Hewan omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar

Posted on

Hewan Omnivora – Ciri Ciri, Penjelasan, Contoh, dan Gambar

 

Hewan omnivora – Hewan adalah salah satu makhluk hidup yang dapat digolongkan berdasarkan makanan dan jenisnya. Golongan hewan berdasarkan jenis makanan dapat dibagi menjadi tiga golongan yaitu : hewan karnivora, herbivora, dan omnivora. Herbivora merupakan golongan hewan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan.

Karnivora merupakan golongan atau sebutan bagi hewan hewan yang memakan daging.

Sedangkan Omnivora merupakan gabungan dari herbivora dan karnivora. Omnivora merupakan sebutan bagi hewan yang memakan tumbuh tumbuhan sekaligus daging. Berbagai macam jenis hewan omnivora hidup disekitar kita baik di darat maupun di air. Kali ini kita akan fokus pada pembahasan hewan Omnivora, berikut pengertian dan contohnya :

 

Penjelasan Hewan Omnivora

Hewan Omnivora atau kata lainnya sering disebut dengan sarwaboga merupakan penggolongan hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan daging atau hewan lain. Omnivora juga merupakan kombinasi antara hewan herbivora dan karnivora. Hewan omnivora ada yang berasal dari darat maupun dari air.

Pada umumnya hewan omnivora tidak buas seperti hewan karnivora meskipun sama sama memakan daging. Hewan omnivora memakan daging dari binatang yang lebih kecil darinya dan bukan merupakan makanan utama.

 

Contoh Dan Gambar

1. Gorila

Gorila Hewan Omnivora
Gorila Hewan Omnivora

 

Merupakan hewan jenis primata yang bertubuh besar dibandingkan jenis primata lainnya. Gorila memakan tumbuh tumbuhan, terkadang juga memakan serangga. Gorila merupakan hewan yang memiliki DNA idenntik dengan manusia setelah simpanse yaitu 97- 98%.

Kemiripan DNA tersebut dapat juga dilihat dari struktur tubuh yang bertubuh tegak seperti manusia umumnya, memiliki tangan dan kaki yang berfungsi sama juga dengan manusia, dan intelegensinya yang dinilai cukup tinggi.

2. Monyet

Monyet Hewan Omnivora
Monyet Hewan Omnivora

 

Merupakan hewan omnivora yang biasa kita ketahui makan berbagai jenis sayuran, buah buahan, kacang kacangan, hewan kecil, maupun serangga. Monyet memiliki ukuran yang lebih kecil dari hewan sejenisnya dan ekor yang panjang.

 

3. Simpanse

Simpanse Hewan Omnivora
Simpanse Hewan Omnivora

 

Merupakan hewan berbulu yang memakan tumbuh tumbuhan seperti buah buahan, biji bijian, bunga dari pohon, serangga dan sejenisnya. Simpanse merupakan keluarga dari Hominidae seperti gorila dan orang utan.

Baca Juga :  Jaringan Hewan Dan Tumbuhan – Perbedaan, Persamaan Dan Gambar

Simpanse memiliki kelompok sosial yang hierarki dalam komunitas nya yang terdiri dari multi jantan dan multi betina. Kehidupan sosial simpanse ini tampak memiliki tingkatan yang saling mempengaruhi.

 

4. Orang utan

Orang Utan Omnivora
Orang Utan Omnivora

 

Merupakan hewan omnivora yang identik dengan bulunya yang coklat kemerahan dan memiliki lengan panjang. Orang utan memakan tumbuh tumbuhan dan juga serangga.

Meskipun mayoritas dari mereka hanya memakan tumbuh tumbuhan seperti kulit pohon, bunga, dedauanan, buah buahan, madu, nektar, jamur dan lainnya. Orang utan juga tidak perlu turun dari pohon untuk mencari minum, karena mereka bisa minum dari lubang lubang pada pohon yang terkumpul air dari air hujan.

 

5. Beruang

Beruang Omnivora
Beruang Omnivora

 

Beruang merupakan hewan omnivora yang memakan apa saja termasuk tumbuh tumbuhan maupun daging dari hewan kecil lain. Beruang memakan jenis buah buahan, tanaman, madu, serangga, burung, dan binatang kecil lainnya.

Beruang identik dengan makanan kesukaannya yaitu madu sampai terdapat tokoh kartun yang menggambarkan hewan omnivora satu ini dengan makanan kesukaannya yaitu madu.

 

6. Luwak atau musang

Luwak Omnivora
Luwak Omnivora

 

Musang atau luwak ini biasa hidup di atas pohon pohon yang tinggi seperti pohon kelapa, pohon aren, pohon kopi, dan lainnya. Musang ini sebenarnya memakan buah buahan di kebun, seperti pisang, pepaya, dan lainnya.

Musang juga memakan serangga, cacing tanah, moluska, tikus, dan hewan kecil lainnya. Namun dikarenakan habitat aslinya juga semakin punah, musang biasa masuk ke peternakan warga dan dituduh mencuri anak ayam. Musang memakan anak ayam karena tidak dapat menemukan buah yang bisa dimakan, bukan karena daging merupakan makanan utamanya.

 

7. Babi

Babi Omnivora
Babi Omnivora

 

Babi memiliki bentuk hidung yang khas dan besar dengan telinga yang lebar. Babi merupakan hewan jenis omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput dan juga serangga. Babi dikatakan memiliki tingkat kecerdasan yang cukup tinggi diatas anjing dan kucing.

 

8. Burung Flamingo

Burung Flaminggo Omnivora
Burung Flaminggo Omnivora

 

Burung cantik ini berwarna kemerahan dan memiliki kaki jenjang dan paruh yang unik sehingga tampak eksotik apabila berkerumun dengan kelompoknya. Burung flaminggo ini memakan alga biru dan hijau dan udang.

Udang dan alga ini merupakan makanan utama yang kaya nutrisi untuk burung flaminggo. Bentuk paruh burung flamingo berfungsi dalam menyaring makanannya. Warna tubuh mereka yang kemerahan merupakan efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.

 

9. Burung jalak

Jalak Omnivora
Jalak Omnivora

 

Burung jalak memiliki tubuh yang berukuran 20- 25 cm. Burung jalak didominasi dengan warna bulu hitam. Burung ini lincah. Burung jalak memiliki kicau yang kuat dan bisa meniru suara burung lainnya. Burung jalak memakan buah buahan seperti pisang, pepaya, dan juga serangga.

Baca Juga :  Sel Hewan – Struktur Dan Fungsinya Disertai Gambar

 

10. Paus

Paus Omnivora
Paus Omnivora

 

Hewan laut ini merupakan hewan omnivora yang memakan crustaceae dan cumi cumi. Paus memiliki tubuh yang sangat besar dan hidup di samudra. Paus juga memakan krill dan copepoda meskipun di makan dalam jumlah yang tidak banyak.

 

11. Lumba lumba

Lumba lumba Omnivora
Lumba lumba Omnivora

 

Lumba lumba merupakan hewan air yang dikenal bersahabat dengan manusia. Hewan imut dan cerdas ini merupakan mamalia laut yang termasuk jenis omnivora. Lumba lumba memakan cumi cumi, ikan ikan kecil, plankton, dan lainnnya.

Lumba lumba memiliki sonar sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda benda disekitarnya.

 

12. Bebek

Bebek Omnivora
Bebek Omnivora

 

Bebek ternnyata juga merupakan hewan omnivora. Bebek biasanya makan tumbuh tumbuhan, rumput, dedak, cacing tanah atau juga daging bekicot yang diiris kecil kecil. Memang untuk bekicot ini biasanya diberikan oleh sang pemilik untuk menjaga kualitas bebek.

 

13. Tikus

Tikus Omnivora
Tikus Omnivora

 

Tikus atau Rattus argentiventer merupakan jenis hewan mamalia yang masuk dalam jenis hewan omnivora. Tikus memakan beragam tumbuh tumbuhan seperti padi, jagung, kelapa dan juga hewan seperti serangga, ikan asin, dan lainnya.

tak heran jika tikus biasa ditemukan di perumahan warna dan menjadi ancaman yang cukup mengganggu bagi persediaan makanan manusia.

 

14. Ayam

Ayam Omnivora
Ayam Omnivora

 

Ayam merupakan jenis hewan omnivora karena selain memakan tumbuh tumbuhan seperti rumput, buah, sayur, padi padian, biji bijian, selain itu mereka juga memakan serangga, cacing tanah, keong, dan lainnya. Ayam menemukan serangga yang ada di tanah dengan cara mengais ngaisnya.

 

15. Burung Kasuari

Burung Kasuari Omnivora
Burung Kasuari Omnivora

 

Burung kasuari merupakan hewan jenis omnivora yang hidup di hutan menyerupai unggas, memiliki kaki yang kuat dan berkuku tajam. Burung kasuari disertai warna warna yang unik di beberapa bagian bulunya. Burung kasuari ini memakan buah buahan, serangga, yang berada di tanah.

 

16. Tupai

Tupai Amnivora
Tupai Amnivora

 

Tupai merupakan jenis hewan omnivora yang memakan tumbuh tumbuhan seperti biji bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya. Contoh makanan yang paling khas dengan tupai adalah biji kenari. Selain itu tupai juga memakan serangga serangga kecil yang ada di pohon.

 

17. Ikan Lele

Ikan Lele Omnivora
Ikan Lele Omnivora

 

Ikan lele merupakan jenis ikan omnivora karena memakan ganggang, lumut, tanaman air dan juga ikan kecil, serangga air, cacing tanah, amfibi. Lele bisa hidup di dalam air yang sangat keruh sekalipun dan dalam perairan yang kotor. Lele termasuk ikan pemakan segala di perairan air tawar.

Baca Juga :  Hewan Berbahaya- Penjelasan Beserta Gambar

 

18. Serigala merah

Serigala merah Omnivora
Serigala merah Omnivora

 

Serigala identik dengan binatang buas pemakan daging. Namun jenis yang satu ini yaitu serigala merah memiliki tubuh yang lebih kecil dan merupakan mamalia omnivora. Serigala merah memakan tumbuh tumbuhan seperti buah, berry, dan rumput.

Selain itu serigala merah juga memakan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya seperti kelinci, udang karang, belalang, dan lainnya.

 

19. Udang

Udang Omnivora
Udang Omnivora

 

Udang merupakan hewan laut yang masuk pada klasifikasi hewan omnivora karena memakan plankton, tumbuhan air sebagai tanaman dan daging dari hewan yang sudah mati, anak udang, dan ikan kecil.

 

20. Racoon

Racoon Omnivora
Racoon Omnivora

 

Racoon merupakan omnivora yang memakan serangga, ikan, katak, siput, telur burung, sebagai daging dan tumbuh tumbuhan seperti kacang kacangan, buah buahan. Racoon juga terkadang memakan anak burung yang belum bisa terbang atau baru menetas, dan mamalia kecil lainnya yang ada di tanah.

 

21. Berang berang

Berang berang Omnivora
Berang berang Omnivora

Berang berang dikenal sebagai hewan dengan tingkat kecerdasan tinggi dan sebagai arsitek alami karena kemampuannya membuat bendungan alami. Beruang memiliki tubuh yang panjang, kaki pendek, berwarna hitam atau coklat tua.

Beruang merupakan jenis hewan omnivora karena memakan tumbuh tumbuhan sekaligus memakan ikan ikan kecil di sungai.

 

22. Beruang hitam

Beruang hitam Omnivora
Beruang hitam Omnivora

Beruang hitam memiliki tubuh yang sama besarnya dengan jenis beruang coklat atau beruang kutub pada umumnya. Beruang hitam kebanyakan hidup di dalam hutan. Jenis hewan ini termasuk omnivora karena memakan buah buahan, akar dan juga mamalia kecil, ikan, serangga, dan lainnya.

 

23. Anjing Hutan

Anjing Hutan Omnivora
Anjing Hutan Omnivora

Anjing hutan ini juga termasuk omnivora karena memakan buah buahan, berry, rumput, carrio, dan juga memakan hewan yang lebih kecil darinya seperti kelinci, berang berang, tupai, ular, kadal, serangga, burung, dan hewan lainnya.

Anjing hutan merupakan hewan yang cukup buas apabila merasa terancam, namun dia lebih menyerang makhluk hidup yang berada tingkat dibawahnya.

 

 

Dengan penjelasan kami diatas mudah mudahan anda lebih mengenal contoh hewan omnivora dan juga jenis jenis hewan omnivora di sekitar tempat anda tinggal, semoga artikel kami ini bermanfaat dan dapat membantu anda dalam hal pencarian pengertian ataupun jenis hewan omnivora