Klasifikasi Hewan – Hewan dengan Gigitan terkuat didunia

Posted on

Hewan Dengan Gigitan Terkuat – Penjelasannya dan Gambarnya

Ekosistem.co.id – Hewan memang pada umumnya memiliki gigitan yang jauh lebih kuat jika dibanding dengan gigitan manusia, gigitan hewan bisa 10 hingga 20 kali lipat lebih kuat gigitannya dibanding dengan manusia. Hal ini tidak berlebihan karena hewan sendiri bertahan hidup dengan cara saling memangsa satu sama lain, maka hewan diberikan kemampuan untuk bertahan hidup dan sistem pertahanan dengan cara mengandalkan gigitannya. Ada banyak sekali hewan buas di luar sana yang mengandalkan kekuatan gigi untuk bertahan hidup dan mencari mangsa. Namun hanya di antara semua hewan, ada hewan dengan gigitan terkuat di antara hewan lain yang ada di dunia.

Nah, berikut ini adalah daftar hewan dengan gigitan terkuat di dunia, mau tahu apa saja? Simak yuk!

Daftar Hewan Dengan Gigitan Terkuat di Dunia

1. Singa ( Panthera Leo )

Siapa yang tidak tahu singa? Hewan yang dikenal sebagai raja samba dan rajanya para hewan buas di alam liar ini merupakan salah satu hewan yang mempunyai gigitan paling kuat di dunia, kekuatan gigi yang dimiliki oleh hewan bersurai ini adalah sekitar 650 psi. Singa sendiri dikenal sebagai hewan yang sangat buas yang hidup secara berkelompok. Mangsa dari hewan ini sendiri adalah hewan yang juga memiliki tubuh besar seperti kerbau, gajah, rusa dan yang lainnya. Maka tak heran ya, jika singa memiliki kekuatan gigitan yang sangat kuat yang menjadikan hewan ini sebagai penguasa rimba di alam liar.

Baca Juga :  Hewan Melata - ciri ciri, pengertian dilengkapi dengan gambarnya

2. Harimau ( Panthera Tigris )

Jika singa disebut dengan raja rimba, harimau disebut dengan  raja hutan. Namun meski begitu kekuatan gigitan yang dimiliki oleh harimau ternyata lebih besar loh, jika dibanding dengan singa si raja rimba. Diketahui jika kekuatan gigitan harimau bisa mencapai hingga 1050 psi. Harimau memiliki beberapa jenis dan harimau Siberia merupakan hewan paling besar jika dibandingkan dengan harimau jenis yang lainnya dengan bobot hingga mencapai 423 kg. Jika singa merupakan hewan berkoloni yang memiliki kelompok untuk bertahan hidup maka harimau adalah hewan soliter yang lebih suka menyendiri, kecuali pada saat musim kawin barulah harimau akan akan ditemukan bersama dengan pasangannya.

3. Dubuk Tutul ( Hyaenidae )

Hewan yang berasal dari Afrika ini merupakan hewan yang dikenal sebagai pemulung karena hewan ini lebih suka memakan sisa – sisa makanan hewan lainnya seperti singa. Tapi meski tidak mencari mangsanya sendiri hewan ini memiliki kekuatan gigitan yang cukup besar yakni sekitar 1100 psi, dan bahkan kekuatan ini mengalahkan kekuatan gigitan dari raja rimba singa dan raja hutan harimau.

Tapi meski begitu hewan yang berkelompok ini juga seringkali berburu mangsanya berupa hewan yang jauh lebih besar ukurannya seperti Kerbau, Rusa kutub dan juga badak.

4. Beruang Grizzly ( Ursus arctos ssp )

Bukan rahasia lagi jika hewan satu ini memiliki kekuatan gigitan yang sangat kuat, hewan yang cukup ditakuti ini tinggal di daerah Afrika Utara dan jenis beruang ini memiliki tinggi sekitar 2 meter serta mempunyai berat sekitar 363 kg. Dengan ukuran tubuh seperti itu dan kekuatan gigitan yang bisa mencapai 1200 psi hewan ini juga dikenal dengan penciumannya yang cukup tajam.

Baca Juga :  Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar

5. Gorila ( Gorilla Gorilla )

Hewan yang termasuk ke dalam golongan primata ini memiliki tinggi hingga 1,73 meter dan berat hingga 160 kg, menjadikan gorilla sebagai primata terbesar di dunia, meski dianggap sebagai hewan yang cukup bersahabat namun hewan ini memiliki kekuatan gigi yang mengalahkan seluruh hewan yang sudah disebutkan di atas yakni sekitar 1300 psi.

 

Nah sudah tahu kan hewan apa saja yang termasuk ke dalam hewan dengan gigitan terkuat di dunia. Beberapa hewan tersebut memiliki kekuata gigitan sebagai sistem perlindungan dan pertahanan dan juga digunakan untuk menyerang mangsanya yang memiliki tubuh lebih besar dibanding hewan itu sendiri. Semoga daftar hewan dengan gigitan terkuat di dunia tersebut bisa menambah wawasan anda semua ya.

Artikel Lainnya :

  1. Glikogenolisis
  2. Manfaat Glukosa Bagi Tubuh Manusia dan Penjelasannya
Rate this post