Jenis Daun – Penjelasan Secara Lengkap dan Contohnya

Posted on

Jenis Daun

Ekosistem.co.id – Jenis daun cukup beragam sehingga sangat penting untuk kita pelajari. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas mengenai daun dan jenisnya.

 

Pengertian Daun

Daun merupakan salah satu komponen yang ada pada tumbuhan dan bisa dibilang merupakan salah satu organ penting yang terletak di cabang tumbuhan. Sebagian besar daun berwarna hijau karena mengandung klorofil.

Namun ada juga daun yang tidak berwarna hijau, dan biasanya daun dengan warna selain hijau di dalamnya tidak menganding klorofil atau hanya memiliki sedikit saja kandungan klorofil.

Daun merupakan tempat bagi tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis yang dapat menghasilkan energi dan makanan bagi tumbuhan.

 

Fungsi Daun

Seperti yang sudah kita tahu jika daun memiliki fungsi yang sangat penting bagi tumbuhan, dan berikut ini adalah fungsinya :

1.) Lokasi Berlangsungnya Fotosintesis

Daun adalah tempat berlangsung proses pengolahan dan produksi makanan yang dibuat melalui karbondioksida dan dilakukan oleh stomata dan air. Dengan bantuan cahaya matahari.

Proses ini sendiri disebut dengan fotosintesis.

 

2.) Sebagai Alat Respirasi

Stomata yang ada di dalam daun tidak hanya membantu proses fotosintesis tapi juga merupakan organ pernapasan bagi tumbuhan. Sehingga daun juga berfungsi sebagai alat pernapasan bagi tumbuhan.

 

3.) Sebagai Alat Reproduksi Vegetatif

Pada beberapa jenis tanaman seperti cocor bebek, daun juga berfungsi sebagai alat reproduksi yang dimanfaatkan untuk bereproduksi atau memperbanyak jenisnya.

 

4.) Mengatur Proses Transpirasi

Stomata dan kutikula yang ada pada daun membantu daun untuk melakukan penguapan, yang sebagian besar tugas ini dilakukan oleh kutikula.

 

 5.) Proses Gutasi

Daun menjadi tempat untuk mengeluarkan cairan yang berbentuk tetesan dan merembes dari permukaan daun.

Baca Juga :  Keragaman Hayati - Penjelasan, Manfaat, Macam dan Jenisnya, Beserta Contoh

 

 

Struktur Bagian Daun

Daun terdiri dari dua struktur, yakni struktur dalam dan struktur luar. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai struktur daun :

 

Struktur Luar Daun (Eksternal)

Pada bagian luar daun terdapat 3 bagian yakni :

1.) Pelepah daun adalah bagian daun yang memiliki fungsi sebagai dudukan dari daun yang ada pada batang.

2.) Tangkai daun atau petiolus adalah bagian daun dengan tugas sebagai penghubung dari pelepah batang dengan helai daun.

3.) Helai daun atau lamina merupakan salah satu bagian paling penting bagi daun karena perannya cukup penting dengan bentuk yang beragam. Ada yang tipis dan ada yang tebal dan fungsinya adalah untuk membantu proses fotosintesis.

 

Struktur Dalam Daun (Internal)

Sedangkan di bagian dalam daun terdiri dari beberapa bagian, berikut ini penjelasannya :

1.) Epidermis

Epidermis merupakan jaringan sel yang hidup di bagian paling luar dan terdiri dari bagian bawah dan bagian atas dengan fungsi sebagai pelindung jaringan.

 

2.) Jaringan Mesofil

Sedangkan jaringan mesofil sendiri memiliki beberapa bagian, yakni :

– Jaringan tiang atau jaringan palisade merupakan jaringan yang di dalamnya terkandung banyak kloroplas. Sehingga berfungsi sebagai pembuat makanan.

– Jaringan bunga karang atau Jaringan spons merupakan jaringa dengan rongga yang digunakan untuk menyimpan cadangan makanan.

 

 

Jenis-jenis Daun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika daun terdiri dari beberapa jenis dan berikut ini penjelasannya :

1.) Daun Menyirip

Daun menyirip memiliki bentuk seperti tulang dengan bulu yang berbaris seperti barisan ikan. Karena bulu bulu dari daun ini berjajar dengan sangat teratur dan juga sangat rapi.

Selain itu bentuk daun ini juga sangat teratur mulai dari bagian batang hingga ke bagian ujung ekstremitas.

Baca Juga :  Tulang Belakang – Bagian, Fungsi, Lengkap dengan Gambar

Jenis daun ini bisa dilihat pada beberapa tumbuhan seperti daun pada pohon durian, daun pada kacang mede, daun pada jambu biji dersono, daun jambu biji, daun mangga bahkan juga pada daun rambuta.

 

2.) Daun Berduri

Daun berduri adalah jenis daun dengan bentuk yang sangat umum dan masuk ke dalam kelompok tanaman konifer. Contoh tumbuhan yang memiliki daun berduri adalah pohon pinus, pohon laurel hingga pohon cemara.

 

3.) Daun Sejajar

Daun sejajar adalah daun dengan bentuk tulang yang menuju ke dalam dan memiliki garis pararel sehingga daun ini juga disebut dengan daun pararel.

Pada setiap bagian tulang yang ada pada daun sejajar ini bentuknya akan sejajar dan menyatu.

Contoh dari daun sejajar bisa sahabat biologi lihat pada rumput, daun di tanaman jagung, daun tebu, daun kelapa hingga pada daun padi.

 

4.) Daun Menjari

Jenis daun lainnya adalah daun menjari dengan bentuk daun yang memiliki tulang daun dengan ukuran yang cukup besar. Daun ini juga memiliki bentuk seperti jari jari tangan maka dari itu disebut dengan daun menjari.

Namun ada juga daun menjari yang bentuknya hampir mirip dengan tangan manusia, seperti daun yang ada di tanaman singkong. Bentuknya mirip sekali dengan tangan manusia.

Daun menjari bisa sahabat biologi temukan pada beberapa tanaman seperti pepaya, pohon kapas dan pastinya pada tanaman singkong.

 

5.) Daun Melengkung

Sesuai dengan namanya daun melengkung memang berbentuk melengkuk dengan banyak garis garis di permukaannya. Daun melengkung ini bisa sahabat biologi lihat di beberapa tumbuhan seperti daun genjer, daun gadung hingga daun sirih.

 

 

Baca Juga :  Monokotil dan Dikotil - Ciri Dari Tumbuhan Monokotil, Dan Dikotil Paling Lengkap

Sudah tahu kan, apa saja jenis daun beserta dengan penjelasan dan ulasan lengkapnya, semoga bisa jadi refrensi belajar yang menyenangkan ya. Sampai jumpa….

 

Artikel Terkait: