Jaringan Ikat – Ciri Ciri, Letak, Jenis dan Fungsi Beserta Gambar

Posted on

Jaringan Ikat – Ciri Ciri, Letak, Jenis dan Fungsi Beserta Gambar

Jaringan Ikat – Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai jaringan ikat yang meliputi pengertian, ciri – ciri, letak jenis beserta dengan fungsinya yang dilengkapi dengan gambar. Silakan geser kursor anda kearah bawah untuk lanjut melihat penjelasan mendetailnya dari kami

Pengertian Jaringan Ikat

Jaringan ikat adalah jaringan yang memiliki fungsi untuk mengikat, menunjang serta mengikat bagian atau pun organ yang lainnya. Susunan jaringan ikat ini merupakan sel yang terdiri di dalam matriks ekstraseluler serta susunannya tersebar.

Jaringan ikat adalah jaringan yang banyak sekali ditemukan di dalam tubuh dan mempunyai susunan sela yang jarang dan menyebar di dalam suatu matriks ekstraseluler, jaringan ikat ini sendiri dibentuk dari mesenkim yang berasal dari mesoderm.

Mesoderm sendiri merupakan lapisan tengah pada embrio, jaringan ikat pula disebut dengan jaringan penyokong atau pun jaringan penunjangnya.

Ciri-ciri Jaringan Ikat

Berikut ini adalah ciri – ciri jaringan ikat yang harus anda ketahui :

  1. Sel jaringan ikat terletak tidak berdekatan apabila hanya terhubung di ujung protoplasmanya saja.
  2. Jaringan ikat memiliki komponen intraseluler atau pun matriks.
  3. Memiliki bentuk sela yang tersebat atau tidak beraturan, sitoplasma bergrabula dan inti dari sel menggelembung.

Letak Dan Jenis Jaringan Ikat

Menurut struktur dan juga fungsinya jaringan ikat memiliki beberapa jenis, dan berikut ini adalah jenis – jenis dari jaringan ikat yang disertai dengan letaknya.

Baca Juga :  Fungsi Protein – Untuk Kebutuhan Hidup Manusia

  1. Jaringan Ikat Longgar

Merupakan Jaringan yang memiliki sel yang jarang dan beberapa jaringan yang tersusun oleh matriks yang terbentuk oleh sebuah cairan lendir atu pun mukus yang memiliki kandungan serabut kolagen dan serabut elasting. Letak jaringan ini berada pada magrofag, sel plasma, sel tiang, dan juga sel lemak. Fungsi dari jaringan ini sendiri adalah sebagai pembungkus atau pun pelindung organ pembuluh darah dan juga syaraf.

  1. Jaringan Ikat Padat

Jaringan ikat padat ini sendiri disusun atas sel – sel fibrolas dan memiliki banyak sekali serat kolagen yang disusun dengan padat dan teratur, serat kolagen ini memiliki sifat yang fleksibel akan tetapi tidak elastis. Letaknya sendiri berada pada pada tendon, ligamen, dan juga pembungkus tulang dan lapisan dermis pada kulit.

  1. Jaringan Lemak

Jaringan lemak atau yang juga disebut dengan adipose ini adalah jaringan yang memiliki fungsi untuk menyimpan lemak yang adalah cadangan makanan dan pengahangat bagi tubuh. Jaringan ini sendiri terletak pada semua bagian tubuh.

  1. Jaringan Darah

Jaringan darah adalah jaringan ikat yang istimewa dikarenakan bentuknya yang menyerupai cairan, jaringan darah ini sendiri tergolong ke dalam jaringan ikat karena memiliki matriks ekstraseluler yang berbentuk cairan yakni plasma darah.

  1. Jaringan Limfe

Jaringan limfe mau pun  jaringan getah bening ini memiliki fungsi sebagai kekebalan tubuh dan juga pengangkut cairan jaringan, protein, lemak, garam mineral dan juga zat lainnya yang berasal dari jaringan ke sistem pembuluh darah. Jaringan limfe ini sendiri terletak pada organ seperti timus, kelenjar limfe tonsil dan limpa. Sementara itu jaringan limfe tersusun atas serta retikuler dan juga makrofag.

Fungsi Jaringan Ikat

Jaringan ikat sendiri memiliki banyak sekali fungsi yang baik bagi tubuh manusia, berikut ini adalah fungsi dari jaringan ikat.

Baca Juga :  Fungsi Trakea Pada Manusia Serta Struktur Trakea
  1. Jaringan ikat berfungsi untuk mengikat dan juga menunjang jaringan yang lain yang ada di dalam tubuh.
  2. Jaringan ikat memiliki fungsi untuk melindungi organ – organ penting yang ada di dalam tubuh.
  3. Jaringan ikat memiliki fungsi untuk menyimpan energi di dalam tubuh.
  4. Jaringan ikat memiliki fungsi untuk menyusun sistem peredaran darah.
  5. Jaringan ikat memiliki fungsi sebagai pengisi rongga di antara organ penting yang ada di dalam tubuh.
  6. Jaringan ikat ini memiliki fungsi sebagai pengangkut oksigen dan juga makanan yang menuju ke jaringan lainnya.
  7. Jaringan ikat ini memiliki fungsi untuk mengangkut sisa metabolisme menuju alat pengeluaran.
  8. Jaringan ikat ini memiliki fungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh.

 

Demikian pembahasan mengenai jaringan ikat yang disertai dengan pengertian secara lengkap, ciri – ciri, jenisnya hingga letak jaringan ikat yang disertai dengan gambarnya secara lengkap. Semoga bisa menambah pengetahuan anda, sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya:

Sel Darah Putih – Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Sel darah putih

Jaringan Saraf : Pengertian, Ciri ciri, Jenis, Struktur, Fungsi dan Gambar

Sistem Endokrin – Fungsi, Organ Dan Gambarnya