Hewan Berbahaya- Penjelasan Beserta Gambar

Posted on

Hewan Paling Mematikan Bagi Manusia 

Ekosistem.co.id – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai hewan paling beracun di dunia, sekarang kita akan membahas mengenai hewan paling mematikan bagi manusia. Apa saya ya?

Di dunia ini dipenuhi dengan berbagai macam hewan yang memiliki bentuk serta keunikan masing – masing. Beberapa hewan dilahirkan dengan sistem pertahanan hidup yang melindungi mereka dari musuh atau pemangsa. Jika kamu berpikir bahwa hewan paling berbahaya bagi manusia adalah hewan besar dengan taring tajam seperti harimau atau singa, maka kamu salah besar.

Sebab ada banyak sekali hewan yang berbahaya bagi manusia meski memiliki tubuh yang tak terlalu besar dan menyeramkan.

Berikut Ini Adalah Hewan Paling Mematikan Bagi Manusia

1.Ikan Hiu Putih (Great White Shark)

Siapa yang tidak takut jika bertemu hewan satu ini di laut, dengan tubuhnya yang lincah dan sanggup berenang dengan cepat disertai gigi tajam yang siap merobek tubuh mangsanya, nyatanya pantas bagi jika hiu disebut sebagai hewan paling berbahaya bagi manusia. Hiu sendiri memiliki banyak jenis namun yang paling ditakuti adalah hiu putih.

Tercatat ada ribuan kasus hiu yang melukai manusia, dengan giginya yang berjumlah 3.000 gigi maka makhluk ini wajib untuk dihindari. Hiu sendiri tidak menyerang manusia bukan karena ingin memangsanya namun menurut penelitian hiu hanya tertarik pada manusia karena setelah gigitan pertama hiu akan kabur, namun manusia tak akan bisa selamat begitu tergigit oleh hewan satu ini. Sehingga ada banyak sekali kasus kematian yang diakibatkan oleh hiu.

Baca Juga :  Organ dan Sistem Organ Pada Hewan

2.Kalajengking

Habitat hewan satu ini berada di Afrika Utara dan Timur Tengah dan sengatannya menyebabkan kematian hingga 80% setiap tahunnya. Meskipun manusia biasa yang sehat hanya akan mengalami kesakitan saat tersengat namun anak – anak yang tersengat oleh kalajengking akan mengalami beberapa gejala seperti demam, koma, kejang hingga kematian.

3.Buaya Air Asin (Saltwater Crocodile)

Ada sekitar 2.000 kasus kematian yang disebabkan oleh buaya setiap tahunnya dan 800 diantaranya disebabkan oleh buaya air asin. Sehingga menjadikan buaya yang hidup di sepanjang aliran sungai tropis di Afrika, Asia, Amerika dan Australia ini menjadi hewan yang paling berbahaya bagi manusia. Buaya ini juga merupakan jenis buaya paling besar di dunia.

4.Komodo

Binatang asli Indonesia yang hanya bisa ditemukan di pulau Komodo ini juga merupakan salah satu hewan paling mematikan bagi manusia dan masuk ke dalam jajaran 10 besar. Dengan tubuh besar dan lincah hewan ini memiliki air liur yang sangat beracun.

5.Brazilian Wandering Spider

Siapa bilang predikat hewan mematikan hanya dimiliki oleh hewan bertubuh besar dan menyeramkan, salah satunya adalah laba – laba Brazilian Wandering Spider yang hanya memiliki ukuran tidak terlalu besar ini namun racunnya 18 kali lebih mematikan dibanding dengan laba – laba black widow.

Laba – laba ini juga disebut dengan nama laba – laba pisang atau banana spiders dan menjadi laba – laba paling beracun di dunia. Hewan ini bisa ditemukan di kawasan tropis Amerika Selatan dan Amerika Pusat. Meski dianggap sangat mematikan, namun kasus kematian yang disebabkan oleh hewan ini hanya sedikit.

Ketika seseorang tersengat racun laba – laba ini makan akan merasakan sakit yang luar biasa dan bagi seorang pria laba – laba ini juga sangat memalukan karena bisa menyebabkan ereksi yang menyakitnya. Cukup menyeramkan bukan. Seluruh laki – laki di dunia ini pastinya berharap tak pernah bertemu dengan laba – laba satu ini.

Baca Juga :  Jenis Anjing - Nama Anjing Paling Berbahaya

6.Siput Air Tawar

Meskipun siput tak memiliki bentuk yang menyeramkan namun hewan satu ini sangat berbahaya loh, karena dari berbagai spesies siput air tawar membawa cacing parasit yang bisa menginfeksi penyakit yang disebut dengan  schistosomiasis pada manusia. Penyakit ini sendiri bisa menyebabkan rasa sakit perut yang amat sangat sehingga bisa menyebabkan darah keluar dari kotoran dan urin. Saking berbahayanya, siput ini menjadi penyebab 20 ribu hingga 200 ribu kematian yang disebabkan oleh penyakit schistosomiasis.

 

Jadi bukan hanya hewan menyeramkan saja ya, yang termasuk ke dalam hewan paling mematikan bagi manusia. Buktinya ada banyak sekali hewan yang justru terlihat tidak berbahaya karena bentuknya yang kecil tapi rupanya sangat mematikan bagi manusia.

Artikel Berikutnya :