Ikan – Jenis, Ciri-Ciri Beserta Gambarnya Terlengkap

Posted on

Ikan bisa sahabat biologi temukan dengan mudah di seluruh perairan yang ada di penjuru dunia. Ada ikan yang dapat hidup di air tawar seperti sungai, air asin di lautan luas, hingga hidup di air payau.

Wajib sahabat belajar tahu, bahwa ikan masuk ke dalam kelompok vertevrata poikilotermik. Artinya ikan adalah hewan bertulang belakang namun hidup di dalam air.

Ikan dapat hidup di dalam air berkat bantuan organ khsusus yang hanya ada pada ikan, organ ini disebut ingsang.

Ingsang membantu ikan mampu bernapas di dalam air dan memperoleh oksigen dari dalam air. Meski begitu ingsang tidak mampu bekerja di luar air, sehingga ikan hanya mampu hidup di dalam air saja dan akan mati apabila keluar dari air.

Pastinya sahabat biologi baru tahu jika ikan termasuk dalam hewan yang memiliki banyak aneka ragam. Hingga kini tercatat ada  lebih dari 27 ribu spesies ikan yang ada di seluruh dunia.

Jumlah ini yang sudah dikenali dan dihitung ya, karena banyak yang percaya jika jumlah ikan di dunia ini lebih banyak dari itu.

Di dunia ini ada banyak sekali ikan dari berbagai macam spesies, namun pada kesempatan kali ini Guru akan lebih fokus untuk membahas beberapa jenis ikan yang hidup di Indonesia.

Selain itu beberapa ikan yang akan dibahas ini juga merupakan ikan yang cukup familiar bagi sahabat biologi, karena mudah ditemukan dan bahkan dikonsumsi oleh sebagian besar dari kita.

 

Jenis Jenis Ikan

1.) Ikan Kakap Merah

Ikan kakap merupakan contoh ikan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Terutama bagi sahabat biologi yang sangat suka mengkonsumsi makanan laut, pastinya sudah pernah mencoba makan ikan kakap kan. Kakap sendiri merupakan ikan laut khas kepulauan Riau.

Baca Juga :  Metabolisme Karbohidrat – Macam Macam Dan Pengertiannya

Ikan kakap sendiri terdiri dari banyak sekali jenis, salah satu jenis yang paling banyak dicari adalah ikan kakap merah. Ikan kakap merah merupakan jenis yang paling banyak disukai untuk dikonsumsi karena dagingnya yang nikmat.

Tak hanya nikmat disantap, nyatanya ikan ini juga memiliki banyak sekali kandungan selenium yang bisa dijadikan sebagai antioksidan alami dan mampu menangkal radikal bebas.

Ikan kakap merah hidup secara bergerombol dan bertempat tinggal di perairan asin, ikan ini pun bertahan hidup dengan memangsa ikan ikan kecil, dan masuk dalam kelompok karnivora. Ciri khusus dari ikan kakap ini adalah warna sisiknya yang kemerah-merahan.

Klasifikasi Kakap Merah

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Famili Lutjanidae
Genus Lutjanus
Spesies Lutjanus campechanus

 

 

2.) Ikan Tuna

 

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang dianggap memiliki banyak sekali penggemar. Bukan hanya di Indonesia saja, bahkan di seluruh dunia ikan ini memiliki penggemar yang tidak sedikit. Sebut saja Negara Jepang yang menjadi pengkonsumsi ikan tuna terbesar di dunia.

Tuna yang nikmat dijadikan menu sushi atau shasimi ini memang memiliki harga yang cukup tinggi.

Karena memiliki kandungan protein dan asam amino yang cukup tinggi membuat ikan tuna dianggap memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi.

Habitat ikan ini ada di sepanjang Samudera Pasifik hingga di Samudera Hindia. Di Negara kita sendiri yakni Indonesia ikan tuna banyak dijumpai di bagian selatan laut Pulau Jawa.

Tubuh ikan tuna memiliki bentuk yang cukup panjang dengan kepala berbentuk segitiga. Kulitnya berwarna abu-abu keperakan, ukuran ikan tuna juga beragam ada yang kecil namun ada juga ikan tuna yang berukuran sangat besar.

Baca Juga :  Hormon Giberelin–Pengertian, Letak, dan Fungsinya

Ikan tuna terdiri dari beberapa jenis yakni yellow fin dan ada jenis tuna blue fin yang memiliki harga cukup mahal karena kualitasnya.

Klasifikasi Ikan Tuna

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Sub filum Vertebrata
Kelas Teleostei
Sub kelas Actinopterygii
Ordo Perciformes
Sub ordo Scombridei
Famili Scombridae
Genus Thunnus
Spesies Thunnus sp

 

3.) Lele

Kalau ikan lele sudah pasti sahabat biologi mengetahuinya kan, ikan yang hidup di air tawar ini merupakan ikan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Pasti sahabat belajar juga pernah makan lele goreng atau pecel lele.

Lele memang memiliki rasa yang nikmat dan juga dianggap memiliki gizi yang baik bagi kesehatan.

Memiliki daging yang lembut ikan lele bisa dinikmati baik bagi orang dewasa hingga anak anak. Ikan lele merupakan sumber vitamin B12, memiliki kandungan asam lemak yang sangat sehat dan rendah lemak. Lele juga sangat rendah merkuri dan rendah kalori.

Kita bisa menjumpai ikan lele perairan air tawar, misalnya di sungai yang airnya tidak terlalu deras atau di perairan yang tenang  misalnya danau, waduk, rawa-rawa, dan genangan-genangan air lainnya.

Ikan lele memiliki ciri tubuh yang unik dengan kumis, sirip, kepala yang keras dan patil yang tajam.

Klasifikasi Ikan Lele

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopterygii
Ordo Siluriformes
Famili Clariidae
Genus Clarias
Kingdom Animalia

 

4.) Gurami

 

Ikan terakhir yang kita bahas kali ini adalah ikan gurami, mungkin sahabat biologi juga suka makan gurami goreng kan. Ya, gurami goreng memang menjadi salah satu menu terenak yang sering hadir di rumah makan seafood.

Harga gurami memang lebih murah dari ikan kakap, namun jika dari cita rasanya sendiri ikan gurami tidak kalah kok dengan ikan kakap. Dengan rasa yang lebih lembut dan lebih manis ikan gurami bisa dibuat dalam beberapa menu masakan.

Baca Juga :  Skoliosis Adalah - Penjelasan Lengkap Beserta Penyebabnya

Sebut saja seperti gurami bakar, gurami asam manis dan masih banyak yang lainnya. Ikan gurami dapat hidup di perairan tropis dengan mendiami sungai mau pun rawa air tawar.

Bentuk ikan gurami cukup unik dengan tubuh yang pipih dan agak panjang, bentuk mulutnya moncong dan kecil dengan sisik sisik yang ukurannya sangat besar.

Klasifikasi Ikan Gurami

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Class Pisces
Sub Class Teleostei
Ordo Labyrinthici
Sub Ordo Anabantoidae
Famili Anabantidae
Genus Osphronemus
Species Osphronemus gouramy

 

 

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang menjadi menu restoran dan sering dikonsumsi di Indonesia. Silahkan mencoba menu-menu tersebut selagi masih bisa.

Artikel Lainnya :