Hewan Vertebrata – Ciri ciri, gambar, beserta penjelasannya

Posted on

Hewan Vertebrata

Hai sahabat Biologi, pada kesempatan kali ini Guru akan memberikan pembahasan mengenai Hewan Vertebrata. Dan menunjukkan hewan hewan jenis ini di sekeliling sahabat biologi.

Seperti yang sahabat ketahui, hewan ini bisa ditemukan dengan sangat mudah di sekeliling kita. Hanya saha sahabat biologi terkadang tidak mengenali hewan bertulang belang ini.

Sebab sahabat biologi tidak tahu apa saja ciri ciri hewan ini dan perbedaan hewan vertebrata dengan hewan jenis lainnya.

Untuk itulah Guru hadir di sini untuk memberikan penjelasan mengenai Hewan Vertebrata yang pastinya akan dikemas secara menyenangkan dan mudah untuk dipahami. Sehingga bisa sahabat biologi gunakan sebagai refrensi belajar di rumah.

 

 

Pengertian Hewan Vertebrata

Sebelum beranjak ke materi yang lebih lanjut, ada baiknya jika sahabat biologi mengetahui apa pengertian dari hewan vertebrata secara sederhana. Nah, hewan vertebrata termasuk ke dalam salah satu subfilum yang berasal dari kelompok hewan Chordata.

Kelompok ini memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra sehingga sahabat belajar paham kan, mengapa kelompok ini disebut sebagai hewan vertebrata.

Untuk penjelasan lebih mudahnya, hewan vertebrata ini merupakan hewan bertulang belakang atau hewan yang memiliki punggung. Hewan vertebrata ini juga diketahui memiliki struktur dan jaringan tubuh yang jauh lebih sempurna. Jika sahabat belajar membandingkannya dengan kelompok hewan lain.

Ya, bandingkan saja hewan ini dengan hewan invertebrata. Tambah bingung dan belum tahu apa itu hewan invertebrata? Guru akan mengulasnya di materi berikunya maka pastikan sahabat biologi untuk terus melihat update terbaru Ekosistem.co.id.

Baca Juga :  Ciri - Ciri Reptil – Lengkap Dengan Penjelasan dan Contoh

Sekarang kembali ke topik utama yakni hewan vertebrata, karena kita akan lebih fokus terhadap materi yang satu ini.

Wajib untuk sahabat biologi ketahui jika hewan vertebrata mempunyai sistem otot yang banyak. Sistem ini menjadi tempat berkumpulnya sel sel dan juga sistem syaraf pusat. Sistem ini sendiri berada di dalam tulang belakang dan sistem ini pastinya tidak dimiliki oleh jenis atau kelompok hewan lain.

Terutama kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang, sehingga hewan vertebrata sering dianggap sebagai salah satu kelompok hewan yang sempurna. Sebab selain memiliki tulang belakang, kelompok hewan ini juga memiliki sistem tubuh yang lengkap dan kompleks.

 

Dalam memenuhi kebutuhannya sistem respirasi menggunakan insang atau paru-paru dan sistem peredaran darah berpusat pada jantung dengan pembuluh pembuluh sebagai salurannya.

Fitur utama yang dimiliki oleh semua vertebrata adalah tulang belakang, atau tulang punggung.

 

Ciri ciri Hewan Vertebrata

Secara fisik dapat terbagi sebagai berikut :

  1. Memiliki unsur tulang yang melentang panjang dari ekor sampai dengan belakang kepala
  2. memiliki otak yang kokoh dikarenakan terlindung oleh tulang tulang tengkorak belakang
  3. Kerangka tubuh terbentuk simetris bilateral
  4. Kerangka tubuh meliputi kepala,leher,ekor,dan badan.

 

Secara alat tubuh dapat terbagi sebagai berikut :

  1. memiliki kelenjar bundar, endokrin yang akan menghasilkan hormon yang berfungsi sebagai pengendali pertumbuhan tubuh.
  2. Struktur saraf meliputi otak dan sumsum tulang belakang
  3. Bersuhu tubuh panas dan bersuhu tubuh dingin sesuai dengan kondisi lingkungan ( Poikiloternal )
  4. Sistem pernafasan menggunakan paru paru, kulit dan insang operculum
  5. Alat pencernaannya memanjang dari mulut sampai ke anus yang terletak di sebelah vertran
  6. Kulit meliputi bagian luar dan bagian dalam atau sering disebut epidermis dan endodermis
  7. pada beberapa hewan jenis ini alat reproduksinya berpasangan kecuali pada burung. Kedua kelenjar kelaminnya berupa ovalium dan testis yang menghasilkan sel tubuh dan sel sperma.
Baca Juga :  Ciri Ciri Ayam - Karateristik Tempat Hidup Beserta Contohnya

 

 

Contoh Gambar Hewan Vertebrata

Di bawah ini Guru sudah memberikan beberapa contoh hewan dan sistem yang ada di dalam tubuh mereka. Sehingga sahabat biologi bisa melihat perbedaan hewan hewan ini dengan jenis dan kelompok hewan lainnya.

 

1.) Jenis Amphibi

Guru mengambil Katak sebagai contoh hewan vertebrata yang berasal dari bangsa amphibi. Sahabat biologi pastinya sudah tahu jika katak memiliki struktur tubuh yang sempurna dan lengkap. Disertai pula dengan tulang belakang yang menjadi salah satu ciri khas hewan vertebrata.

Katak bisa sahabat biologi temukan dengan mudah di sekitar kalian. Bahkan hewan yang mampu hidup di dua dunia ini ada di sekitar tempat tinggal sahabat biologi loh.

jenis amphibi
jenis amphibi

 

2.) Jenis Aves

Jenis hewan kedua yang Guru ambil kali ini adalah Aves, dari kelompok aves terdapat burung yang merupakan salah satu hewan dengan tulang belakang. Burung juga memiliki sistem dan struktur tubuh yang sempurna dan bahkan rumit.

Sahabat biologi yang suka memelihara burung pastinya sudah tidak asing ya, dengan hewan yang satu ini. Jadi perhatikan saja burung peliharaan sahabat biologi untuk mengetahui ciri ciri dari hewan vertebrata secara langsung di dunia nyata.

jenis eves
jenis aves

 

3.) Jenis Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Dengan protein yang terkandung di dalam ikan, membuat hewan ini banyak digemari karena bergizi. Tapi jangan hanya suka memakan ikan goreng dan menu ikan lainnya saja sahabat.

Sahabat biologi juga bisa memperhatikan ikan dari bentuk tubuhnya, sebab ikan juga termasuk dalam hewan vertebrata loh. Baru tahu kan?

Jenis Ikan
Jenis Ikan

 

4.) Jenis Mamalia

Ada banyak hewan jenis mamalia yang termasuk dalam kelompok hewan vertebrata. Salah satunya seperti kelinci yang imut di bawah ini. Coba sahabat biologi perhatikan struktur tubuh dari mamalia lucu yang satu ini. Lengkap dan kompleks kan?

Baca Juga :  Perbedaan Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan - Beserta pengertian,Dan Gambarnya
jenis mamalia
jenis mamalia

 

5.) Jenis Melata

Sebagian besar kelompok melata merupakan hewan vertebrata, salah satunya seperti hewan yang ada dalam lagu anak kecil ini nih. Cicak cicak di dinding….

Ya, cicak bukan hanya termasuk jenis hewan melata namun juga masuk dalam kelompok hewan vertebrata. Coba lihat struktur tulang belakang yang ada pada hewan di bawah ini.

 

jenis melata
jenis melata

 

Ada sekitar 50.000 hewan vertebrata yang sudah diketahui dan mungkin ada banyak lagi yang belum diketahui. Untuk menelitinya sahabat biologi bisa melihat beberapa hewan bertulang belakang yang ada di sekitar sahabat tinggal setelah membaca ulasan dari Guru pada kesempatan kali ini.

 

Artikel Lainnya :

  1. Ekosistem Sawah – Penjelasan Berserta Rantai makannya
  2. Bioma Tundra – Pengertian, Ciri – Ciri, Proses, dan Iklim
  3. Proses Terjadinya Pelangi – Penjelasan Berserta Gambarnya
  4. Bentuk Muka Bumi – Penjelasan Terlengkapnya
  5. Ekosistem Sungai – Penjelasan, Ciri-ciri, Komponen, dan Manfaatnya