperti ini akan melukai saluran pernapasan pada tubuh manusia. Selain itu air yang akan masuk ke dalam saluran pernapasan pada manusia akan mengendap di dalam paru – paru terlebih dahulu dan akan mengganggu proses pernapasan pada tubuh manusia. (Baca juga: Fungsi lidah manusia.

Menghubungkan Faring dan Trakea

Laring juga berfungsi untuk menghubungkan faring dengan trakea, sehingga ketika mulut menelan makanan, maka epiglotis yang terletak di laring akan menutup trakea agar makanan yak masuk ke dalam trakea tapi akan masuk ke dalam esofagus.

Melindungi Tabung Trakea

Laring juga bertugas untuk melindungi tabung trakea dari masuknya makanan sehingga epiglotis yang ada di bagian pangkal dan berada di laring memiliki fungsi yang berguna untuk melindungi masuknya makanan ataupun air yang masuk pada saat sedang makan.

 

Gangguan Fungsi Laring

Laring sering mengalami beberapa gangguan yang membuatnya tak bisa berfungsi dengan maksimal. Beberapa gangguan ini menyebabkan tak bisa bernapas, suara parau atau bahkan kehilangan suara dan sakit pada tenggorokan hingga telinga.

Laringitis akut merupakan peradangan dan juga pembengkakan yang terjadi pada laring, hal ini biasanya terjadi karena flu dan juga terlalu sering berteriak.

Laringitis kronis disebabkan oleh merokok, berteriak, debu dan terpapar oleh polusi dalam jangka waktu yang lama.

Presbilaringis merupakan kondisi penyusutan atau bisa juga disebut sebagai pengecilan jaringan laring yang membuat suara menjadi melemah.

Polip dan nodul adalah benjolan kecil yang terjadi pada pita suara yang diakibatkan oleh asap rokok dan penggunaan suara yang tak wajar.

Kanker laring terjadi akibat sering tertapapr asap rokok dalam jangka waktu yang lama dan juga mengkonsumsi alkohol.