Hewan Langka – Yang dilindungi di Indonesia dan Yang hampir punah, Beserta gambarnya

Posted on

Hewan Langka

ekosistem.co.id – Hewan langka adalah sebutan bagi sekumpulan hewan yang jumlah di dunia ini atau di alam liar sudah mengalami penurunan. Beberapa hewan bahkan dianggap berada di ambang kepunahan.

Karena jumlahnya yang semakin sedikit dari hari ke hari, meskipun Pemerintah sudah mulai bertindah untuk mengurangi angka penurunan dari beberapa hewan langka. Namun nyatanya beberapa hewan di bawah ini tetap dianggap berada dalam masa kritis.

Ada banyak sekali faktor penyebab hewan hewan di bawah ini menjadi langka. Mulai dari faktor alam, hingga faktor manusia yang merusak lingkungan habitat mereka tinggal. Mau pun perburuan liar yang melihatkan satwa langka semakin mendekati status punah.

Hewan Langka di Indonesia

Untuk itu sahabat biologi wajib mengetahui hewan apa saja yang dianggap langka agar kita semakin waspada dan menjaga lingkungan sekitar :

1.) Orang Utan Sumatera dan Kalimantan

 

Orang Utan Sumatera dan Kalimantan
Orang Utan Sumatera dan Kalimantan

 

Jumlah Orang Utan semakin menurun dan bahkan kini jumlahnya hanya 1000 ekor saja di alam liar. Padahal orang utan adalah satwa unik dan cantik asli Indonesia loh. Perburuan liar dan pembukaan hutan yang merupakan habitat dari orang utan. Membuat mereka sulit bertahan hingga nyaris punah.

Baca Juga :  Hewan Vertebrata

 

2.) Harimau Sumatera

 

Harimau sumatera
Harimau sumatera

 

Hanya tersisa 300 ekor saja di alam liar, harimau asli Sumatera ini punah karena habitat alaminya yang mulai berkurang. Apalagi perburuan liar yang melibatkan harimau juga menjadi penyebab utamanya.

 

3.) Badak Sumatera

 

Badak sumatera
Badak sumatera

 

Bada memang menjadi salah satu hewan yang sedang berada di kondiri kritis punah. Salah satu jenisnya yang sangat rentan punah adalah Badan Sumatera. Badak ini pun jumlahnya hanya tinggal hitungan jari saja loh, di alam liar.

 

4.) Komodo

Komodo
Komodo

 

Komodo semakin dikenal banyak orang seiring terkenal pula keindahan pulau Komodo. Hewan endemik asli Indonesia ini hanya mendiami beberapa pulau saja di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Salah satunya di pulau Komodo yang memang merupakan lokasi penangkaran dan pelestarian Komodo. Agar hewan purba yang disinyalir satu genetik dengan naga ini tidak punah.

 

5.) Burung Jalak Bali

 

Burung jalak bali
Burung jalak bali

 

Burung jalak bali adalah salah satu hewan yang terancam punah karena ulah manusia yang jahat. Burung ini semakin berkurang jumlahnya di alam liar akibat diburu dan diperjualbelikan secara ilegal.

Burung ini memang memiliki bulu dan suara yang indah, itulah sebabnya banyak orang yang ingin memeliharanya. Akibatnya banyak manusia tidak bertanggung jawab rela memburu burung ini dan dijual secara ilegal.

 

6.) Gajah Sumatera

 

Gajah Sumatera
Gajah Sumatera

 

Indonesia memiliki banyak sekali hewan asli yang unik dan hanya di Indonesia. Salah satunya gajah sumatera yang hanya hidup di sumatera saja. Gajah ini terbilang unik karena tubuhnya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis gajah lainnya.

Gajah seringkali dianggap sebagai hama di perkebunan karena habitat mereka yang mulai berkurang. Sebab alam tempat mereka tinggal dibuka dan dijadikan sebagai perkebunan. Setiap tahun sering terjadi bentrok antara gajah dan manusia yang turut menewaskan hewan yang malang ini.

Baca Juga :  Jaringan Saraf - Ciri Ciri, Fungsi, Struktur, Letak dan Gambarnya

Sehingga jumlahnya semakin berkurang di alam liar.

 

7.) Kanguru Pohon Wondiwoi

 

Kanguru Pohon Wondiwoi
Kanguru Pohon Wondiwoi

 

Indonesia memiliki kangguru sebagai salah satu hewan asli yang hanya ada dan hidup di Pulau Papua. Kanguru ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dengan berat 9 kg. Dengan bulu hitam suram tapi terdapat beberapa bagian yang berwarna kekuningan di beberapa bagian tubuhnya.

Ekornya sendiri berwarna putih dengan pantat dan tungkai yang berwarna kemerahan. Hewan yang hanya bisa tinggal di alam liar ini disinyalir hanya tersisa 50 ekor saja. Sehingga dianggap sebagai hewan dengan status kritis dan hampir punah.

 

8.) Anoa

 

Anoa
Anoa

 

Anoa adalah hewan khas Indonesia yang hanya ada di Sumatera Tenggara, hewan yang sekilas mirip dengan sapid an perpaduan dengan kerbau ini hanya tersisa 5 ribu ekor di alam liar.

Kulit dan tanduknya menjadi salah satu yang paling diburu dari hewan ini. Sehingga semakin hari jumlahnya semakin berkurang karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Daging dari hewan yang tinggal di dataran rendah dan pegunungan ini juga cukup disukai oleh banyak orang. Sehingga hewan ini sering diburu demi kepentingan manusia.

Anoa termasuk dalam hewan yang tidak bisa diternakan karena mereka harus hidup di alam liar. Sehingga untuk menekan angka penurunan dari hewan ini cukup sulit.

 

9.) Monyet Hitam Sulawesi

 

Monyet Hitam Sulawesi
Monyet Hitam Sulawesi

 

Dikenal dengan banyak nama oleh masyarakat setempat di Sulawesi, monyet ini disebut dengan Yaki, Dihe hingga Bolai. Namun nama ilmiah dari monyet ini adalah Macaca Nigra.

Hewan unik satu ini masuk dalam daftar kritis yang hampir punah.

 

10.) Pesut Mahakam

Pesut Mahakam
Pesut Mahakam

 

Baca Juga :  Hewan Mamalia – Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh Terlengkap

Ikan pesut Mahakam memiliki bentuk yang lucu dan unik, sekilas mirip dengan lumba lumba namun ikan ini hidup di air tawar. Mamalia lucu ini hanya tinggal 50 ekor saja loh di alam liar.

Sehingga hewan ini masuk dalam daftar kritis dan harus dilindungi agar tidak punah. Padahal hewan ini merupakan hewan endemik yang sangat khas dari Indonesia. Maka sangat sayang jika mamalia lucu ini punah ya.

 

Selain hewan yang sudah disebutkan di atas, berikut juga beberapa hewan yang terancam punah keberadaannya.

 

11.) Macan Tutul Jawa

Macan Tutul Jawa
Macan Tutul Jawa

 

12.) Kura-kura Paruh Betet

Kura-kura Paruh Betet
Kura-kura Paruh Betet

 

13.) Elang Flores

Elang Flores
Elang Flores

 

14.) Ekidna Moncong Panjang Barat

Ekidna Moncong Panjang Barat
Ekidna Moncong Panjang Barat

 

15.) Kodok Pohon Ungaran

Kodok Pohon Ungaran
Kodok Pohon Ungaran

 

16.) Burung Trulek Jawa

Burung Trulek Jawa
Burung Trulek Jawa

 

17.) Kakatua Jambul Kuning

Kakatua Jambul Kuning
Kakatua Jambul Kuning

 

18.) Simakobu

Simakobu
Simakobu

 

19.) Beruk Mentawai

Beruk Mentawai
Beruk Mentawai

 

20.) Tarsius Siau

Tarsius Siau
Tarsius Siau

 

21.) Gagak Banggai

Gagak Banggai
Gagak Banggai

 

22.) Burung Kacamata Sangihe

Burung Kacamata Sangihe
Burung Kacamata Sangihe

 

23.) Burung Hantu (Celepuk) Siau

Burung Hantu (Celepuk) Siau
Burung Hantu (Celepuk) Siau

 

24.) Katak Merah atau Katak Api

Katak Merah atau Katak Api
Katak Merah atau Katak Api

 

25.) Burung Tokhtor Sumatera

Burung Tokhtor Sumatera
Burung Tokhtor Sumatera

 

26.) Rusa Bawean

Rusa Bawean
Rusa Bawean

 

27.) Kodok Sumatera

Kodok Sumatera
Kodok Sumatera

 

28.) Merak Hijau

Merak Hijau
Merak Hijau

 

29.) Hiu Sentani

Hiu Sentani
Hiu Sentani

 

30.) Ikan Arwana Irian

Ikan Arwana Irian
Ikan Arwana Irian

 

 

Sudah menjadi tugas sahabat biologi dan saya untuk menjaga alam serta lingkungan agar hewan hewan di atas tidak punah dan bisa dilihat oleh anak cucu kita kelak. Itulah pembahasan mengenai hewan langka yang semoga membuat kita semakin mencintai lingkungan tempat kita tinggal.

Artikel Lainnya :