Klasifikasi Hewan – Penjelasan Terlengkapnya

Posted on

Klasifikasi Hewan – Penjelasan Terlengkapnya

Klasifikasi adalah pengelompokan mahluk hidup berdasarkan cirinya masing – masing, baik dari persamaan maupun perbedaanya. Seperti padahewan, pernahkah kalian memperhatikan macam-macam hewan yang berada disekitar kalian? Hewan yang berada dimuka bumi sangatlah beraneka ragam baik dari bentuk, ukuran maupun makananya.

Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai klasifikasi/ pengelompokan hewan dilihat berdasarkankriteria maupun karakteristiknya masing-masing. Untuk mempermudah dalam klasifikasi hewan, maka disusunlah suatu kelompok berdasarkan tingkatan tokson dimulai dari yang tertinggiyaitu Kindom (kerajaan), Filum/Division, Kelas, Ordo (bangsa), Genus (marga) dan yang paling terendah yakni spesies (jenis).

Berdasarkan klasifikasinya, Binatang atau hewan dikelompokan menjadi dua kelommpok besar yaitu Vertebrata dan Invertebrata. Vetebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang, sedangkan Invertebrata hewan yang tidak memiliki tulang belakang, karena hewan yang  berada dimuka bumi sangatlah beragam.

1. Hewan Vertebrata

Jenis yang pertama adalah vertebrata. Jenis ini merupakan sekumpulan hewan yang mempunyai tulang belakang atau tulang punggung. Berikut ini adalah contoh hewan yang masuk dalam jenis ini.

  1. Pisces (Ikan), ikan adalah jenis hewan yang hidup di dalam air yang memiliki tulang belakang dan tergolong vertebrata Poikilotermik (berdarah dingin) yaitu suhu tubuh ikan yang dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Bernafas dengan insang tubuh ikan terdiri dari kepala, badan dan ekor.
  2. Amphibia (Amfibi), adalah hewan yang dapat hidup di dua alam yakni didarat dan di laut, amphibi tergolong vertebrata Poikilotermik (suhu tubuh yang dipengaruhi oleh lingkungan), hewan amfibi bernafas menggunakan paru- paru, contoh hewan amfibi adalah katak, kadal air dan Salamander.
  3. Reptilia (Reptil), adalah hewan melata yang tergolong vertebrata Poikilotermik (berdarah dingin). Hewan reptil memikili sisik yang menutupi tubuhnya, contoh hewan reptil yakni ular, kadal dan buaya.
  4. Aves (Burung), adalah kelompok hewan vetebrata yang tubuhnya ditutupi oleh bulu yang dapat digerakan, berupa sayap dan kaki, selain ituburung sering dikatakan sebagai hewan yang bisa terbang namun ada beberapa golongan burung yang tidak dapat terbang, seperti ayam, angsa dan bebek.
  5. Mammalia (Hewan Menyusui), pada umumnya hewan mamalia adalah hewan berdarah panas, sertamemiliki dan menghasilkan kelenjar susu (betina), berfungsi untuk memberikan makanan terhadap anaknya. Hewan mamalia ada yang hidup di air maupun di darat, contoh mamalia yang hidup di air adalah Duyung, Ikan paus dan lumba-lumba, sedangkan hewan yang hidup didarat seperti kuda, gajah dan sapi.
Baca Juga :  Jaringan Pada Hewan – Jenis, Letak, Fungsi, Dilengkapi Dengan Gambar

 

2. Hewan Invertebrata

Jika vertebrata memiliki tulang belakang maka jenis hewan ini tidak memiliki tulang belakang atau disebut pula dengan tulang punggung.

Sistem pernapasan yang dimiliki oleh hewan invertebrata ini terbilang lebih sederhana. Dan berikut adalah contoh hewan yang masuk dalam jenis ini beserta dengan pembagiaannya.

1. Porifera (berpori)

Adalah hewan air yang hidup dilaut yang mempunyai pori-pori dan tubuhnya berbentuk seperti tumbuhan, warna tubuhnya beraneka macam, ada yang kuning, merah dan hijau.Sumber makanannya adalah plankton dan bakteri. Porifera dibagi menjadi tiga jenis yaitu kelas Hexactinelida,  kelas Corcorea, dan Kelas Demospangia.

2. Coelenterat (hewan berongga)

Coelenterat atau Cnidarai Adalah hewan berongga yang memiliki tentakel dan sel penyengat diseluruh tubuhnya yang dinamai dengan Knidosit, dan digunakan untuk menangkap mangsa dan membela diri.Coelenteratdibagi menjadi 4 kelompok yaitu ubur-ubur (Scyphozoa), anemone laut, koral, pena laut (Anthozoa), ubur-ubur kotak(Cubozoa) dan Hydrozoa

3. Platyheminthes (cacing pipih)

Contoh dari hewan ini adalah cacing, yakni hewan dengan bentuk panjang dan pipih. Cacing pipih dibagi menjadi 3 kelompok yaitu, cacing pita, cacing hati dan cacing gilig (Nemathelminthes), cacing gili bentuknya hampir berbeda dengan cacing pipih, cacing gili memiliki tubuh yang runcing, bulat panjang, contohnya cacing tanah dan lintah.

4. Mollusca (hewan lunak)

Adalah hewan bertubuh lunak dan memiliki banyak lendir, serta tubuh yang dilindungi oleh cangkang maupun yang tidak dilindungi cangkang. Terdapat 3 jenis yaitu

  • P (tiram dan kerang)
  • Gastropoda (siput)
  • Cepalophoda (cumi-cumi)

5. Echinodermata (hewan berkulit duri)

Adalah hewan yang tubuhnya ditutupi oleh duridan zat kitim yang keras, terdapat 5 jenis yaitu Asteroida, Ophiuroidea, Echinoidea dan Holothuroidea.

6. Arthropoda(hewan dengan kaki beruas-ruas)

Adalah hewan yang tubuhnya terbungkus zat kitim y keras,dibedakan atas kepala, dada dan perut, memiliki 4 jenis yaitu serangga, udang-udangan, laba-laba dan lipan.

Baca Juga :  Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

 

Demikian pembahasan mengenai klasifikasi hewan, selamat belajar dan selamat bertemu dimateri selanjutnya.

Artikel Lainnya :

  1. Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar
  2. Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah
  3. Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tahapan, Perbedaan Dengan Aerob
  4. Fermentasi Alkohol – Pengertian, Proses, Reaksi, Faktor, dan Manfaat