Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Disertai Tabel paling lengkap

Posted on

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Disertai Tabel paling lengkap

Ekosistem.co.id – Kalkulator Kesuburan merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk diketahui. Terutama bagi wanita yang ingin cepat mendapatkan keturunan dengan mengetahui kapan masa subur dan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri.

 

3 Fase Siklus Menstruasi pada Wanita

Sebelum kita menghitung masa subur dengan menggunakan kalkulator kesuburan, beberapa hal tentang menstruasi wajib Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya :

1.) Masa Menstruasi

Hari pertama siklus menstruasi adalah ketika endometrium atau rahim luruh dan normalnya fase ini berlangsung selama 4 hingga 6 hari. Pada 3 hari pertama wanita akan mengeluarkan darah dan mengakibatkan beberapa rasa nyeri seperti di pinggul, punggung hingga perut.

Hal ini terjadi karena adanya kontraksi yang sedang mengeluarkan endometrium yang luruh dan keluar bersama darah haid.

 

2.) Fase Folikular

Foliker telur pada ovarium telah siap melepaskan telur dan setiap siklusnya akan melepaskan satu telur. Proses ini bisa berjalan dalam waktu lama karena pada siklus ini rahim akan mulai menumbuhkan endometrium baru. Dan menyiapkan proses kehamilan.

 

3.) Fase luteal

Pada saat ovulasi, telur yang dilepaskan dari foliker telur pada ovarium akan terjadi pada hari ke 7 hingga hari ke 22 di siklus menstruasi normal. Apabila sel telur sudah dibuahi oleh sperma dan menempel di endometrium, maka proses kehamilan pun akan dimulai.

Sedangkan endometrium yang tidak dibuahi akan luruh bersama dengan darah haid saat siklus menstruasi.

 

Menstruasi yang tidak teratur sebenarnya menunjukkan gejala dari suatu penyakit yang mungkin diderita. Seperti usus besarm diabetes dan masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan fungsi hati.

 

Fungsi Kalkulator Masa Subur

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan kalkulator masa subur mau pun ovulasi untuk KB alami. Beberapa orang mencari prediksi masa subur untuk menghindari hubungan badan dengan menggunakan kalkulator masa subur ini.

Baca Juga :  Panca Indra – Pengertian, Fungsi Dilengkapi Dengan Gambarnya

Namun beberapa orang juga memanfaatkannya untuk mengetahui masa subur agar bisa melakukan hubungan dengan tepat dan mendapatkan keturunan.

Namun meski begitu, bagi yang ingin mengindari kehamilan sebaiknya jangan hanya mengandalkan cara ini. Karena metode ini hanya memanfaatkan tanggal sehingga tidak bisa memberitahukan pasti kapan waktu wanita tidak subur.

Sehingga cara ini cenderung hanya sangat berguna bagi yang ingin segera mendapatkan keturunan.

Cara ini juga bisa digunakan untuk memerikan berbagai macam gejala ovulasi seperti bercak dan kram ringan, nyeri perut dan perut kembung hingga dorongan seuksual yang meningkat.

 

Apakah Kalkulator Masa Subur Akurat?

Bisa dibilang kalkulator masa subur ini tidak bisa diandalkan sebab hanya berbasis waktu rata-rata. Sehingga cara ini cenderung digunakan untuk melihat rentang waktu yang luas dan bagus bukannya untuk menentukan tanggal yang spesifik dan akurat.

Perhitungan masa subur yang lebih akurat bisa menggunakan aplikasi kesuburan atau ovulasi yang kini sudah banyak tersedia bagi pengguna android. Aplikasi ini akan menggunakan suhu tubuh dan tanda-tanda subur lainnya sehingga dinilai lebih akurat.

 

Cara Kerja Kalkulator Masa Subur

Pada dasarnya cara kerja kalkulator atau kalender masa subur adalah dengan menggunakan hari pertama dan hari terakhir haid serta panjang rata-rata siklus haid. Jika kita tidak tahu, kita bisa menggunakan 28 hari sebagai waktu rata-rata. Siklus haid normal pada umumnya akan berada di 21 hari hingga 35 hari.

Fase luteal normal terjadi paling singkat selama 10 hari dan paling lama selama 15 hari. Dari data ini kita bisa membuat perkiraan hari paling mungkin subur dan mungkin mengalami ovulasi.

Jika kita mengambil data siklus haid rata-rata 35 hari dan fase luteal rata-rata 15 hari maka masa subur akan terjadi pada hari ke 17, 18, 19, dan 20 dari siklus haid.

Baca Juga :  Struktur Kulit - Penjelasan, Hewan, Wajah, Kepala

 

Hitung Masa Subur Jika Siklus Menstruasi Teratur

Secara umum, siklus menstruasi teratur dan teratur terjadi setiap 28 hingga 30 hari. Hari pertama Anda menerima musim dihitung sebagai hari pertama. Jika setiap periode berikutnya adalah hari ke 28 setelah menstruasi, Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap 28 hari.

Sehingga dari sini kita bisa mengetahui masa subur terjadi di hari 13 hingga 15 semenjak hari pertama mendapatkan menstruasi. Contoh : jika mendapatkan haid pertama kali di 1 Desember maka hari kesuburan Anda adalah antara hari ke 13 hingga 15 Desember.

Apabila ingin cepat mendapatkan keturunan maka berhubungan badan lah di hari hari tersebut. Namun jika ingin menghindari kehamilan maka hindari berhubungan badan pada waktu waktu di bawah ini :

Jika Anda ingin hamil cepat, bercinta dengan diri Anda hari itu. Namun, jika Anda tidak mengharapkan kehamilan, hindari hubungan intim selama waktu ini.

 

Tes Masa Subur
Tes Masa Subur

 

 

Hitung Masa Subur Jika Siklus Menstruasi Tidak Teratur

1.) Tuliskan siklus menstruasi dalam 6 bulan terakhir. Misalnya, pada bulan Januari, siklus menstruasi Anda adalah 25 hari, 28 Februari,

2.) 30 Maret, dan seterusnya selama 6 bulan.

3.) Dapatkan siklus terpanjang dan siklus terpendek

4.) Jika siklus terpanjang adalah 35 hari, kurangi 35 dengan 11, hasilnya adalah 24.

5.) Jika siklus terpendek adalah 25 hari, kurangi 25 dengan 18, hasilnya adalah 7.

6.) Selanjutnya, perkiraan kesuburan Anda adalah dari hari ke 7 hingga hari ke 24 setelah pendarahan bulanan pertama.

7.) Selain itu, dilakukan secara manual, sekarang ada usia atau perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghitung kesuburan. Cukup masukkan siklus menstruasi Anda.

 

Baca Juga :  Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar
Keadaan Siklus Menstruasi
Keadaan Siklus Menstruasi

 

Pemeriksaan Janin Alami Tidak Benar

Hitung waktu subur secara manual atau dengan perangkat lunak, akurasinya tidak 100%.

Banyak faktor lain yang berperan, serta paparan terhadap kehamilan, termasuk kesuburan dan gangguan hormonal.

Selain itu, daya tahan sperma setiap orang berbeda. Anda mungkin melakukan hubungan seks di luar masa subur. Tetapi sperma yang memasuki tubuh Anda membutuhkan waktu beberapa hari sebelum waktu kesuburan habis.

Secara umum, serum bisa bertahan 5 hari di tubuh wanita. Jadi, jika Anda menetapkan kalender keluarga dan tidak mengharapkan kehamilan. Sehingga ada baiknya jika mencari waktu yang mana, seperti 5 hari sebelum dan sesudah masa subur.

 

Metode Menghitung Masa Subur yang Lain

Jika ingin lebih aman dan mendapatkan hasil akurat, bisa lakukan penghitungan masa subur dengan menggunakan alat tes masa subur. Alat ini bisa dibeli dan didapatkan di apotek terdekat.

Dengan menggunakan alat menghitung masa subur ini, selain lebih mudah, hasilnya pun lebih akurat.

Maka cara menghitung masa subur menggunakan alat yang dapat dibeli di apotik ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda coba.

Bagi beberapa orang, cara ini mungkin lebih baik dibandingkan harus bersusah payah menghitung masa subur secara manual.

 

Sudah tahu kan bagaimana cara menghitung masa kesuburan dengan menggunakan kalkulator kesuburan di atas. Terapkan caranya, semoga bermanfaat ya!

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :