Hutan Lingdung – Fungsi, Manfaat, dan Contoh

Posted on

Hutan Lingdung – Fungsi, Manfaat, dan Contoh

Hutan Lindung merupakan hutan yang dijadikan sebagai kawasan untuk melindungi makhluk yang hidup di sekitarnya dari bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Tak jarang hutan lindung dianggap sebagai penyangga kehidupan karena memiliki peran guna menata air dan mencegah intrusi air laut serta menjaga kesuburan tanah agar hutan ini dapat bermanfaat bagi penduduk di sekitarnya.

Pemerintah sendiri sudah menetapkan hutan lindung sebagai kawasan yang wajib untuk dijaga fungsi ekologisnya. Hal ini dilakukan agar fungsi dari hutan lindung bisa berjalan dengan baik. Jika sudah begini, maka yang dapat menikmati hasilnya adalah kita, terutama masyarakat yang tinggal di daerah sekitarnya.

Biasanya hutan lindung di tetapkan di bagian hulu sungai ( pegunungan di sekitarnya), di sepanjang aliran sungai (jika di perlukan).

Hutan lindung terdiri dari pepohonan besar yang mampu menjaga kestablilan alam dan menurunkan gerakan massa, misalnya saja seperti erosi, longsoran tanah, dan banjir  efek perlindungan dari hutan lindung ini hanya dapat di pastikan jika tata kelola sistem silvikultur yang di gunakan ketahanan nya tidak memberikan dampak buruk yang signifikan terhadap lingkungan sekitar.

Sangat disayangkan karena sekarang ini jumlah hutan lindung yang ada di dunia khususnya di Indonesia mulai mengkhawatirkan. Ada banyak sekali hutan lindung yang tidak terawat, dalam kondisi yang buruk dan bahkan mengalami kerusakan yang cukup serius karena ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Padahal fungsi dari hutan lindung sendiri sangatlah banyak bagi manusia dan makhluk di sekitarnya loh.

Baca Juga :  Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Fungsi Hutan Lindung

Seringkali disebut sebagai paru-paru dunia, hutan lindung memang memiliki banyak fungsi dan juga manfaat yang tak hanya berguna bagi flora dan fauna di sekitarnya namun juga penduduk yang hidup di sekitar kawasan hutan lindung.

1. Sebagai Penyeimbang Ekosistem

Hutan lindung menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna. Maka dari itu fungsi utama dan sangat penting yang dimiliki oleh hutan lindung adalah, digunakan untuk melestarikan kehidupan mereka. Keberadaan hutan lindung mampu menyediakan berbagai macam ekosistem.

Hal ini pastinya sangat berguna bagi flora dan juga fauna yang ada di lingkungan tersebut serta memiliki fungsi bagi penduduk yang ada di sekitarnya.

2. Sebagai Tempat Tinggal Berbagai Macam fauna

Hutan lindung memliki fungsi yang sangat vital bagi para hewan. Banyak hewan menggantungkan hidupnya pada keberadaan hutan lindung ini. Di dalam hutan lindung berbagai macam makanan untuk para hewan dan satwa akan terpenuhi. Hal ini membuktikan dengan adanya invasi dari para hewan yang masuk ke rumah warga ketika tempat tinggal mereka (hutan lindung) di rusak dengan adanya kondisi seperti ini membuktikan keberadaan hutan lindung ini sangatlah penting.

3. Tempat tinggal Tumbuhan (Flora)

Hutan lindung juga merupakan tempat bagi para tumbuhan. Di hutan lindung kita bisa menemukan berbagai macam jenis flora dan fauna yang tinggal di sana. Khususnya flora yang memiliki jumlah sangat banyak, terutama flora langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia atau disebut dengan spesies edemik.

Sehingga dapat di jadikan sebagai bahan penelitian penemuan spesies tumbuhan baru.

4. Sebagai Lokasi Resapan Air

Banyaknya pepohonan yang ada di hutan lindung dengan ukuran yang besar dan usia puluhan tahun akan menjadi salah satu pemopang bumi yang mana bisa menajdi lokasi resapan air yang sangat membantu saat musim penghujan.

Baca Juga :  Biosfer – Pengertian, Komponen dan Faktor Penyebabnya

Akar – akar yang besar akan dapat menyerap air dalam jumlah banyak sehingga menghindarkan lokasi di sekitarnya dari bencana alam seperti banjir, erosi dan tanah longsor.

5. Mencegah Terjadinya Bencana Alam

Pencegahan terjadinya becana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Jumlah pohon yang ada di hutan lindung yang banyak ini bisa bermanfaat untuk menjaga kondisi tanah untuk membuat tanah menjadi kuat dan kokoh sehingga tahan dari berbagai serangan bencana alam.

 

Manfaat Hutan Lindung

Selain fungsi ada pula manfaat hutan lindung, diantaranya :

  1. Melindungi tumbuhan tertentu
  2. Melindungi binatang atau hewan langka
  3. Menyimpan cadangan air
  4. Mencegah terjadinya banjir
  5. Mengatur sistem tata air
  6. Mencegah erosi
  7. Menjadi tempat wisata
  8. Menjadi tempat penelitian dan edukasi
  9. Mengurangi pemanasan global
  10. Mencegah kepunahan bintang dan tumbuhan

 

Contoh dari hutan lindung yang berada di Indonesia

Hutan Lindung Sungai Wain

Lokasi ini terletak di Kalimantan Timur, yang telah menjadi sebuah kawasan edukasi lingkungan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Hutan Lindung Alas Kethu

Hutan ini terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Tengah dan sudah menjadi ladang ekonomi untuk penduduk yang tinggal di sekitar hutang lindung ini. Selain berfungsi sebagai kawasan perlindungan, hutan lindung memang dapat dimanfaatkan penduduk sekitar untuk mencari nafkah.

Hutan Lindung Taman Raya Bung Hatta

Lokasi ini terletak di kawasan Bukit Tinggi, hutan lindung satu ini memiliki satu ciri khas tumbuhan yaitu Raflesia Arnoldi.

 

Demikian penjelasan mengenai hutan lindung beserta fungsi, manfaat dan contohnya, sampai jumpa pada ulasan menarik lainnya.

 

Artikel Lainnya :

  1. Sumber Daya Alam yang Dapat Di Perbaharui
  2. Sumber Daya Alam
  3. Dataran Tinggi – Ciri – Ciri, Manfaat