Keragaman Hayati – Penjelasan, Manfaat, Macam dan Jenisnya, Beserta Contoh

Posted on

Keragaman Hayati – Penjelasan, Manfaat, Macam dan Jenisnya, Beserta Contoh

Dibumi yang kita huni ini ada banyak sekali jenis jenis hewan dan tumbuhan yang beda spesies, semuanya hidup dalam satu lingkungan yang disebut ekosistem. Ekosistem dibumi mungkin akan terlihat permanen atau sama dari waktu kewaktu, Contohnya Hutan akan terlihat menjadi hutan selamanya, padahal mungkin bisa berubah menjadi sebuah gurun, padang rumput, atau terumbu karang didasar lautan.

Perubahan ini dapat terjadi dengan singkat melalui proses yang namanya bencana alam seperti hilangnya hutan karena meletusnya gunung merapi, Nah ketahan ekosistem didalam menghadapi perubahan tentunya berbeda beda, ada yang tahan sekali dengan perubahan dan ada juga yang rentan sekali dengan perubahan. Mengapa semua itu bisa terjadi ? jawabannya adalah karena keragaman hayati. Untuk lebih mendalamnya mari kita simak pembahasan berikut ini :

 

Pengertian Keragaman Hayati

Agar dapat tahan terhadap perubahan suatu ekosistem harus mempunyai banyak jenis spesies didalamnya, Banyaknya ragam atau jenis spesies tumbuhan atau hewan itulah yang disebut Keragaman Hayati. Untuk mengetahui berapa banyaknya spesies dilingkungan kita bisa dapat dari melihat dan mendengar di lingkungan sekitar kita. Misalnya kita dengarkan suara burung, tentu kita dapat memperkirakan jumlah burung yang ada dilingkungan sekitar kita, dan banyak lagi contoh lainnya.

 

Manfaat Keragaman Hayati

Dibumi kita makhluk hidup tersebar diberbagai ekosistem, ada hutan hujan yang banyak dijumpai di Indonesia, ada gurun, ada laut, dan juga kutub yang ditutupi oleh salju. Nah masing masing ekosistem tersebut dihuni oleh mahluk hidup yang berbeda beda karena setiap makhluk hidup memiliki daya tahan kemampuan untuk hidup yang berbeda beda juga. Maksudnya seperti ini : kita tidak akan dapat menemukan beruang kutub yang hidup di gurun karena tubuhnya terbentuk untuk hidup di ekosistem yang dingin.

Baca Juga :  Sumber Daya Alam

Semakin banyak keragaman makhluk hidup didalam ekosistem maka bakal semakin baik buat ekosistemnya. Anggap saja ekosistem merupakan kumpulan balok yang tersusun, masing masing balok mewakili satu spesies, walaupun berbeda tetapi mereka akan bergantung satu sama lainnya, Jika suatu spesies punah maka bisa disebut dia hilang dari ekosistem, Maka hal ini tentunya akan mempengarui spesies lain yang tergantung dengan spesies yang telah punah tersebut. Jika kepunahan spesies terus terusan terjadi maka ekosistem akan hancur.

Sebaliknya jika keragaman hayati didam ekosistem tinggi, maka ekosistem bakalan lebih kuat mempertahankan kelangsungan hidup didalamnya. Contoh jika padi hilang maka kita manusia tentunya dapat memakan gandum, didalam ekosistem semua yang ada didalamnya itu memiliki peran sendiri sendiri, makin beragam hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya maka makin banyak juga makhluk hidup yang memiliki peran penting didalamnya.

 

Klasifikasi Keragaman Hayati

Gen

variasi susunan gen dalam satu spesies
contoh :

kucing, terdapat variasi seperti kucing anggora yang berbulu panjang, kucing siam yang berbulu pendek.

Unggas atau ayam, banyak modelnya dari bentuk tubuhnya,ukurannya, dan perbedaan pada warna bulunya.

Jenis

perbedaan perbedaan pada berbagai spesies makhluk hidup disuatu tempat, keanekaragaman jenis muncul karena pengaruh Gen dan Lingkungan
contoh :

keanekaragaman diantara kacang kacangan, kacang hijau, kacang buncis, kacang tanah, kacang panjang.

 


keanekaragaman Kucing Besar, harimau, singa, jaguar, macan tutul, puma

Ekosistem

merupakan kesatuan antara makhluk hidup ( nama ilmiah : biotik ) dengan lingkungan sekitarnya (nama ilmiah : abiotik ) dimana terjadi hubungan saling membutuhkan diantara keduanya. Semakin banyak keragaman jenis pada suatu daerah tersebut maka terbentuklah kesetabil ekosistem pada daerah tersebut.
contoh :

ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem gurun, ekosistem padang rumput dan lainnya

Peranan Keanekaragaman

Penghasil sumber daya alam hayati seperti sumber kayu, sumber obat obatan, dan kosmetik

Sumber Plasma Nutfah ( sumber gen )

Baca Juga :  Metabolisme Protein – Pengertian Dan Proses Terjadinya Pada Tubuh

 

Sumber Perikanan

 

Sarana Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Rekreasi dan Wisata

 

Keragaman Aspek Sosial dan Budaya Masyarakat

Contoh pembahasan Keragaman Hayati

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai keanekaragaman hayati yang mencangkup penjelasan, manfaat, macam dan jenisnya, beserta contohnya. Semoga ulasan artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa!

 

Artikel Lainnya :

  1. Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar
  2. Minyak Bumi – Manfaat, Fraksi, Komposisi, Sejarah
  3. Respirasi Anaerob – Pengertian, Skema, Tahapan, Perbedaan Dengan Aerob
  4. Fermentasi Alkohol – Pengertian, Proses, Reaksi, Faktor, dan Manfaat