Hujan Asam – Dampak dan Manfaatnya

Posted on

Hujan Asam – Dampak dan Manfaatnya

Hujan Asam – Ketika belajar ilmu geografi di Sekolah, mungkin kamu pernah mendengar istilah hujan asam. Bisa jadi istilah tersebut tidak asing lagi dan mengetahui apa hujan asam itu. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan hujan asam, dampak dan manfaatnya.

Hujan asam merupakan hujan yang mempunyai kadar keasaman (ph) rendah pada setiap tetes airnya. Kadar keasaman hujan pada umumnya mencapai ph 5,6 sedangkan hujan asam memiliki kadar keasaman di bawah angka tersebut. Hujan asam biasanya dihasilkan karena bencana alam seperti letusan gunung berapi atau karena banyaknya gas buangan (asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan lain-lain).

Selain disebabkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, penyebab paling besar adalah ulah tangan manusia. Diantaranya asap industri dan asap kendaraan bermotor dari hari ke hari semakin meningkat. Untuk meminimalisir hal tersebut dibutuhkan kesadaran semua orang untuk dapat mencegah dan menanggulangi hujan asam ini. Gunakanlah peralatan atau mesin yang ramah lingkungan dan cintailah lingkungan dengan cara menanam pohon.

Dampak dari Hujan Asam

  1. Hujan asam merupakan racun bagi makhluk hidup, berbahaya terhadap kesehatan. Air hujan asam akan menyebar ke perairan, sungai, danau, sumber mata air dan lain-lain. Ph yang terlalu rendah dari hujan asam sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.
  2. Pertumbuhan Akar Terhambat. Perkembangan akar dan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu karena kandungan asam yang tinggi dalam air hujan dapat masuk ke dalam tanah. Selain itu, tanaman akan cepat tumbang karena sistem perakaran yang tidak kuat.
  3. Menurunkan kesuburan tanah. Pencemaran tanah bisa disebabkan juga karena hujan asam. Tanah akan kehilangan mineral dan berbagai senyawa kimia yang ada di dalamnya. Akibatnya akan menurunkan kesuburan tanah dan terjadinya erosi.
  4. Mengganggu kesehatan. Selain merusak lingkungan, hujan asam juga dapat memicu penyakit sistem pernafasan. Munculnya bau dari hujan asam berpengaruh pada pernafasan terutama yang menderita asma. Kesehatan kulit anda juga akan terganggu berupa munculnya iritasi kulit.
  5. Besi menjadi korosif. Karena kandungan asamnya yang tinggi, maka beberapa jenis logam besi akan terkena korosif (berkarat).
  6. Menyebabkan peningkatan kandungan logam dalam air. Logam berat sangat berbahaya dan dapat mencemari lingkungan air. Kandungan logam yang sangat tinggi yang ditimbulkan oleh hujan asam bersifat toksik sehingga menggangu keseimbangan ekosistem di perairan.
Baca Juga :  Kutikula – Penjelasan Dan Fungsinya Disertai Gambar

Setelah membahas mengenai berbagai dampak yang ditimbulkan dari hujan asam, anda juga perlu mengetahui manfaat hujan asam. Hujan memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia, tumbuhan dan hewan. Begitu juga hujan asam memiliki manfaat yang belum banyak diketahui orang-orang.

Hujan sangat dikenal sebagai fenomena alam yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi alam, lingkungan dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Bukan hanya manusia, namun juga binatang dan tumbuh- tumbuhan yang juga sangat memerlukan adanya hujan.

Meskipun hujan asam dianggap memiliki dampak yang negatif tapi ada juga dampak positif daru hujan asam. Hujan asam memiliki dampak positif dan memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar kita meski tak banyak orang yang mengetahuinya. Keberadaan hujan asam di bumi tak selalu memberikan efek buruk tapi juga bisa membawa manfaat meskipun hanya sedikit.

Karena satu-satunya mnafaat yang dimiliki oleh hujab asam adalah kemapuannya untuk bisa melarutkan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tumbuhan dan juga binatang yang hidup di bumi. Kandungan asam yang tinggi dapat melarutkan mineral yang ada di dalam tanah. Terbukti kan jika hujan asam pun juga memiliki manfaat terutama untuk bumi dan lingkungan yang kita tinggali.

Namun meski begitu tak bisa dipungkiri jika hujan asam juga memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan makhluk yang hidup di dalamnya sehingga ada baiknya jika kita menjaga lingkungan ini dengan tidak merusaknya dan berusaha bersama-sama untuk mencegah hujan asam turun ke bumi.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya hujan asam agar dapat melindungi lingkungan kita agar terhindar dari dampak buruk yang bisa saja terjadi akibat terjadinya hujan asam.

Baca Juga :  Siklus Hidrologi – Pengertian, Proses, Macamnya, Gambar, Makalah

Setidaknya ada cara untuk mencegah terjadinya hujan asam, antara lain :

  • Melakukan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah plastik. Pencemaran lingkungan yang disebabkan sampah dapat memicu terjadinya hujan asam. Dengan melakukan daur ulang, maka sampah plastik dapat ditekan volume-nya.
  • Sangatlah penting untuk menanam pohon baik di hutan, kebun, atau sekedar di pekarangan rumah. Tumbuhan sebagai penghasil oksigen dapat mencegah terjadinya hujan asam.

Itulah pembahasan mengenai hujan asam, beserta dampak dan juga manfaatnya pada lingkungan. Selamatkan lingkungan kita dengan cara-cara sederhana, salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

 

Baca Artikel Lainnya :