Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

Posted on

Kingdom Monera

Ekosistem.co.id – Kingdom Monera disebut sebagai organisme tertua yang ada di bumi kita ini. Organisme ini disinyalir dapat bertahan dan berevaluasi tergantung tempat mereka tinggal.

Hal inilah yang membuat kingdom monera ada hingga sekarang dan menjadi bagian dari seluruh makhluk hidup yang ada di bumi.

 

 

Pengertian Kingdom Monera

Kingdong Monera adalah salah satu organisme prokariotik dan termasuk dalam organisme tertua di permukaan bumi. Ada dua contoh dari kelompok kerajaan ini yakni bakteri dan alga biru.

Kingdom monera disebut sebagai organisme yang sudah ada sejak milayaran tahun lalu atau dibilang sebagai makhluk hidup terlama di dunia. Karena mereka sudah ada dan hidup sekitar dua milyar tahun yang lalu.

Meski awalnya kingdom monera masuk dalam ke dalam kingdom plantae namun dikeluarkan dari sana. Karena ternyata tidak memiliki ciri ciri yang sama dengan kingdom plantae.

Sebab faktanya menunjukkan jika karakteristik sel yang ada pada bakteri dan juga alga biru sangatlah berbeda pada yang ada pada tumbuhan.

Anggota monera adalah organisme primitif yang tubuhnya tersusun hanya dari satu sel saja. Sehingga monera hanya mengandalkan reaksi metabolisme di dalam tubuh mereka termasuk dalam proses reproduksi.

Kingdom monera melakukan proses perkembangbiakan dengan cara yang sangat sederhana yakni hanya dengan melakukan pembelahan saja. Individu baru akan terbentuk dari sebuah proses pembelahan yang terjadi pada induk.

Proses ini pun hanya terjadi selama dua puluh menit saja menjadikan kingdom monera sebagai makhluk dengan populasi paling banyak di muka bumi.

Baca Juga :  Anemon Laut Memakan Microfiber Plastik Limbah Laundry yang mengalir Ke Lautan

Ukuran organisme ini sendiri sangatlah kecil sehingga tidak disadari keberadaannya oleh makhluk lainnya, terutama manusia. Tapi meski begitu organisme ini berperan sangatlah penting bagi organisme yang sudah mati.

Lewat proses penguraian atau proses pelapukan yang dilakukan oleh kingdom monera sehingga organisme yang mati akan menjadi senyawa lain. Misalnya diubah ke dalam bentuk nitrogen, karbon hingga sulfur dan lainnya.

Proses ini pun disebut mampu mengembalikan mineral yang ada di dalam tanah agar kembali bisa digunakan organisme yang lainnya.

Tapi memang benar, jika organisme satu ini dapat membawa penyakit, salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh kingdom monera adalah sifilis. Tapi beberapa organisme juga memiliki manfaat bagi kehidupan makhluk lain.

Caranya adalah dengan menjalin hubungan saling menguntungkan yang disebut dengan simbiosis mutualisme bersama baik hewan, tumbuhan atau manusia.

Sehingga bisa diartikan jika organisme ini memiliki manfaat bagi makhluk hidup dan keberlangsungannya.

 

 

Ciri Umum Anggota Kingdom Monera

Kingdom Monera sendiri bisa dilihat dari ciri cirinya yang ada di bawah ini :

1.) Tersusun atas satu sel atau uniseluler.

2.) Memiliki bentuk sel yang bervariasi.

3.) Memiliki tipe sel prokariotik.

4.) Memiliki dinding peptidoglikan.

5.) Tidak memiliki oraganel bermembran.

6.) Memperbanyak diri atau bereproduksi dengan cara sederhana. Yakni dengan cara membelah diri atau bisa disebut pula dengan endospora atau tanpa adanya perkawinan.

 

 

Klasifikasi Kingdom Monera Dan Penjelasan

Apabila berdasarkan pada struktur selnya, kingdom monera ini pun dikelompokkan dalam dua bagian yakni :

 

A.) Archaebacteria

Adalah kelompok bakteri purba dengan karakteristik yang berbeda dengan anggota monera lainnya yakni kelompok ini ditemukan di tempat-tempat yang ekstreem.

Baca Juga :  Gambar Daur Litik - Lengkap dengan Proses Reproduksi, Perbedaan dengan Lisogenik

 

Ciri-ciri Archaebacteria

Berikut ini adalah ciri-ciri Archaebakter :

1.) Tidak memiliki dinding peptidoglikan.

2.) Mempunyai beberapa jenis RNA polimera.

3.) Dapat tahan terhadap antibiotic.

4.) Hidup di tempat-tempat ekstreem.

 

Jenis-jenis Archaebacteria

Jika menurut tempat tinggalnya, Archaebacteria dibagi ke dalam beberapa kelompok, berikut ini penjelasannya :

1.) Methanogen

Adalah kelompok archaebacteria yang kelompok Archaebacteria yang dapat menghasilkan gas metana (CH4). Archaebacteria juga juga merupakan organisme anaerob obligat.

Dapat ditemukan pada lapisan rawa paling bawah dan bakteri Archaebacteria ini pun dapat digunakan untuk mengubah kotoran hewan untuk menjadi biogas.

Dan selain itu bakteri ini sendiri juga ditemukan di dalam simbiosis mutualisme pada sistem pencernaan hewan seperti sapi dan rayap.

 

2.) Halofil Ekstrim

Adalah kelompok archaebacteria yang dapat hidup di dalam daerah dengan salinitas berkadar tinggi. Atau memiliki kadar garam yang tinggi seperti laut mati atau di great salt lake.

Kelompok ini memiliki pigmen orhodopsin penangkap energi matahari yang digunakan untuk menghasilkan ATP mau pun energi.

 

3.) Termofil Ekstrim

Kelompok ini biasanya ditemukan pada tempat dengan suhu ekstrim di antara 60°C – 105°C. Hebatnya bakteri ini bisa ditemukan di sumber mata air panas atau bahkan di dalam kawah gunung berapi.

 

 

B.) Eubacteria

Eubacteria merupakan salah satu jenis bakteri yang pertama kali ditemukan oleh Antony van Leeuwenhoek. Pertama kali ditemukan di tahun 1674 dan dikenalkan oleh Ehrenberg pada tahun 1828.

Ciri-ciri Eubachteria

1.) Memiliki panjang 2 hingga µm dan lebar 1 hingga µm lalu memiliki diameter 1 mikron.

2.) Uniseluler yang hidup mandiri atau soliter atau dapat juga hidup berkelompok atau koloni.

3.) Memiliki bentuk sel relatif tetap dikarenakan dinding selnya tersusun dari peptidoglikan.

4.) Dapat membentuk endospora yang memiliki dinding tebal dan dapat tahan di kondisi lingkungan buruk.

5.) Memiliki tubuh dengan susunan kapsul, dinding sel dan membran plasma, hingga sitoplasma, DNA, ribosom, mesosom dan plasmid.

 

Baca Juga :  Bunga Matahari – Ciri – Ciri dan Habitatnya

Klasifikasi Eubachteria

1.) Spirokaeta

Memiliki bentuk spiral dengan panjang kurang lebih 0,25mm dan memperoleh energi melalui kemoheterotrof.

 

2.) Klamidia

Merupakan parasit yang terdapat pada sel hewan serta dapat ditularkan lewat seksual. Bakteri ini pun juga dapat menjadi penyebab kebutaan. Bakteri ini pun bisa mendapatkan energi dari inang nya.

Contohnya adalah: Chlamydia trachomatis.

 

3.) Bakteri Gram

Jika didasarkan dari pewarnaannya, jenis bakteri ini memiliki dua macam gram. Berikut ini penjelannya :

– Gram Negatif disebut juga dengan dinding peptidoglikan tipis dengan warna merah. Contohnya adalah patogen, contoh Salmonella sp.

– Gram positif memiliki dinding peptidoglikan yang tebal dan mempunyai warna unggu. Contohnya seperti Basillus sp.

 

4.) Cyanobacteri

Merupakan golongan alga biru yang mempunyai klorofil dan sama dengan tumbuhan. Kelompok ini bisa ditemukan di air tawar dan juga air laut. Bahkan di dalam kedalaman.

 

5.) Proteobacteri bisa dibagi menjadi tiga kelompok yakni :

– Bakteri ungu

– Proteobacteri kemoautotrofik

– Proteobacteri kemoheterotrofik

 

 

Semoga penjelasan mengenai kingdom monera ciri ciri dan klasifikasinya secara lengkap yang sudah dibahas di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

Artikel Lainnya :

  1. Pencemaran Tanah – Penyebab, Akibat, Contoh, Cara Menanggulanginya
  2. Struktur Akar – Penjelasan Mekanisme Pengangkutan Air Dari Akar Menuju Daun
  3. Struktur Kulit – Penjelasan, Hewan, Wajah, Kepala