Hewan Vertebrata

Posted on

Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata, apa yang Anda ketahui tentang apa itu hewan vertebrata? Vertebrata merupakan sekelompok hewan yang memiliki tulang belakang serta merupakan hewan yang mempunyai satu filum yakni chordata. Nah, setelah Anda mengetahui sekilas mengenai hewan vertebrata, dalam pembahasan kali ini, kami ingin mengajak Anda untuk lebih dalam mempelajari klasifikasi hewan vertebrata. Di bawah ini kami akan membahas secara lengkap informasi seputar hewan vertebrata, mari kita bersama-sama menyimak penjelasan hewan vertebrata berikut ini.

 

Apa yang Dimaksud dengan Hewan Vertebrata

Pengertian vertebrata merupakan golongan hewan yang mempunyai tulang belakang. Habitat dari hewan vertebrata bisa berada di darat, di air tawar, dan di lautan. Untuk menambah populasinya, hewan vertebrata berkembangbiak dengan cara melahirkan, namun juga ada pula hewan vertebrata yang bertelur.

Bisa dibilang hewan vertebrata memiliki struktur tubuh yang jauh lebih baik dan lebih sempurna apabila kita bandingkan dengan hewan invertebrata.

 

Ciri-ciri Hewan Vertebrata

Ciri-ciri dari hewan ini memiliki karakteristiknya masing-masing. Termasuk dengan hewan jenis vertebrata. Berikut adalah ciri umum dari hewan vertebrata meliputi:

  1. Memiliki tulang bagian belakang sejati.
  2. Mempunyai otak yang sudah berkembang dengan baik dan dilindungi oleh tulang-tulang tengkorak.
  3. Tubuh vertebrata berbentuk simetris bilateral.
  4. Di dalam tubuh hewan vertebrata terdapat tulang punggung.
  5. Mempunyai alat gerak yang aktif dan ukuran tubuh yang bervariasi.
  6. Memiliki kepala, leher, tubuh, dan ekor, meskipun ekor dan leher tidak selalu ada seperti pada katak.

 

Klasifikasi Hewan Bertulang Belakang

Hewan bertulang belakang terbagi menjadi dua yakni pisces dan tetrapoda. Kemudian tetrapoda dibagi menjadi beberapa kalas atau kelompok lagi yaitu amfibi, reptil, mamalia, dan aves.

Baca Juga :  Folikel Rambut – Struktur, Dan Fungsi, Beserta Cara Merangsangnya

Berikut ini ulasan lengkap dari kelas atau kelompok kecil bagian dari hewan bertulang belakang atau vertebrata :

 

  1. Pisces (Ikan)

Pisces atau ikan merupakan binatang yang berhabitat di dalam air, baik air tawar maupun air asin. Ikan termasuk hewan yang unik karena bergerak dengan bantuan sirip dan dapat bertahan hidup di dalam air yang tidak memiliki oksigen. Sedangkan untuk bernafas, ikan akan memanfaatkan insang yang dapat membuat ikan bisa memperoleh oksigen di dalam air sehingga dapat bertahan hidup.

Sirip ikan ada 5 jenis yakni, sirip dada, sirip perut, sirip punggung, sirip belakang, dan sirip ekor. Ikan termasuk hewan vertebrata karena mereka adalah binatang yang mempunyai tulang belakang. Pada struktur tulang ikan, tersusun atas tulang rawan dan tulang sejati.

 

  1. Amfibi

Amfibi merupakan hewan vertebrata yang memiliki keunikan tersendiri karena hewan dalam kelompok amfibi dapat hidup di dua alam seperti di darat ataupun di air. Hal ini terjadi karena hewan amfibi memiliki dua sistem pernafasan paru-paru dan juga kulit yang memungkinkan mereka hidup pada dua tempat.

Contoh hewan dari jenis amfibi adalah katak, salamander atau axolotl.

 

  1. Reptil

Reptil atau hewan melata merupakan salah satu hewan vertebrata berdarah dingin yang mempunyai sisik maupun tempurung untuk menutupi tubuhnya.

Reptil berkembang biak bisa dengan dua cara yakni bertelur atau melahirkan dengan pembuahan hanya bisa terjadi di dalam tubuh induknya (internal).

Reptil juga bernapas dengan paru-paru seperti mamalia. Contoh hewan jenis reptil adalah komodo, ular, iguana, dan kura-kura.

 

  1. Aves (Burung)

Aves dapat bergerak dengan menggunakan sayap. Hewan jenis ini juga memiliki bulu yang berfungsi sebagai pertahanan hidup. Selain itu, aves memiliki alat gerak berupa kaki dan sayap. Sayap merupakan alat gerak utama selain kaki yang digunakan kelompok hewan jenis ini untuk terbang. Namun, ada sebagian hewan jenis aves yang tidak bisa terbang seperti penguin.

Baca Juga :  Siklus Batuan – Penjelasan, Contoh, Lengkap Dengan Gambar

 

  1. Mamalia (binatang menyusui)

Kelompok hewan yang terakhir adalah mamalia atau hewan menyusui. Mamalia merupakan binatang yang memiliki kelenjar susu (glandula mammae) yang berguna untuk menyusui anaknya. Pada umumnya, mamalia memiliki rambut di permukaan tubuhnya dan bernafas menggunakan paru-paru. Mamalia juga termasuk hewan yang melahirkan untuk menambah populasi mereka.

 

Inilah akhir dari ulasan kami mengenai salah satu kelompok hewan vertebrata atau bertulang belakang. Semoga ulasan kami bermanfaat untuk Anda.

 

Artikel Lainnya :

  1. Kingdome Monera – Struktur, Klasifikasi, Ciri ciri, Contoh Beserta Gambar
  2. Kingdom Protista – Pengertian, Klasifikasi, Ciri-ciri, Lengkap dengan Contoh
  3. Kingdom Plantae – Pengertian, Klasifikasi, Ciri ciri, Gambar
  4. Klasifikasi Tumbuhan – Penjelasan Terlengkap
  5. Klasifikasi Mahluk Hidup – Penjelasan Terlengkapnya