Kantung Empedu – Fungsi Beserta Gambar

Posted on

Kantung Empedu – Fungsi Beserta Gambar

Kantung Empedu – Setiap manusia memiliki organ di dalam tubuhnya dan mempunyai tugas mau pun fungsi tertentu yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jika ada salah satu organ yang tidak bisa bekerja dengan baik maka manusia akan mengalami kesulitan dan berkatifitas dan menjalankan aktifitasnya.

Salah satu organ yang juga sangat penting bagi manusia dan kurang diperhatikan adalah kantung empedu. Organ satu ini memang tak begitu sepopuler organ penting lainnya seperti jantung, hati, ginjal mau pun paru paru tapi organ satu ini juga memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia. Lalu apa saja fungsinya? Kami sudah merangkumnya khusus untuk anda di bawah ini.

Kantong empedu sendiri terletak di bagian yang sangat dekat dengan pertengahan perut tubuh manusia, organ yang sangat kecil ini ada di dalam tubuh dan memiliki fungsi yang sangat penting yakni untuk menyimpan cairan empedu yang dihasilkan oleh organ hati.

Secara normal organ hati bisa memproduksi cairan empedu sekitar 600 hingga 1200ml perhari selain menyimpan empedu kantong empedu juga memiliki fungsi untuk memekatkan empedu dengan cara menyerap air dan elektrolit.

Di dalam keadaan normal cairan empedu akan berwarna kuning kehijauan karena memiliki kandungan 97% air bilirubin yang memberikan warna pada urin yang kita keluarkan.  Cairan empedu juga mengandung kolesterol, garam empedu dan beberapa ion serta pigmen dan zat zat lain yang sangat mirip dengan getah prankeas.

Fungsi Kantung Empedu

  1. Membantu Proses Pencernaan Lemak

Lemak sendiri mempunyai sifat yang tak mudah larut di dalam air, karena hanya dengan cairan empedu lah lemak ini bisa larut dan dicerna di dalam tubuh manusia. Pada saat ada lemak maka tubuh akan membutuhkan cairan empedu dan pada saat itu lah kantong empedu akan mengalirkan cairan empedu ke dalam usus 12 jari yang biasa disebut dengan duodenum.

  1. Membantu Untuk Membuang Limbah Di Dalam Tubuh
Baca Juga :  Uterus Adalah

Pigmen pigmen yang merupakan hasil dari pemecahan sel darah merah dan kelebihan koleterol ini adalah salah satu limbah yang sangat berbahaya dan selalu dibuang oleh tubuh dengan menggunakan bantuan cairan empedu.

Hemoglobin sendiri merupakan salah satu pigmen hasil dari penghancuran sel darah merah yang dibuang ke dalam empedu untuk kemudian dijadikan sebagai bilirubin atau pun pigmen utama yang ada di dalam empedu. Pigmen dari hasil sampingan perusakan sel darah merah di dalam hati ini tak bisa menjadi hemoglobin ini kemudian akan dikeluarkan dari tubuh dengan feses.

  1. Membantu Membuat Kolesterol Dan Membuat Vitamin Dalam Lemak Menjadi Lebih Larut

Lemak memang dikenal tak bisa larut di dalam air sehingg garam empedu berfungsi untuk melarutkannay. Ternyata tak hanya lemak saja akan tetapi garam empedu juga bisa membantu vitamin yang ada di dalam lemak seperti vitamin A, D dan juga vitamin E menjadi lebih mudah untuk larut sehingga akan mudah untuk dicerna dan diserap oleh tubuh karena selain garam empedu juga bisa membantu untuk memindahkan makanan dengan cara merangsang sekresi air yang dilakukan oleh usus besar.

  1. Membantu Untuk Menghilangkan Racun Dari Hati

Empedu adalah sebuah antioksidan yang bisa menghilangkan racun yang berasal dari dalam hati dan zar zat yang seperti obat – obatan, bakteri mau pun virus yang tak bisa diterima oleh tubuh akan disaring oleh hati, setelah hti akan mengirimkan keluar melalui empedu. Apabila anda berada di dalam kondisi normal dan juga sehat maka empedu akan lebih mudah untuk membersihkan hati dan juga usus dari racun – racun yang tak bisa diterima oleh tubuh.

  1. Membantu Untuk Mengaktifkan Enzim Lipas
Baca Juga :  Sistem Endokrin – Fungsi, Organ Dan Gambarnya

Enzim lipase adalah enzim yang mempunyai fungsi untuk mengubah dan juga memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol yang ada di dalam sistem pencernaan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Dengan adanya enzim limpase yang dihasilkan oleh kantung empedu maka lemak akan bisa dipecah dan tidak menumpuk di dalam tubuh yang menyebabkan kolesterol di dalam tubuh menjadi naik dan hal ini yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Demikian pembahasan kami mengenai fungsi yang tak terhingga dari kantung empedu. Sama seperti organ lainnya, organ satu ini juga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Artikel Lainnya :