Jaringan Hewan Dan Tumbuhan – Perbedaan, Persamaan Dan Gambar

Posted on

Jaringan Hewan Dan Tumbuhan – Perbedaan, Persamaan Dan Gambar

Jaringan Hewan Dan Tumbuhan – Jaringan hewan dan tumbuhan memiliki banyak sekali perbedaan, akan tetapi meski memiliki banyak perbedaan namun jaringan yang ada pada hewan dan tumbuhan juga memiliki persamaan. Untuk itu di dalam artikel ini mari coba anda lihat apa saja perbedaan sel hewan dan juga sel tumbuhan, selain itu artikel ini juga akan menjelaskan mengenai persamaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Sebenarnya pada dasarnya sel pada tumbuhan dan sel pada hewan merupakan sel dengan struktur penyusun sel yang sama, namun ada beberapa organel sel yang bisa pada tumbuhan tidak bisa anda temukan pada sel hewan dan begitu juga sebaliknya, sel yang ada pada hewan tak bisa anda temukan pada tumbuhan. Mari kita simak apa saja persamaan dan juga perbedaan sel yang ada pada hewan dan juga tumbuhan.

Persamaan dan Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Coba perhatikan gambar yang ada di atas, anda akan bisa melihat persamaan dan juga perbedaan penyusun sel hewan dan juga sel tumbuhan.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

Kami telah menyiapkan tabel yang secara jelas akan memberikan apa saja perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dalam karakteristik tertentu, simak di bawah ini ya!

Tabel Perbedaan Sel Hewan Dan Tumbuhan

Perbedaan (Karakteristik)Sel TumbuhanSel Hewan
BentukTetapTidak tetap
Dinding selAdaTidak ada
PlastidaAdaTidak ada
VakuolaAda dan besarTidak ada, atau pada hewan uniseluler vakuola atau lebih kecil dari tumbuhan
SentriolTidak adaAda
NukleusLebih kecil dari vakuolaLebih besar dari vesikel
Bentuk energi tersimpanButiran (granul) patiButiran (granul) glikogen
Baca Juga :  Vakuola Adalah – Pengertian, Fungsi, Struktur

 

Setelah melihat tabel yang ada di atas, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan dan persamaan sel pada hewan dan sel pada tumbuhan.

Perbedaan Sel Pada Hewan Dan Tumbuhan

Hewan dan tumbuhan juga mempunyai beberapa organel yang berbeda, berikut ini adalah organel yang hanya dimiliki oleh tumbuhan akan tetapi tak dimiliki oleh hewan.

  1. Dinding Sel

Dinding sel memiliki fungsi sebagai pelindung dan juga pemberi bentuk tetap serta jalan keluar masuknya molekul – molekuk, sedangkan itu struktur dinding sel ini sendiri tertusun atas polisakarida lemak dan juga protein.

  1. Vakuola

Vakula ini terdapat pada sel – sel parenkim dan juga kolenkim dan memiliki fungsi untuk menyimpan minyak asiri.

  1. Plastida

Merupakan organel yang memiliki kandungan pigmen dan memiliki bentuk, ukuran serta warna yang bermacam – macam sesuai dengan fungsinya.

  1. Glioksisom

Organel ini terletak pada biji dan juga menghasilkan enzim pengurai lemak menjadi karbohidrat.

Persamaan Sel Pada Hewan Dan Tumbuhan

Sel yang ada pada hewan dan tumbuhan sama – sama mempunyai bagian – bagian yang ada di bawah ini:

  1. Membran Plasma

Membran plasma atau selaput sel ini terletak di lapias paling luar sel dan memiliki fungsi pelindung molekuler sel terhadap lingkungan yang ada ada di luar.

  1. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan matriks cair yang ada di dalam sel, strukturnya ini sendiri antara lain adalah protein, lemak, mineral, serta enzim-enzim.

  1. Organel Sel

Inti sel (Nukleus) – Nukleus merupakan organel paling besar dari sebuah sel sehingga menjadi yang paling jelas terlihat pada saat diamati dengan menggunakan mikroskop.

Retikulum Endoplasma (RE) – Memiliki struktur yang serupa dengan kantung pipih, ada dua jenis retikulum endoplasma yakni retikulum endoplasma kasar atau Rough endoplasmic reticulum dan juga retikulum endoplasma halus atau Smooth endoplasmic reticulum.

  1. Ribosom
Baca Juga :  Tulang Dada – Fungsi dan Bentuknya

Ribonsim adalah organe sel paling kecil yang memiliki bentuk bulat dan terletak di hampir seluruh sel, ada ribonsom yang melekat pada RE dan ada juga ribonsom yang bersifat bebas atau soliter.

  1. Mitokondria

Sel ini memiliki fungsi sebagai pusat respirasi seluler yang menghasilkan ATP yakni Adenosin Triphospate, yang sangat berguna sebagai energi bagi tubuh.

  1. Lisosom

Lisobom merupakan organel seperti vakula yang menyekresikan enzim – enzim yang mencerna bahan makanan, di samping itu, lisosom juga menghasilkan enzim – enzim yang memiliki fungsi untuk mematikan sel.

  1. Peroksisom

Peroksisom ini sendiri bisa ditemukan di hampir seluruh sel eukariotik, peroksisom memliki peran di dalam metabolisme asam lemak dan juga metabolit yang lainnya.

Demikian penjelasan dari kami tentang Jaringan Hewan dan Tumbuhan, semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dibidang ilmu Biologi.

Artikel Lainnya :