Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

Posted on

Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)

Kingdong Monera adalah organisme prokariotik yang merupakan organism tertua yang hidup di bumi. Ada dua contoh dari kelompok kerajaan ini yakni bakteri dan alga biru. Organisme ini sendiri telah hidup dan berevolusi sekitar dua milyar tahun. Pada awalnya organism prokariotik ini dikelompokkan ke dalam kingdom plantae akan tetapi pada akhirnya dikeluarkan dari kelompok ini dikarenaka sebuah fakta yang menunjukkan bahwa karakteristik sel yang dimiliki oleh bakteri dan alga biru sangat berbeda dengan anggota tumbuhan.

Anggota monera adalah organisme primitive yang tubuhnya tersusun hanya dari satu sel saja sehingga monera hanya mengandalkan reaksi metabolism di dalam tubuh mereka termasuk dalam proses reproduksi. Proses pengembangbiakan yang dilakukan oleh kelompok ini pun sangat sederhana, sebuah individu baru dapat terbentuk hanya dari pembelahan yang dilakukan induknya selama dua puluh menit sehingga bisa dibilang jumlah spesies ini adalah yang paling banyak di muka bumi ini.

Namun dengan ukurannya yang sangat kecil membuat organisme tak disadari kehadirannya oleh manusia. Akan tetapi keberadaan organisme ini memiliki peranan yang penting karena organisme ini yang telah mati bisa melalui proses penguraian atau pelapukan yang nantinya akan menjadi senyawa penyusun seperti carbon, nitrogen, sulfur dan lain sebagainya dan bisa mengembalikan mineral di dalam tanah yang bisa digunakan kembali oleh organisme lain. Tapi meski begitu beberapa organisme ini memang dikenal bisa membawa penyakit bagi organisme lain seperti sifilis. Akan tetapi organisme ini juga masih memiliki manfaat lain seperti mengadakan simbiosis mutualisme dengan organisme lain, dengan artian organisme ini juga memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup.

Baca Juga :  Pengertian Enzim – Macam – Macam dan Fungsinya

Ciri Umum Anggota Kingdom Monera

  1. Tersusun atas satu sel atau uniseluler
  2. Memiliki bentuk sel yang bervariasi
  3. Memiliki tipe sel prokariotik
  4. Memiliki dinding peptidoglikan
  5. Tidak memiliki oraganel bermembran
  6. Bereproduksi dengan cara membelah diri atau endospora tanpa perkawinan

 

Klasifikasi Kingdom Monera Dan Penjelasan

Jika didasarkan dengan struktur selnya, kingdom monera ini dikelompokkan menjadi dua divisi yakni:

  1. Archaebacteria

Adalah kelompok bakteri purba dengan karakteristik yang berbeda dengan anggota monera lainnya yakni kelompok ini ditemukan di tempat-tempat yang ekstreem. Berikut ini adalah ciri-ciri Archaebakter:

  • Tidak memiliki dinding peptidoglikan
  • Mempunyai beberapa jenis RNA polimera
  • Dapat tahan terhadap antibiotic
  • Hidup di tempat-tempat ekstreem

Archae jika dibedakan berdasarkan dengan tempat hidupnya:

Methanogen merupakan kelompok archae yang bisa menghasilkan gas metana atau CH4, kelompok ini adalah organism anaerob obligat yang artinya tak bisa mentolelir oksigen resiprasi berlangsung secara anaerob. Bakteri ini juga bisa ditemukan di lapisan rawa paling bawah. Bakteri ini biasanya dimanfaatkan untuk mengubah kotoran hewan menjadi biogas dan selain itu bakteri ini sendiri juga ditemukan di dalam simbiosis mutualisme pada sistem pencernaan hewan seperti sapid an rayap.

Halofil Ekstrim adalah kelompok archae yang ditemukan di daerah dengan kadar salinitas atau garam yang tinggi, contohnya seperti di laut mati atau pun great salt lake, kelompok ini sendiri mempunyai pigmen orhodopsin penangkap energi matahari yang dipergunakan untuk menghasilkan ATP atau energi.

Termofil Ekstrim kelompok ini biasanya ditemukan pada tempat dengan suhu ekstrim di antara 60°C – 105°C. Bakteri ini biasanya dapat ditemukan pada sumber mata air panas atau kawah yang berada di gunung berapi sehingga energi yang diperleh oleh bakteri ini merupakan kemosintesis dari senyawa sulfur.

Baca Juga :  Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

 

  1. Eubacteria

Adalah kelompok bakteri yang mempunyai dinding peptidoglikan, kelompok ini sendiri dibedakan menjadi:

  1. Spirokaeta memiliki bentuk spiral dengan panjang kurang lebih 0,25mm dan memperoleh energy melalui kemoheterotrof. Bakteri ini sendiri dapat menyebabkan penyakit seperti Treponema pallidum atau sifilis.
  2. Klamidia adalah parasit yang ada di dalam sel hewan dan bisa ditularkan melalaui seksual, bakteri ini bisa menyebabkan kebutaan dan mendapatkan energi dari inangnya. Contohnya adalah: Chlamydia trachomatis.
  3. Bakteri Gram adalah jenis bakteri yang didasarkan oleh pewarnaan gram dan terdapat dua macam gram yakni:
  4. Gram Negatif atau dinding peptidoglikan tipis yang memiliki warna merah pada pewarnaan gram. Contohnya adalah patogen, contoh Salmonella sp.
  5. Gram positif mempunyai dinding peptidoglikan yang tebal dan memiliki warna ungu apabila dilakukan pewarnaan gram, umumnya sangat menguntungkan, contohnya seperti Basillus sp.
  6. Cyanobacteri adalah golongan alga biru dan memiliki klorofil a seperti yang dimiliki oleh tumbuhan, kelompok ini bisa ditemukan di air tawar, air laut atau juga di kedalaman.
  7. Proteobacteri bisa dibagi menjadi tiga kelompok yakni:
  8. Bakteri ungu
  9. Proteobacteri kemoautotrofik
  10. Proteobacteri kemoheterotrofik

 

Semoga penjelasan mengenai kingdom monera ciri ciri dan klasifikasinya secara lengkap yang sudah dibahas di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan anda.

 

 

Kingdom Monera – Ciri Ciri Dan Klasifikasi (Lengkap)
4.5 (90%) 2 vote[s]