Hewan omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar

Posted on

Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang dapat digolongkan berdasarkan makanan dan jenisnya. Golongan hewan berdasarkan jenis makanan dapat dibagi menjadi tiga golongan yaitu : hewan karnivora, herbivora, dan juga hewan omnivora. Herbivora merupakan golongan hewan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan.

Karnivora merupakan golongan atau sebutan bagi hewan hewan yang memakan daging. Sedangkan Omnivora merupakan gabungan dari herbivora dan karnivora.

Jadi dari sini sahabat biologi bisa menyimpulkan jika hewan omnivora merupakan hewan pemakan daging maupun tumbuhan. Berbagai macam jenis hewan omnivora hidup di sekitar kita baik di darat maupun di air. Kali ini kita akan fokus pada pembahasan hewan Omnivora, berikut pengertian dan contohnya.

 

Penjelasan Hewan Omnivora

Hewan Omnivora atau kata lainnya sering disebut dengan sarwaboga merupakan penggolongan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan daging atau hewan lain. Omnivora juga merupakan kombinasi antara hewan herbivora dan karnivora. Hewan omnivora ada yang berasal dari darat maupun dari air.

Pada umumnya hewan omnivora tidak buas seperti hewan karnivora meskipun sama sama memakan daging. Namun hewan yang tergolong omnivora hanya memakan hewan-hewan kecil di sekitarnya. Dan binatang-binatang kecil tersebut sebenarnya bukanlah makanan utama mereka.

 

Contoh Dan Gambar

1.) Gorila

Gorila Hewan Omnivora
Gorila Hewan Omnivora

 

Omnivora terbesar di bumi ini bisa jadi adalah Gorila, sebab hewan yang termasuk jenis primata ini memakan tumbuhan. Namun juga terkadang mereka akan memakan serangga. Sehingga hewan yang dianggap memiliki genetik yang nyaris 98% mirip dengan manusia ini termasuk dalam hewan pemakan segala, atau omnivora.

 

2.) Monyet

Monyet Hewan Omnivora
Monyet Hewan Omnivora

 

Sahabat biologi pasti tahu kan, jika monyet suka makan pisang. Namun tak hanya suka makan pisang saja. Monyet juga suka makan sayuran, buah-buahan hingga serangga dan hewan kecil lainnya. Inilah sebabnya monyet juga termasuk dalam hewan pemakan segala.

Monyet memiliki ukuran yang lebih kecil dari hewan sejenisnya dan ekor yang panjang.

 

3.) Simpanse

Simpanse Hewan Omnivora
Simpanse Hewan Omnivora

 

Merupakan hewan berbulu yang memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan, biji bijian, bunga dari pohon, serangga dan sejenisnya. Simpanse sendiri merupakan salah satu hewan yang berkelompok sosial dan termasuk dalam tipe hierarki.

Artinya di dalam komunitas nya sahabat biologi bisa menemukan multi pejantan. Beserta dengan multi betina yang hidup dalam satu kelompok.

 

4.) Orang utan

Orang Utan Omnivora
Orang Utan Omnivora

 

Meskipun mayoritas dari mereka hanya memakan tumbuh tumbuhan seperti kulit pohon, bunga, dedauanan, buah buahan, madu, nektar, jamur dan lainnya. Tapi mereka juga bisa memakan serangga dan hewan kecil lainnya loh.

Baca Juga :  Vakuola Adalah – Pengertian, Fungsi, Struktur

Sayangnya hewan yang imut satu ini sudah terancam punah. Populasinya ada di sekitar hutan Kalimantan dan Sumatera. Orang Hutan memiliki kebiasaan yang unik, sebab mereka bisa minum dari lubang pohon.

Lubang pohon ini biasanya terisi oleh air hujan dan dimanfaatkan oleh orang utan, sehingga saat hendak minum mereka tidak perlu turun ke bawah. Hidup mereka pun juga lebih banyak dihabiskan di atas pepohonan.

 

5.) Beruang

Beruang Omnivora
Beruang Omnivora

 

Sahabat biologi pasti berpikir jika hewan buas satu ini bisa memangsa kamu dalam sekejap jika bertemu di alam liar. Nyatanya beruang hanya makan tumbuhan dan hewan kecil di sekelilingnya loh. Namun makanan pokok dari beruang sebenarnya adalah tumbuhan, biji-bijian hingga ada beruang yang hanya memakan madu. Hingga disebut dengan beruang madu.

Beruang identik dengan makanan kesukaannya yaitu madu sampai terdapat tokoh kartun yang menggambarkan hewan omnivora satu ini dengan makanan kesukaannya yaitu madu.

6.) Luwak atau Musang

Luwak Omnivora
Luwak Omnivora

 

Jika mendengar hewan luwak pasti kamu ingat dengan biji kopi luwak yang dihasilkan dari kotoran hewan ini. Ya, sahabat biologi memang benar kok, sebab luwak atau musang memang memakan tumbuhan, buah-buahan hingga biji-bijian. Ya termasuk biji kopi.

Musang juga memakan serangga, cacing tanah, moluska, tikus, dan hewan kecil lainnya. Namun dikarenakan habitat aslinya juga semakin punah, musang biasa masuk ke peternakan warga dan dituduh mencuri anak ayam. Musang memakan anak ayam karena tidak dapat menemukan buah yang bisa dimakan, bukan karena daging merupakan makanan utamanya.

 

7.) Babi

Babi Omnivora
Babi Omnivora

 

Babi bukan hanya omnivore namun hewan ini merupakan jenis pemakan segalanya. Mereka bisa memakan tumbuhan, buah-buahan, biji-bijian hingga daging atau hewan lain. Bahkan hewan ini juga mampu memakan makanan yang tidak lazim, seperti sampah hingga kotoran mereka sendiri.

Wah, kalau ini apakah masih bisa disebut omnivora ya, karena bisa memakan apa saja.

 

8.) Burung Flamingo

Burung Flaminggo Omnivora
Burung Flaminggo Omnivora

 

Tidak hanya memiliki warna yang cantik, burung ini juga cukup unik dan tidak bisa sahabat temukan di sembarang tempat. Flamingo diketahui hanya memakan makanan pokoknya saja. Yakni udang dan alga.

Bentuk paruh burung flamingo berfungsi dalam menyaring makanannya. Oleh sebab itu warna tubuh burung ini cenderung kemerahan dan agak pink. Hal ini dikarenakan mereka terlalu banyak mengkonsumsi betakarotin. Sehingga membuat warna bulunya menjadi pink kemerahan yang sangat indah dan menjadi ciri khas flamingo.

Betakarotin yang flamingo konsumsi sendiri berasal dari makanan utama mereka. Yakni udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.

 

9.) Burung jalak

Jalak Omnivora
Jalak Omnivora

 

Burung jalak didominasi dengan warna bulu hitam. Burung ini lincah. Salah satu keistimewaan dari burung ini adalah kicauannya yang sangat kuat. Bahkan suaranya mampu meniru suara dari burung-burung lainnya. Burung jalak memakan buah buahan seperti pisang, pepaya, dan juga serangga.

 

10.) Paus

Paus Omnivora
Paus Omnivora

 

Mamalia terbesar di muka bumi ini memang memiliki makanan utama yakni plankton. Paus juga diketahui dapat memakan cumi-cumi. Namun hewan yang bertubuh besar ini kadangkala juga bisa memakan krill dan copepod.

Baca Juga :  Simbiosis Mutualisme - Disertai Dengan Gambar dan Penjelasan

 

11.) Lumba lumba

Lumba lumba Omnivora
Lumba lumba Omnivora

 

Sahabat belajar pasti tahu kan, hewan yang dianggap sebagai salah satu hewan tercerdas di dunia satu ini. Lumba-lumba juga sangat dicintai karena mampu bersahabat dengan manusia. diketahui jika lumba-luma pemakan segala. Dengan ikan kecil dan cumi sebagai makanan utama.

 

12.) Bebek

Bebek Omnivora
Bebek Omnivora

 

Sahabat biologi bisa menemukan bebek dengan mudah di sekitar kita, dan sudah tahu dong jika hewan ini memakan segalanya. Mereka bisa memakan tumbuhan dan binatang kecil seperti cacing tanah, bekicot dan lainnya.

Bebek juga bisa diberi makan dedak, menjadikan hewan ini sebagai omnivora yang bisa memakan segala hal di sekitarnya.

Bekicot sendiri biasanya diberikan oleh sang pemilik untuk menjaga kualitas bebek. Karena bebek juga menjadi komoditas pangan kita ya, sahabat biologi juga suka kan makan daging bebek.

 

13.) Tikus

Tikus Omnivora
Tikus Omnivora

 

Hewan pengerat satu ini menjadi musuh dari hampir semua orang ya, sahabat biologi. Mulai dari petani yang sering kesal dengan ulah kelompok tikus yang merusak lahan pertanian mereka. Atau bahkan mencuri persediaan makanan di rumah.

Tikus biasanya akan langsung mencium aroma menyengat seperti ikan asin, ikan hingga makanan yang sahabat biologi simpan. Tak heran jika tikus biasa ditemukan di perumahan warga dan menjadi ancaman yang cukup mengganggu bagi persediaan makanan manusia.

 

14.) Ayam

Ayam Omnivora
Ayam Omnivora

 

Kalau hewan yang satu ini bisa menjadi sahabat manusia ya, hal ini karena ayam sering sekali dipelihara. Baik sebagai hewan ternak yang menghasilkan daging dan telur. Hingga sebagai binatang hias yang lucu dan bernilai tinggi.

Tak jarang ayam pun diberi makan sisa makanan sahabat biologi, sehingga menjadikan hewan ini sebagai pemakan segala dan termasuk ke dalam omnivora. Ayam juga dapat  menemukan serangga yang ada di tanah dengan cara mengais ngaisnya.

 

15.) Burung Kasuari

Burung Kasuari Omnivora
Burung Kasuari Omnivora

 

Satu lagi hewan endemik Indonesia yang sudah sahabat biologi kenal, dan hewan ini juga merupakan omnivora. Burung kasuari disertai warna warna yang unik di beberapa bagian bulunya. Burung kasuari ini memakan buah buahan, serangga, yang berada di tanah.

 

16.) Tupai

Tupai Amnivora
Tupai omnivora

 

Jika di dalam film sahabat biologi sering melihat tupai sebagai pemakan kacang, hal ini memang tidak salah sebab hewan ini memakan biji-bijian, jamur buah hingga kulit kayu.

Contoh makanan yang paling khas dengan tupai adalah biji kenari. Selain itu tupai juga memakan serangga serangga kecil yang ada di pohon.

 

17.) Ikan Lele

Ikan Lele Omnivora
Ikan Lele Omnivora

 

Hewan yang enak dijadikan sebagai menu pecel lele ini biasa memakan ganggang, tanaman air, lumut hingga ikan kecil seperti serangga air, amfibi, cacing tanah dan juga bisa memakan pakan yang diberikan oleh sahabat biologi.

Salah satu ciri khas dari Lele adalah kekuatannya dalam beradaptasi dan membuat hewan ini mampu hidup di dalam air keruh. Hingga di dalam perairan yang kotor dan lumpur sekalipun. Lele termasuk ikan pemakan segala di perairan air tawar.

Baca Juga :  Mollusca – Pengertian, Ciri Ciri Dan Klasifikasinya

 

18.) Serigala merah

Serigala merah Omnivora
Serigala merah Omnivora

 

Ketika mendengar nama hewan serigala yang terpikir di benak sahabat biologi adalah hewan buas yang berbahaya. Serigala merah memakan tumbuh tumbuhan seperti buah, berry, dan rumput.

Selain itu serigala merah juga memakan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya seperti kelinci, udang karang, belalang, dan lainnya.

 

19.) Udang

Udang Omnivora
Udang Omnivora

 

Sahabat biologi bisa mengenali hewan ini dengan mudah, sebab hewan ini memiliki ciri khas yang unik. Selain itu, sahabat biologi juga wajib tahu jika udang merupakan salah satu hewan yang termasuk jenis pemakan segala. Karena udang bisa makan tumbuhan air, hingga hewan yang sudah mati dan anak udang itu sendiri.

 

20.) Racoon

Racoon Omnivora
Racoon Omnivora

 

Sahabat biologi tahu apa makanan utama dari racoon? Makanan utamannya adalah ikan, katak, serangga hingga telur burung loh. Namun hewan ini juga dikenal sebagai pemakan kacang-kacangan dan buah.

 

21.) Berang berang

Berang berang Omnivora
Berang berang Omnivora

Berang berang juga merupakan salah satu hewan pintar yang makan tumbuhan beserta ikan kecil yang ditemukan di sungai. Sebab berang-berang sendiri merupakan hewan yang hidup di dua dunia.

Pastinya sahabat biologi sudah tahu kan jika hewan ini adalah hewan yang bisa hidup di lingkungan air dan juga bisa hidup di daratan. Beruang memiliki tubuh yang panjang, kaki pendek, berwarna hitam atau coklat tua.

 

22.) Beruang hitam

Beruang hitam Omnivora
Beruang hitam Omnivora

 

Biasanya sahabat biologi mengenal beruang sebagai hewan denngan ukuran tubuh yang sangat besar dan menyeramkan, termasuk beruang hitam yang hidup di dalam hutan liar yang lebat.

Hewan ini tidak hanya memakan tumbuhan, akar dan buah-buahan, namun juga hewan kecil misalnya : ikan dan serangga.

Jadi jangan khawatir beruang hitam akan memakan sahabat belajar ya, sebab mereka hewan omnivora yang hanya makan hewan hewan kecil saja.

 

23.) Anjing Hutan

Anjing Hutan Omnivora
Anjing Hutan Omnivora

 

Mungkin selama ini sahabat biologi hanya mengetahui jika anjing merupakan pemakan daging atau karnivora. Namun jenis anjing hutan tak hanya makan daging saja loh. tapi mereka juga bisa makan buah-buahan seperti berry hingga rerumputan.

Anjing hutan merupakan hewan yang cukup buas apabila merasa terancam, namun dia lebih menyerang makhluk hidup yang berada tingkat dibawahnya.

 

Dengan penjelasan kami di atas mudah-mudahan anda lebih mengenal contoh hewan omnivora dan juga jenis jenis hewan omnivora di sekitar tempat anda tinggal, semoga artikel kami ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam hal pencarian pengertian ataupun jenis hewan omnivora.

Artikel Lainnya :