Kingdome Monera – Ciri –Ciri, Contoh, Fungsi, Beserta Gambar

Posted on

Pernahkan anda dengar tentang kingdom monera? Mungkin anda pernah mendengarnya tapi tak tahu apa itu kingdome monera atau mungkin tak pernah mendengar sama sekali mengenai kingdom monera.

Maka dari itu sangat tepat sekali jika anda mengunjungi website ini, sebab kami akan membahas mengenai kingdom monera.

Lantas apa sih, kingdom monera ini?

 

Pengertian Kingdom Monera

Jika menurut pengertiannya, kingdom monera sendiri adalah kelompok atau kerajaan dari sekumpulan makhluk hidup bersel tunggal. Mereka juga termasuk makhluk hidup prokariotik.

Dari bahasa sendiri monera artinya adalah tunggal, dan merupakan bahasa dari Yunani.

Kelompok ini memiliki struktur tubuh yang cukup sederhana, sebab mereka hanya terdiri dari satu sel. Atau disebut pula dengan hewan bersel satu (uniseluler). Kelompok hewan ini biasanya memiliki inti sel yang belum memiliki membran, dan biasanya disebut dengan prokariotik.

Jadi bisa dibilang Kingdom Monera ini merupakan salah satu kelompok hewan dengan ciri ciri yang menarik dan berbeda dengan hewan lain yang selama ini sahabat biologi kenal.

Oleh sebab itu, sahabat biologi dapat mengenali kelompok hewan ini dengan cara yang cukup mudah dari ciri cirinya saja. Nah, lalu apa saja ya ciri ciri hewan yang masuk dalam kingdom monera.

 

Ciri Ciri Monera

Seperti yang sudah Guru sebutkan di atas, bahwa kelompok hewan ini memiliki ciri ciri yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Hal inilah yang membuat sahabat biologi mudah untuk mengenali kelompok hewan ini dan membedakannya dengan hewan yang lain.

Baca Juga :  Oogenesis – Pengertian, Tahapan dan Gambarnya

Nah, apa saja ciri ciri yang ada pada kingdom monera? Sahabat biologi bisa melihatnya di bawah ini :

1.) Hewan yang hanya memiliki satu sel atau sahabat belajar bisa menyebutnya dengan hewan uniseluler.

2.) Kelompok hewan ini memiliki bentuk sel yang banyak dan beragam.

3.) Tipe sel yang ada di dalam hewan ini termasuk dalam tipe sel prokariotik.

4.) Kelompok kingdom monera ini memiliki dinding sel.

5.) Kelompok hewan ini memiliki dinding sel yang di dalamnya terdapat kandungan peptidoglikan, sahabat biologi juga bisa menyebutnya eubacteria.

6.) Hewan yang termasuk kelompok kingdom monera tidak memiliki organel membrane di dalam tubuhnya.

 

Contoh Dan Klasifikasi Kingdom Monera

Seperti yang sahabat biologi ketahui jika bakteri merupakan salah satu hewan yang memiliki ukuran sangat kecil. Bakteri juga merupakan hewan uniseluler loh, atau biasa sahabat biologi kenal dengan hewan bersel satu dan memiliki sifat prokariotik.

Biasanya bakteri sendiri tersusun atas klorifil di dalam tubuh mereka, meskipun tidak semua bakteri juga memiliki klorofil. Dan klorofil yang ada pada bakteri juga memiliki fungsi yang sama dengan klorofil yang ada pada tumbuhan yakni untuk membantu proses fotosintesis.

Meski merupakan hewan yang kecil namun bakteri memiliki banyak sekali jenis seperti di bawah ini :

 

Jenis Bakteri Berdasarkan Cara Memperoleh Makanan

Apabila dibedakan dari cara mereka memperoleh makanannya, maka bakteri akan dibagi ke dalam beberapa jenis juga, terdiri dari :

– Bakteri Autotrof

Bakteri yang termasuk ke dalam jenis autotrof ini sendiri merupakan jenis bakteri yang mampu memproduksi atau membuat makanan yang akan dimakannya sendiri.

– Bakteri Heterotrof

Jika bakteri heterotof ini merupakan salah satu jenis bakteri yang memanfaatkan organisme lain untuk diubah menjadi makanan.

Baca Juga :  Sel Epitel – Pengertian dan Penyebabnya Beserta Gambar

– Bakteri Saprofit

Bakteri ini memperoleh makanan dari sisa sisa organisme lain contohnya seperti Escherichia.

– Bakteri Parasit

Bakteri ini memperoleh makanan melalui organisme yang ditumpanginya dengan cara memanfaatkan materi yang ada pada makhluk hidup yang ditumpanginye tersebut. Contohnya adalah Mycobacterium tuberculosis.

 

Fungsi Bakteri Dalam Kehidupan Manusia

1.) Sebagai Bahan Makanan dan Minuman

Lactobacillus casei adalah salah satu bakteri yang sering dimanfaatkan oleh manusia untuk membuat keju dan juga nata decoco. Selain itu ada juga bakteri streotococus lactis dan juga S. Cremoris yang dimanfaatkan oleh sahabat biologi sebagai bahan membuat mentega.

 

2.) Bidang Pertanian

Di dalam bidang pertanian terdapat acetobacter choroocum, clostridium pasteurianum dan juga ada Rhizobium Leguminosarum. Ketiga bakteri ini merupakan bakteri yang sangat bermanfaat untuk bidang pertanian. Sebab pada bakteri ini terdapat kandungan N2 yang mampu membuat tanah menjadi lebih subur.

 

3.) Pembusukan

Ada bakteri yang mampu menghasilkan asam asetat dan juga asam cuka yang mampu membantu proses pembusukan.

 

4.) Ganggang Biru (Cyanobacteria)

Ganggang biru yang biasa sahabat biologi temukan di danau, rawa, laut, tanah bahkan batu dan di air juga. Bakteri ini termasuk ke dalam jenis makhluk hidup yang melakukan proses fotosintesis.

Sehingga mereka membutuhkan cahaya matahari untuk memperoleh makanan.

 

Sekarang sahabat biologi sudah tahu kan, penjelasan mengenai kingdom monera mulai dari pengertian hingga klasifikasinya. Semoga bermanfaat, bertemu lagi nanti dengan Guru di lain waktu.

Artikel Berikutnya:

  1. Sumber Daya Alam Adalah
  2. Uterus Adalah
  3. Tumbuhan Porang