Kunci Determinasi – Pembahasan Lengkap beserta Contoh Soal

Posted on

Kunci determinasi merupakan sebuah kunci yang biasanya dipakai untuk mengidentifikasikan makhluk hidup. Biasanya berupa sebuah keterangan mengenai ciri – ciri yang dimiliki oleh makhluk hidup.

Identifikasi sendiri adalah suatu kegiatan yang sangat dasar di dalam ilmu taksonomi. Biasanya identifikasi ini mencakup semua kegiatan. Yakni meliputi klasifikasi dan juga tata nama. Selain itu salah satu kunci yang paling penting dalam kegiatan identifikasi ini adalah dengan menyusun ciri ciri taksonomi yang saling berlawanan.

Pada setiap identifikasi tersebut terdapat dua alternatif atau dua ciri yang saling berlawanan, nah ini lah yang disebut dengan kunci dikotomis.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai kunci determinasi, mulai dari pengertiannya hingga cara membuat kunci determinasi yang baik dan benar.

Pengertian Kunci Determinasi

 

Jika dilihat dari pengertiannya, kunci determinasi sendiri disebut juga dengan kunci dikotom merupakan suatu langkah atau suatu cara yang dilakukan untuk dapat mengenai organisme dan kemudian mengelompokkannya. Pengelompokkan ini dilakukan pada taksom makhluk hidup.

Kunci determinasi yang juga disebut dengan kunci dikotimis ini sendiri terdiri dari beberapa pertanyaan. Dan biasanya terdiri dari dua baris kalimat. Kalimat ini digunakan untuk mengelompokkan atau menggolongkan makhluk hidup ke dalam suatu kelompok.

Selain itu dalam pertanyaan tersebut juga berisikan deskripsi yang berasal dari ciri – ciri organisme. Caranya adalah dengan menyajikan ciri – ciri tersebut secara berlawanan.

Cara Membuat Kunci Determinasi

 

Adapun untuk membuat kunci determinasi kalian haruslah memperhatikan beberapa hal dan juga beberapa detil yang penting dan harus ada di dalamnya. Nah, berikut ini adalah cara – cara yang harus dilakukan pada saat membuat kunci determinasi.

Baca Juga :  Pencemaran Tanah – Penyebab, Akibat, Contoh, Cara Menanggulanginya

1.) Langkah pertama adalah dengan membuat kunci yang dikotom atau berlawanan. Hal ini akan membuat satu bagian bisa diterima sementara yang lainnya akan ditolak.

2.) Ciri – ciri yang akan dimasukkan harus dilakukan pengamatan terlebih dahulu.

3.) Deskripsi karakter haruslah menggunakan istilah yang umum sehingga bisa dimengerti oleh semua orang.

4.) Harus menggunakan kalimat yang dibuat sesingkat mungkin agar mudah untuk dimengerti.

5.) Harus memberikan nomor untuk setiap kupletnya.

6.) Kata pertama yang berasal dari setiap pernyataan di dalam satu kuplet haruslah identik.

 

Cara Menggunakan Kunci Determinasi

Untuk membuat kunci determinasi ini sendiri biasanya disusun secara bertahap, mulai dari bangsa, suku, jenis hingga marga dan selanjutnya. Sahabat biologi bisa menyusun tumbuhan hingga setiap langkah demi langkah membuat pengguna harus memilih salah satu di antara dua pilihan. Kedua pilihan ini biasanya dibuat secara bertentangan.

Dan akan dilakukan seperti it uterus hingga akhirnya mendapatkan satu jawaban yang menjadi identitas dari tumbuhan yang dimaksudkan di dalam kunci determinasi.

Untuk menggunakan kunci determinasi sendiri, sahabat biologi bisa melihat dari cara di bawah ini :

1.)  Bacalah dengan sangat teliti sebuah kunci determinasi yang disediakan mulai awal, atau nomor paling atas. Biasanya kunci determinasi akan menggunakan nomor 1a.

2.) Kemudian cobalah cocokkan semua ciri yang ada di kunci determinasi dengan ciri ciri yang sahabat biologi temukan di makhluk hidup yang sedang sahabat amati.

3.) Apabila setelah dilihat ternyata tidak ada kesesuaian antara ciri ciri kunci dengan makhluk hidup yang sahabat amati. Maka carilah pernyataan lain yang ada di bawah soal kunci determinasi. Misalnya dari nomor 2a ke 2b.

Baca Juga :  Manfaat Reboisasi – Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

4.) Apabila ciri ciri yang terdapat di kunci determinasi sama dan sesuai pada ciri makhluk hidup yang sahabat amati. Jangan lupa untuk mencatat nomornya kemudian lanjutkan pada soal yang berikutnya.

5.) Nah, apabila ternyata salah satu pernyataan sama ciri cirinya atau sesuai dengan makhluk hidup yang sahabat pelajari. Maka pertanyaan lainnya pun otomatis akan gugur atau salah ya.

Misalnya ada contoh soal :

a.) Berlumut

b.) Tidak Berlumut

Ternyata makhluk yang sahabat biologi teliti ini memiliki ciri ciri berlumut, maka otomatis soal yang b dianggap sudah gugur.

Dan lakukan hal ini hingga seterusnya ya, sampai menemukan jawaban yang benar.

 

Contoh Soal Kunci Determinasi

Langkah pertama untuk memulainya adalah dengan membawa seekor hewan kemudian jawablah kunci determinasi yang ada di bawah ini dengan runut dan benar!

1a.) Berpembuluh 2.)  Bryophyta
1b.) Tak berpembuluh
2a.) Bespora 3.)  Pterydophyta
2b.) Berbiji
3a.) Berbiji terbuka 4.) Gymnospermae
3b.) Berbiji tertutup
4a.) Memiliki satu kotiledon 7.)
4b.) Memiliki dua kotiledon 5.)
5a.) Menghasilkan getah 6.) Euphorbiaceae
5b.) Tidak menghasilkan getah
6a.) Bunga kupu kupu Papilionaceace
6b.) Bunga terompet Solanaceae
7a.) Memiliki rizoma 8.) Zingiberaceae
7b.) Tidak memiliki rizoma
8a.) Batang berpelepah 9.) Musaceae
8b.) Daun berpelepah
9a.) Batang berongga Cyperaceae
9b.) Batang tidak berongga

 

 

Jadi dari contoh di atas apakah sahabat biologi masih merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang satu ini?

 

Demikian ulasan kali ini mengenai kunci determinasi mulai dari pengertian, cara pembuatannya hingga contoh soal kunci determinasi yang secara lengkap sudah kami hadirkan bagi kalian semua, sampai jumpa pada pembahasan berikutnya yang pastinya tak kalah bermanfaat dari pembahasan materi kali ini.

Baca Juga :  Transpor Aktif - Macam Macam, Ciri Ciri, Contoh, Gambar

 

Artikel Lainnya :

  1. Virus yang Menguntungkan – Bagi Hewan, Bagi Tumbuhan, Lengkap Dengan Contoh
  2. Nekrosis Adalah – Penyebab, Gejala, Contoh
  3. Kifosis – Pembahsan Lengkap Beserta Gambarnya