Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar

Posted on

Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar

Manusia diciptakan saling berdampingan dengan makhluk-makhluk lain nya serta berkembang dan bereproduksi demi mempertahankan keberlangsungan keturunan nya. Manusia hidup dengan cara membangun suatu koloni, mengembangkan ilmu pengetahuan dan membentuk suatu sistem kepemimpinan tersendiri yang bermula dari suku dan kerajaan.

Namun tahukah anda? ternyata melalui perkembangan ilmu pengetahuan tersebut, manusia mempelajari dunia tumbuhan dengan cara mengklasifikasikan jenis-jenis tumbuhan nya dalam bentuk suatu organisme atau kingdom. Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kingdom plantae atau organisme tanaman.

Pengertian

Kingdom Plantae diartikan sebagai suatu organisme yang memiliki banyak sel (Multi Seluler), memiliki membran inti (Eukariotik), memiliki klorofil, memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa dan bereproduksi secara seksual (generatif) maupun aseksual (vegetatif).

Klorofil sebenarnya lebih umum dikenal sebagai zat hijau daun yang berfungsi untuk membantu proses fotosintesis yang mana proses fotosintesis itu sendiri diartikan sebagai pengubahan CO 2 atau Karbon Dioksida dan H 2 O atau Hidrogen untuk membentuk senyawa C 6 H 12 O 6 dengan bantuan sinar matahari untuk memproduksi makanan sendiri (autotrof).

Klasifikasi

Terdapat lebih dari 300.000 Jenis tumbuhan di bumi, jenis-jenis tubuhan tersebut diklasifikasikan menjadi beberapa kelompok yang kemudian di klasifikasikan lagi secara spesifik dalam tingkatan yang lebih rendah meliputi kelas, bangsa, suku, marga dan jenisnya.

Setiap pengklasifikasian tersebut dinamai sesuai dengan kode internasional tata nama tumbuhan dalam pengkategorian nama takson nya, Kindom Plantae yang akan kita bahas diantaranya terdiri dari beberapa jenis tumbuhan seperti Briophyta atau tumbuhan lumut, Pteridophyta atau tumbuhan paku dan Spermatophyta atau tumbuhan biji.

Baca Juga :  Kingdom Protista - Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh

Meski demikian Kingdom Plantae juga dibagi dalam dua kelompok besar yang didasarkan pada kondisi morfoilogis nya, yakni kelompok Atracheophyta/Non-Tracheophyta atau umum dikenal sebagai kelompok tumbuhan tak berpembuluh dan Tracheophyta atau umum dikenal sebagai kelompok tumbuhan berpembuluh. Berikut akan kita bahan masing masing pengertiannya:

1. Briophyta atau Tumbuhan Lumut, adalah tumbuhan darat kecil yang tumbuh ditempat dengan kondisi lembap, tak berakar, tidak memiliki batang dan daun sejati, tak memiliki pembuluh xilem dan floem, mengalami pergiliran keturunan serta dikenal sebagai tumbuhan peralihan antara tumbuhan ber-talus dengan tumbuhan berkromus.

Tumbuhan lumut memiliki beberapa jenis diantaranya adalah: Lumut Daun, Lumut Hati, dan Lumut Tanduk.

2. Pteridophyta atau Tumbuhan Paku, adalah tumbuhan berakar serabut dengan batang dan daun sejati, memiliki pembuluh xilem dan floem, memiliki klorofil, mengalami pergiliran keturunan dan berkembang biak secara aseksual/vegetatif melalui spora.

Tumbuhan paku terdiri dari 4 jenis, yakni: Paku Ekor Kuda, Paku Kawat, Paku Purba dan Paku Sejati.

3. Spermatophyta atau Tumbuhan Biji, Adalah tumbuhan darat berakar tunggang maupun serabut dengan batang dan daun sejati, memiliki pembuluh xilem dan floem, memiliki klorofil, memproouksi makanan nya sendiri dengan fotosintesis dan menghasilkan biji.

Tumbuhan niji terdiri dari 2 jenis, yakni tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan berbiki tertutup.

4. Kelompok Atracheophyta/Non-Tracheophyta atau Tumbuhan Tak Berpembuluh, adalah tumbuhan yang tak memiliki pembuluh pengangkut xilem dan floem. Kelompok ini terdiridari 3 divisi,yakni: Antheocerophyta, Briophyta dan Hepatophyta.

5. Kelompok Tracheophyta atau Tumbuhan Berpembuluh, dalah tumbuhan yang tak memiliki pembuluh pengangkut xilem dan floem. Kelompok ini terdiri dari 9 divisi, yakni: Psilophyta, Cycadophyta, Equisetophyta, Lycophyta, Pterophyta, Ginkgophyta, Pinophyta, Gnetophyta dan Antheophyta.

Baca Juga :  Fungsi Rongga Mulut – Disertai Organ Aksesori Di Dalamnya

 

Ciri – Ciri

Kingdom Plantae atau Organisme Tumbuhan memiliki ciri-ciri diantaranya yakni:

  1. Tumbuhan memiliki dinding sel, kloroflas, plastida dan vukuola yang tak dimiliki hewan,
  2. Eukariotik (memiliki membran inti) dan memiliki sel inti,
  3. Terdirid dari banyak sel (multiseluler),
  4. Memiliki akar, batang dan daun sejati,
  5. Relatif berwarna hijau karna memiliki klorofil,
  6. Sebagian besar memiliki bunga yang berfungsi sebagai sarana reproduksi,
  7. Mampu menghasilkan makanan sendiri atau dikenal dengan istilah autotrof melalui proses fotosintesis,
  8. Dikenal sebagai produsen dalam rantai makanan,
  9. Memiliki sifat stasioner diluar beberapa algae hijau yang mampu berpindah dengan flagelum.

 

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Kingdom Plantae, Menarik bukan? Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan menjadi bahan referensi belajar bagi sahabat biologi. Sampai jumpa pada pembahasan berikut nya.

Artikel Lainnya :

  1. Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah
  2. Fermentasi Alkohol – Pengertian, Proses, Reaksi, Faktor, dan Manfaat
  3. Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tahapan, Perbedaan Dengan Aerob