Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar

Posted on

Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar

Kingdom Monera termasuk organisme tertua yang hidup di bumi, organisme ini telah hidup dan terus berevolusi selama dua milyar tahun. Penasaran? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Kingdom Monera secara lengkap, berikut ulasannya.

Struktur

Sebelum masuk pada pembahasan struktur perlu diketahui bahwa kingdom monera merupakan organisme prokariotik yang tubuhnya hanya tersusun dari satu sel atau singkatnya dikenal dengan istilah uniseluler, organisme ini hanya mengandalkan reaksi metabolisme saja untuk berkembang dan bereproduksi.

Meski bentuknya sangat kecil sehingga jarang disadari keberadaan nya, namun jumlah spesies organisme ini merupakan organisme dengan populasi yang paling banyak dibumi karena proses reproduksinya yang sangat sederhana, dalam proses reproduksinya induk dari organisme monera hanya perlu melakukan pembelahan diri selama 20 menit.

Keberadaan organisme juga penting karna banyak bermanfaat bagi keberlangsungan hidup seperti contohnya pada proses penguraian atau pelapukan organisme yang telah mati dimana nanti nya proses tersebut akan menghasilkan senyawa karbon, sulfur atau senyawa lainnya yang akan mengembalikan mineral pada tanah sehingga hal tersebut akan bermanfaat pula bagi organisme lain yang membutuhkan nya.

Setelah mengulas pengertian mengenai kingdom monera, sekarang mari kita masuk pada pembahasan strukturnya. Struktur tubuh dari organisme monera dibagi menjadi 2 yakni struktur luar sel dan struktur dalam sel, berikut adalah penjelasan nya:

  1. Struktur Luar Sel

– Kapsul, yakni merupakan lendir dari bagian luar sel yang berfungsi untuk melindungin sel dan menjadi cadangan makanan bagi sel itu sendiri.

Baca Juga :  Spesies Adalah – Macam Macam Spesies dan Contohnya

– Dinding Sel, dinding yang berfungsi sebagai kerangka bentuk yang melindungi sel.

– Membran Plasma, membran yang terdiri dari lapisan lipoprotein yang tersusun dari protein dan fosfolipid. Fungsi dari membran ini adalah untuk mengatur keluar masuk nya zat.

  1. Struktur Dalam Sel

– DNA, yakni genetik yang membawa sifat dari makhluk hidup.

– Mesosom, yakni bagian dari membran sitoplasma yang memiliki peran dalam proses sintesis dinding sel dan pembelahan nukleus.

– Plasmid, yakni membantu sel mempertahankan diri dari kondisi lingkungan baru.

– Endospora, yakni spora berdinding tebal yang berfungsi sebagai pembentuk sel saat kondisi lingkungan tidak memungkinkan.

– Ribosom, yakni organel sel yang berperan dalam proses sitesis pada sel.

 

Klasifikasi

Pada umumnya kingdom monera diklasifikasikan kedalam 2 kelompok besar, yakni archaebacteria dan eubacteria, berikut akan dipaparkan pengertian dari masing masing kelompok besar tersebut.

  1. Archaebacteria

Archaebacteria adalah kelompok bakteri purba yang biasanya ditemukan pada tempat yang ekstrem. Berdasarkan tempat hidupnya archaebacteria dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

 Methanogen, jenis organisme anaerob obligat yang mengahsilkan gas metana (CH4).

 Halofil Ekstrim, jenis yang hidup ditempat dengan kadar garam yang tinggi.

 Termofil Ekstrim, jenis yang hidup di tempat dengan suhu yang tinggi (60-80 derajat celcius) dengan cara mengoksidasi sulfur.

 

  1. Eubacteria

Eubacteria adalah kelompok bakteri yang paling sering atau paling umum ditemukan dimana-mana baik itu diudara, air maupun tubuh makhluk hidup. Bakteri ini tersusun dari 3 bagian utama yakni membran sel, sitoplasma, dan organel sel tanpa inti sel. Eubacteria dibagi menjadi 5 kelompok, kelompok tersebut diantaranya adalah:

 Proteobacteria, kelompok bakteri dengan anggota yang bervariasi. Proteobacteria terbagi kedalam 3 kelompok yakni Bakteri ungu, Proteobacteria kemoautotrof dan Proteobacteria kemoeterotrof.

Baca Juga :  Cabang Cabang Biologi – Penjelasan, Pengertiannya

 Cyanobacteria, kelompok bakteri yang memiliki warna biru-hijau atau hijau-biru dengan nama lain Cyanophyta. Bekteri ini dapat hidup secara sendiri maupun berkoloni, bentuk tubuhnya bisa berupa benang maupun bulat, bakteri ini dapat berfotosintesis karna memiliki klorofil dan memiliki peran penting dalam menyumbang oksigen pada atmosfer.

 Spirochetes, kelompok bakteri gram-negatif dengan bentuk spiral yang biasa hidup di air, tanah maupun menjadi parasit.

 Bakteri Gram Positif, kelompok yang memiliki dinidng sel tebal dan bersifat homogen.

 

Ciri – Ciri

  1. Hanya bisa dilihat dengan alat seperti mikroskop karena ukurannya yang sangat kecil.
  2. Dapat ditemukan dimanapun bahkan tempat ekstrim sekalipun
  3. Reproduksi nya dapat secara aseksual (PEmbelahan Biner) dan seksual (konjugasi),

 

Contoh

Contoh dari organisme monera diantaranya adalah :

Bakteri : Escherichia coli, Clostridium botulinum.

Plantae : Algae Merah

Archaea : Sulfolobus, Pyrococcus dan Methanosarcinales.

Protista : Algae, Euglena dan Pyrococcus

Animalia : Annelida dan Mollusca.

 

Demikian pembahasan kali ini mengenai kingdom monera, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap

Klasifikasi Hewan – Penjelasan Terlengkapnya

Klasifikasi Mahluk Hidup – Penjelasan Terlengkapnya