Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Disertai Tabel paling lengkap

Posted on

Kalkulator Kesuburan: Menghitung Masa Subur Disertai Tabel paling lengkap

 

ekosistem.co.id – Apakah Anda salah satu dari sedikit pasangan yang tidak suka menggunakan kondom saat berhubungan seks? Atau apakah Anda seorang suami dan seorang istri yang mengharapkan kehamilan? Apa pun tujuannya, seorang wanita harus tahu cara menghitung waktu kesuburan. Mari kita bicara tentang cara menghitung kesuburan wanita.

 

Tabel Menstruasi
Tabel Menstruasi

 

Hitung masa subur jika siklus menstruasi teratur:

Secara umum, siklus menstruasi teratur dan teratur terjadi setiap 28 hingga 30 hari. Hari pertama Anda menerima musim dihitung sebagai hari pertama. Jika setiap periode berikutnya adalah hari ke 28 setelah menstruasi, Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur setiap 28 hari.

Dalam hal ini, masa subur Anda adalah dari hari ke 13 hingga 15 sejak hari pertama Anda mengalami menstruasi.
Misalnya, jika Anda mendapatkan pertama kalinya pada 1 Januari, kesuburan Anda adalah 13 hingga 15 Januari.
Jika Anda ingin hamil cepat, bercinta dengan diri Anda hari itu. Namun, jika Anda tidak mengharapkan kehamilan, hindari hubungan intim selama waktu ini.

 

Tes Masa Subur
Tes Masa Subur

 

Hitung masa subur jika siklus menstruasi tidak teratur:

  • Tuliskan siklus menstruasi dalam 6 bulan terakhir. Misalnya, pada bulan Januari, siklus menstruasi Anda adalah 25 hari, 28 Februari,
  • 30 Maret, dan seterusnya selama 6 bulan.
  •  Dapatkan siklus terpanjang dan siklus terpendek
  • Jika siklus terpanjang adalah 35 hari, kurangi 35 dengan 11, hasilnya adalah 24.
  •  Jika siklus terpendek adalah 25 hari, kurangi 25 dengan 18, hasilnya adalah 7
  •  Selanjutnya, perkiraan kesuburan Anda adalah dari hari ke 7 hingga hari ke 24 setelah pendarahan bulanan pertama.
    Selain itu, dilakukan secara manual, sekarang ada usia atau perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghitung kesuburan. Cukup masukkan siklus menstruasi Anda.
Baca Juga :  Panca Indra – Pengertian, Fungsi Dilengkapi Dengan Gambarnya

 

Pemeriksaan janin alami tidak benar

Hitung waktu subur secara manual atau dengan perangkat lunak, akurasinya tidak 100%. Banyak faktor lain yang berperan, serta paparan terhadap kehamilan, termasuk kesuburan dan gangguan hormonal.

Selain itu, daya tahan sperma setiap orang berbeda. Anda mungkin melakukan hubungan seks di luar masa subur, tetapi sperma yang memasuki tubuh Anda membutuhkan waktu beberapa hari sebelum waktu kesuburan habis.

Secara umum, serum bisa bertahan 5 hari di tubuh wanita. Jadi, jika Anda menetapkan kalender keluarga dan tidak mengharapkan kehamilan, carilah waktu yang benar-benar “aman”, misalnya 5 hari sebelum dan sesudah masa subur.

 

Keadaan Siklus Menstruasi
Keadaan Siklus Menstruasi

 

Metode Menghitung Masa Subur Yang Lain

Masih ada cara atau metode menghitung masa subur yang lainnya, yang juga dapat Anda coba. Anda dapat memakai alat untuk mengetes masa subur. Alat tersebut dapat Anda beli di apotek terdekat, banyak yang menjual. Dengan menggunakan alat menghitung masa subur ini, selain lebih mudah, hasilnya pun lebih akurat.

Jadi bagi Anda yang memang ingin memperoleh hasil yang lebih akurat dengan membayar lebih, maka cara menghitung masa subur menggunakan alat yang dapat dibeli di apotik ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda coba. Bagi beberapa orang, cara ini mungkin lebih baik dibandingkan harus bersusah payah menghitung masa subur secara manual.

 

Baca juga artikel kami yang lainnya :