Ikan – Jenis, Ciri-Ciri Beserta Gambarnya Terlengkap

Posted on

Ikan

Ikan bisa sahabat biologi temukan dengan mudah di seluruh perairan yang ada di penjuru dunia. Ada ikan yang dapat hidup di air tawar seperti sungai, air asin di lautan luas, hingga hidup di air payau.

Wajib sahabat belajar tahu, bahwa ikan masuk ke dalam kelompok vertevrata poikilotermik. Artinya ikan adalah hewan bertulang belakang namun hidup di dalam air.

Ikan memiliki organ khusus yang memungkinkannya untuk dapat bertahan hidup dan bernapas di dalam air. Organ tersebut adalah ingsang yang tidak dapat ditemukan pada hewan lain selain ikan.

Dengan bantuan organ tersebut ikan dapat memperoleh oksigen meski sebagian besar hidupnya dijalani di dalam air. Jadi meskipun di dalam air, ikan tetap bernapas dan membutuhkan oksigen.

Meski begitu ingsang tidak mampu bekerja di luar air, sehingga ikan hanya mampu hidup di dalam air saja dan akan mati apabila keluar dari air.

Pastinya sahabat biologi baru tahu jika ikan termasuk dalam hewan yang memiliki banyak aneka ragam. Hingga kini tercatat ada  lebih dari 27 ribu spesies ikan yang ada di seluruh dunia.

Jumlah ini yang sudah dikenali dan dihitung ya, karena banyak yang percaya jika jumlah ikan di dunia ini lebih banyak dari itu.

Di dunia ini ada banyak sekali ikan dari berbagai macam spesies, namun pada kesempatan kali ini Guru akan lebih fokus untuk membahas beberapa jenis ikan yang hidup di Indonesia.

Selain itu beberapa ikan yang akan dibahas ini juga merupakan ikan yang cukup familiar bagi sahabat biologi, karena mudah ditemukan dan bahkan dikonsumsi oleh sebagian besar dari kita.

 

Meski umumnya ikan hidup di dalam air, namun terdapat beberapa perbedaan antara ikan yang hidup di laut dan ikan yang hidup di sungai atau ikan air tawar. Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, kita simak di bawah ini :

 

Ikan Air Laut

Merupakan spesies ikan yang hanya dapat hidup di lingkungan dengan kadar garam tinggi. Karena ikan ini memiliki cairan tubuh dengan kadar garam yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kadar galam di lingkungannya.

Sehingga mereka dapat hidup di perairan laut yang memiliki kadar garam di dalamnya.

Baca Juga :  Jaringan Kolenkim

 

 

Jenis-jenis Ikan Air Laut dan Ciri-cirinya

Berikut ini ikan air laut beserta dengan ciri ciri dan klasifikasinya :

 

1.) Ikan Kakap Merah

Salah satu jenis ikan yang cukup populer bagi masyarakat Indonesia adalah Ikan kakap. Terutama bagi sahabat biologi yang sangat suka mengkonsumsi makanan laut, pastinya sudah pernah mencoba makan ikan kakap kan.

Kakap sendiri merupakan ikan laut khas kepulauan Riau yang terdiri dari beberapa jenis, namun yang paling populer adalah jenis ikan kakap merah.

Ciri khusus dari ikan kakap ini adalah warna sisiknya yang kemerah-merahan.

 

2.) Ikan Tuna 

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang dianggap memiliki banyak sekali penggemar. Tuna yang nikmat dijadikan menu sushi atau shasimi ini memang memiliki harga yang cukup tinggi.

Karena memiliki kandungan protein dan asam amino yang cukup tinggi membuat ikan tuna dianggap memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi.

Habitat ikan ini ada di sepanjang Samudera Pasifik hingga di Samudera Hindia. Di Negara kita sendiri yakni Indonesia ikan tuna banyak dijumpai di bagian selatan laut Pulau Jawa.

Tubuh ikan tuna memiliki bentuk yang cukup panjang dengan kepala berbentuk segitiga, dengan kulit yang berwarna abu-abu keperakan. Ukuran ikan tuna pun beragam, ada yang kecil. Namun pernah juga ditemukan ikan tuna dengan ukuran yang sangat besar dan dilelang dengan harga milyaran rupiah.

Ikan tuna terdiri dari beberapa jenis yakni yellow fin dan ada jenis tuna blue fin yang memiliki harga cukup mahal karena kualitasnya.

 

3.) Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan yang cukup mudah didapatkan karena habitatnya tersebar di seluruh pantai yang ada di Indonesia. Ikan ini sendiri berasal dari jenis ikan scombried atau ikan pelagis dan hidup dengan cara bergerombol.

Warna ikan tongkol agak gelap danb bertubuh langsing dengan panjang sekitar 60 cm dan menjadi favorit warga Jawa serta Sumatera.

 

4.) Ikan Teri

Memiliki bentuk tubuh yang mini dan sering bergerombol, ikan teri menjadi salah satu bahan makanan terfavorit di Indonesia. Jangan remehkan tubuhnya yang berukuran kecil. Karena ikan teri disebut sebagai salah satu ikan yang bagus untuk kesehatan jantung.

Ikan ini mengandung asam lemak omega tiga, tinggi kandungan kalsium namun rendah lemak jenuh dan karbohidrat loh.

 

5.) Ikan Makarel

Sekilas tubuh ikan makarel terlihat hampir sama dengan ikan tuna, dengan warna keperakan dan tubuh langsing, namun umumnya ikan ini lebih kecil dari ikan tuna. Ikan ini tak kalah sehat dengan ikan tuna karena mengandung omega 3 dan omega 6.

Habitat ikan makarel ada di laut dalam dan masih saudara dari ikan kembung dan ikan tenggiri.

Baca Juga :  Sel Epitel – Pengertian dan Penyebabnya Beserta Gambar

Oleh sebab itu di beberapa Negara, ikan makarel juga digunakan untuk menyebutkan ikan kembung dan ikan tenggiri.

 

 

Ikan Air Tawar

Berbeda dengan ikan air laut, ikan air tawar juga hanya bisa ditemukan di perairan yang memiliki kadar garam rendah, seperti sungai atau danau. Sekitar 41% dari seluruh jenis ikan, merupakan ikan air tawar yang sudah beradaptasi dengan lingkungannya.

 

Jenis Jenis Ikan Air Tawar dan Ciri Ciri nya

1.) Ikan Mujair

Memiliki ukuran sedang dengan panjang maksimal mencapai 40 cm ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan berwarna hitam, keabu-abuan atau bahkan kekuningan. Bagian sirip punggung ikan mujair memiliki 15 hingga 17 duri dan terdapat 10 hingga 13 jari jari dengan sirip dubur berjumlah 3 duri sebanyak 9 hingga 12 jari jari.

Ikan ini juga dibudidayakan dan menjadi salah satu bahan makana favorit di Indonesia dengan rasa yang gurih dan nikmat.

 

2.) Ikan Nila

Ukuran ikan nila terbilang sedang dan hanya mencapai panjang 30 cm, namun ada juga ikan nila yang dapat tumbuh lebih besar. Ikan ini memiliki warna kehitaman dan keabuan dengan pita gelap yang melintang di tubuhnya. Namun akan memudar seiring ikan bertumbuh dewasa.

Ikan nila juga dibudidayakan di tambah atau kolam pemancingan dan menjadi salah satu bahan makanan populer di Indonesia.

 

3.) Ikan Lele

Ikan lele memiliki ciri khas tubuh yang licin dengan bentuk memanjang dan memiliki kumis di sekitar mulutnya. Salah satu keunikan dari ikan ini terletak pada senjatanya yang cukup berbahaya ketika dipegang.

Ikan yang dapat beradaptasi dalam berbagai macam lingkungan ini menjadi sumber protein yang baik dan menyehatkan bagi manusia.

 

4.) Ikan Gabus

Ikan ini merupakan ikan air tawar dengan tubuh yang besar dan dapat mencapai 1 meter dengan kepala yang menyerupai ular dan sisik yang besar di atas kepalanya.

Tubuh ikan ini berwarna gelap seperti hitam atau kecoklatan kadang berwarna kehijauan dari kepala atas hingga ujung badan. Sedangkan di bagian bawah ikan ini berwarna putih.

Ikan gabus merupakan ikan besar dengan gigi tajam yang mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan tinggalnya.

 

5.) Ikan Tomang

Memiliki bentuk kepala yang cukup besar dan gigi runcing dan tajam, bentuk tubuhnya bulan memanjang dengan ekor membulat. Ketika masih kecil ikan ini akan berwarna kemerahan dan bergaris hitam di sisi tubuhnya.

Namun ketika dewasa ikan ini akan berwarna hitam kebiruan dengan bagian perut yang berwarna putih.

Termasuk ke dalam jenis ikan besar dengan ukuran mencapai 1,5 meter.

 

 

Jenis Ikan Hias dan Ciri Cirinya

Di antara semua jenis ikan yang sudah saya bahas di atas, ada jenis ikan lainnya yang secara khusus hanya dipelihara dan tidak dikonsumsi. Jenis ikan ini disebut dengan ikan hias.

Baca Juga :  Hewan Avertebrata – Ciri Ciri Beserta Penjelasannya

Indonesia sendiri memiliki banyak jenis ikan hias endemik yang hanya ditemukan di perairan Indonesia sehingga memiliki harga yang cukup mahal bahkan fantastis.

Berikut ini beberapa ikan hias yang bisa menjadi pilihan saat ini menambah koleksi ikan peliharaan.

 

1.) Ikan Arwana

Salah satu ikan hias termahal di dunia berasal dari Indonesia adalah ikan arwana. Ikan ini hidup diperairan Kalimantan. Ada banyak jenis ikan arwana tapi salah satu yang paling mahal adalah ikan arwana black golden.

 

2.) Ikan Cupang

Ikan cupang juga merupakan ikan hias asal Indonesia yang cukup populer dan mudah ditemukan. Memiliki bentuk yang mungil dengan sirip dan ekor yang panjang, ikan ini dibanderol dengan harga yang terjangkau.

 

3.) Ikan Gupi

Sekilas ikan ini memiliki bentuk yang sama kecilnya dengan ikan cupang, namun ekornya lebih lebar dengan tubuh kecil dan memanjang. Ikan ini sendiri memiliki banyak jenis dan yang paling terkenal adalah gupi koi, dragon dan kobra.

 

4.) Ikan Louhan

Ciri khas ikan ini dengan bentuk jenong di kepalanya menjadi daya tarik bagi pecinta ikan hias. Ikan Louhan juga dianggap sebagai lambang keberuntungan bagi siapa saja yang memeliharanya. Jadi tak heran jika ikan ini juga memiliki harga yang lumayan fantastis.

 

5.) Ikan Koi

Salah satu jenis ikan yang juga cukup populer adalah ikan koi dengan warna hitam, putih, orange dan merah yang menjadi satu. Membuat ikan ini terlihat lebih cantik apalagi ikan ini terbilang mudah dalam perawatannya. Sehingga banyak yang menyukai ikan ini untuk dipelihara.

 

6.) Ikan Mas Koki

Ikan mas koki dan ikan koi berbeda ya, karena ikan mas koki cenderung memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dari ikan koi. Bentuk tubuhnya pun berbeda dengan sirip dan ekor yang panjang.

Ikan mas koki juga merupakan favorit banyak orang untuk dipelihara karena mereka dapat hidup dengan jenis ikan lainnya jika diletakkan dalam satu akuarium.

 

Demikian penjelasan Guru mengenai ikan mulai dari jenis hingga ciri ciri nya yang dikelompokkan berdasarkan pada habitat mereka. Yakni air tawar dan air laut, semoga bermanfaat dan selamat belajar.

Artikel Lainnya :