Jumlah Gigi Orang Dewasa

Posted on

Jumlah gigi pada orang dewasa sebenarnya tidak sama dengan jumlah gigi yang ada pada anak-anak. Jika selama ini mungkin kita hanya mengetahui jika gigi bagi orang dewasa dan gigi pada anak anak sama saja. Padahal sebenarnya gigi pada anak anak berbeda dengan gigi orang dewasa.

Baik dari segi jumlah hingga jenis jenis yang dimilikinya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai jumlah gigi yang ada pada orang dewasa. Namun sebelum itu, yuk kita ketahui apa sih, gigi itu?

Pengertian Gigi

Gigi merupakan organ yang termasuk dalam sistem pencernaan. Gigi juga disebut sebagai pencernaan mekanik yang letaknya ada pada rongga di bagian mulut. Fungsi dari gigi ini sendiri adalah untuk memotong, merobek dan mengunyah makanan yang kita makan. Sebelum makanan itu masuk dan ditelan ke kerongkongan.

Struktur gigi sangat keras sehingga mempermudah manusia untuk melakukan proses pencernaan. Itulah fungsi utama dari gigi.

Manusia sendiri memiliki jumlah gigi yang berbeda pada saat masih kecil dan juga sudah dewasa. Berikut ini adalah jumlah gigi yang dimiliki oleh manusia.

Jumlah Gigi pada Manusia

1.) Gigi pada Bayi

Manusia akan mulai memiliki gigi saat mereka menginjak usia balita, di sini gigi akan mulai muncul dan gigi pada balita disebut dengan gigi susu. Gigi susu akan tumbuh satu persatu dan gigi pertama biasanya akan muncul pada usia 6 hingga 8 bulan.

Gigi pertama akan muncul pada bagian rahang bawah dan akan terus bertambah seiring bertambahnya usia. Gigi susu akan lengkap atau tidak akan bertambah lagi saat manusia berusia 2 hingga 3 tahun.

Baca Juga :  Fungsi Rongga Mulut – Disertai Organ Aksesori Di Dalamnya

Gigi susu bukanlah gigi permanen yang dimiliki oleh manusia sehingga gigi ini akan tanggal untuk digantikan dengan gigi lain yang disebut dengan gigi permanen. Menginjak usia 6 tahun, gigi susu akan mulai tanggal satu persatu yang kemudian akan digantikan dengan gigi permanen.

Gigi susu akan tergantikan seluruhnya saat manusia berusia 12 tahun, pada usia ini maka semua gigi susu sudah digantikan dengan gigi permanen.

Jumlah pada gigi susu sendiri adalah sekitar 20 buah. Gigi susu terbagi atas 4 gigi taring, 8 gigi seri dan yang terakhir adalah 8gigi premolar.

2.) Gigi Permanen

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ketika sudah dewasa gigi susu yang ada pada manusia akan tanggal dan digantikan dengan gigi permanen. Gigi permanen ini nantinya akan selamanya dimiliki oleh manusia dengan artian tidak akan tergantikan oleh gigi lain. Maka dari itu disebut dengan gigi permanen.

Jika gigi susu yang tanggal akan tergantikan. Atau menjadi gigi permanen. Maka berbeda dengan gigi permanen, apabila gigi ini tanggal maka gigi ini pun tidak akan tumbuh atau tergantikan oleh gigi baru dalam artian lain manusia akan menjadi ompong selamanya.

Untuk jumlahnya sendiri gigi permanen ini memiliki jumlah yang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan gigi susu. Yakni jumlahnya adalah 32 buah gigi permanen. Gigi ini terbagi atas 8 buah gigi seri, 8 buah gigi premolar, 4 buah gigi taring dan terakhir ada 12 buah gigi molar.

Jenis Jenis Gigi dan Fungsinya

Gigi adalah salah satu organ penunjang pada sistem pencernaan manusia dan memiliki tugas yang cukup penting yakni untuk mengunyah makanan. Bayangkan jika manusia tidak mengunyah makananannya dengan benar tanpa bantuan gigi makan makanan tidak akan bisa diserap oleh tubuh dan tidak akan dapat menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Baca Juga :  Proses Pembentukan Urine - Skema Dan Gangguannya

Selain tulang gigi merupakan bagian tubuh manusia yang memiliki tekstur sangat keras karena memang fungsi utama dari gigi adalah untuk membantu mencerna makanan. Manusia akan menggunakan gigi untuk menggigit, mengoyak, mengunyah hingga digunakan untuk menghaluskan makanan dan benar.

Bentuk gigi juga membantu manusia untuk dapat berbicara dengan baik dan jelas. Tak jarang gigi yang bentuknya berantakan akan membuat seseorang kesulitan dalam berbicara.

Maka bentuk gigi yang rapi sangat penting bagi manusia. Kerapihan gigi sendiri tergantung pada saat gigi susu yang tanggal dan tergantikan oleh gigi yang permanen.

Berikut ini adalah jenis jenis gigi permanen yang dimiliki oleh manusia beserta dengan fungsinya.

1.) Gigi Seri

Berjumlah 8 gigi, gigi seri ini terbagi ke dalam dua tempat yang pertama pada rahang bawah 4 buah gigi seri dan pada rahang atas 4 buah gigi seri. Fungsi dari gigi ini adalah digunakan untuk memotong dan menggigit makanan.

2.) Gigi Taring

Gigi ini berjumlah 4 buah yang ditelakkan di bagian rahang atas dua buah gigi dan bagian rahang bawah adalah 2 gigi. Fungsi dari gigi taring ini adalah digunakan untuk merobek makanan yang kita makan.

3.) Gigi Premolar

Gigi ini memiliki jumlah 8 buah dan terletak di antara gigi geraham dan juga gigi taring. Gigi ini berfungsi untuk mengunyah makanan agar menjadi halus saat ditelan dan masuk ke kerongkongan.

4.) Gigi Geraham

Gigi geraham adalah salah satu jenis gigi permanen manusia dan memiliki jumlah 8 buah. Gigi ini berada pada deretan yang paling belakang dari semua gigi. Atau letaknya berada di dekat dengan pipi bagian dalam. Fungsi utama dari gigi ini adalah untuk menggiling makanan hingga menjadi lembut dan mudah untuk ditelan.

Baca Juga :  Muskuloskeletal - Pengertian, Sistem, Beserta Gangguan

5.) Gigi Bungsu atau Geraham Bungsu

Memiliki jumlah 4 buah dari keseluruhan gigi manusia dewasa. Gigi ini terletak pada posisi paling belakang dan biasanya berada di antara gigi lainnya. Keberadaan gigi ini berbeda dengan gigi lainnya, karena jika gigi lainnya sangat penting keberadaannya sedangkan gigi ini keberadaan terkadang mengganggu dan menimbulkan rasa sakit.

Pada beberapa kasus gigi ini bahkan menyebabkan masalah serius pada sistem pencernaan sehingga terkadang gigi ini harus dihilangkan dengan cara dioperasi.

Meskipun begitu gigi ini juga berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan.

Nah, sudah tahu kan, ada berapa jumlah gigi orang dewasa beserta dengan penjelasannya dan fungsinya.

Artikel Lainnya :

·  Sistem Pernapasan pada Hewan

·  Sistem Pernapasan pada Manusia

·  Proses Pencernaan Pada Manusia