Glikolisis – Pengertian, Penjelasan Prosesnya, Tempat Terjadinya

Posted on

Glikolisis – Pengertian, Penjelasan Prosesnya, Tempat Terjadinya

Ekosistem.co.id – Halo sahabat biologi semuanya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai Glikolisis mulai dari pengertian, penjelasan mengenai proses terjadinya Glikolisis hingga di mana tempat terjadinya proses Glikolisis berlangsung.

Tidak usah berlama – lama lagi, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

Pengertian Glikolisis

Perlu sahabat biologi ketahui, jika Glikolisis ini merupakan salah satu proses pemecahan gula atau glukosa yang terdapat pada tingkat sel. Proses pemecahan glukosa ini sendiri berlangsung dengan cara sistematis atau berurutan untuk menjadikan glukosa menjadi asam piruvat serta energi di dalam bentuk NADH atau ATP.

Selanjutnya energi yang telah diperoleh dari proses Glikolisis ini nantinya akan bisa digunakan pada saat proses respirasi seluler yang selanjutnya dilakukan.

Nah, sekarang sahabat biologi sudah tahu kan, apa pengertian dari Glikolisis. Dan berikut ini adalah urutan terjadinya proses Glikolisis.

 

Proses Glikolisis

Untuk lebih mengetahui apa itu Glikolisis, kami juga sudah menyiapkan proses terjadinya Glikolisis, berikut ini urutan proses beserta dengan penjelasannya.

  1. Pada proses Glikolisis tahap pertama yang dilakukan adalah untuk mengubah glukosa menjadi glukosa 6 – fosfat yang dilakukan oleh enzim hexokinase. Pada tahap ini, energi dari ATP atau adenosine trifosfat sangat dibutuhkan dan ATP yang sudah melepaskan energi pun akan disimpan untuk kemudian diubah menjadi ADP.
  2. Tahap berikutnya fruktosa 6 – fosfat akan terbentuk dari glukosa 6 – fosfat dan proses ini sendiri akan dikatalisis atau dilakukan enzim fosfohexosa isomerase.
  3. Tahap yang ke tiga dari proses Glikolisis ini adalah enzim fosfofruktokinase yang mengubah fruktosa 6 – fosfat sebagai fruktosa 1,6 – bifosfat dengan cara melakukan proses reaksi dikatalis. Untuk melakukan proses ini dibutuhkan energi dari ATP.
  4. Pada fase ke empat maka fruktosa 1,6 – bifosfat atau 6 atom C akan dipecah untuk dijadikan gliseraldehida 3 – fosfat atau 3 atom C dan akhirnya akan dihidroksi aseton fosfat atau 3 atom C. Enzim aldolase lah yang bekerja untuk melakukan proses dikatalis pada fase ini.
  5. Pada fase ke lima satu molekul akan dihidrosi aseton fosfat yang akan terbentuk dan kemudian diubah menjadi gliseraldehida 3-fosfat, proses ini dilakukan oleh enzim triosa fosfat isomerase. Enzim ini bekerja dengan mengubah gliseraldehida 3 – fosfat untuk dihidroksi menjadi aseton fosfat, hal ini lah yang membuat enzim ini dikatakan bekerja secara berkali kali.
  6. Gliseraldehida 3 – fosfat nantinya akan berubah menjadi 1,3 – bifosfogliserat dan dilakukan oleh enzim gliseraldehida 3 – fosfat dehidrogenase yang akan membentuk NADH pada fase ini.
  7. Selanjutnya 1,3 bifosfogliserat ini akan berubah menjadi 3 – fosfogliserat yang dilakukan oleh enzim fosfogliserat kinase dan energi dalam bentuk ATP ini akan dikeluarkan oleh reaksi yang terjadi pada fase ini.
  8. Pada fase berikutnya 3 – fosfogliserat akan berubah menjadi 2 – fosfogliserat yang dilakukan oleh fosfogliserat mutase.
  9. Pada akhirnya 2 – fosfogliserat akan diubah untuk menjadi fosfoenol piruvat yang dilakukan oleh enzim enolasi.
  10. Pada fase terakhir fosfoenolpiruvat akan berubah menjadi piruvat yang dikatalisis oleh enzim piruvat kinase dan pada fase ini tahap ini akan menghasilkan sebuah energi yang berada di dama bentuk ATP.
Baca Juga :  Kingdom Protista

 

Pada fase ini yang harus benar benar diperhatikan ialah terdapat di langkah ke 6 dan ke 10, karena pada langkah ini akan terjadi dua kali dikarenakan dua gliseraldehida 3 – fosfat akan terbentuk dan berasal dari pemecahan fruktosa 1,6 – bifosfat. Maka dari itu dua molekul gliseraldehida 3-fosfat ini masing masing akan mencoba menjalani langkah ke 6 hingga akhirnya ke langkah 10.

 

Tempat Terjadinya Glikolisis

Sekarang sahabat biologi sudah tahu kan, proses terjadinya Glikolisis. Nah, apakah sahabat biologi juga penasaran di manakah terjadinya proses Glikolisis. Tempat terjadinya Glikolisis ini sendiri terjadi di protoplasma yang merupakan bagian hidup dari sebuah sel yang dikelilingi oleh membran plasma.

Nah, di sanalah proses Glikolisis ini terjadi.

 

Demikian penjelasan kali ini mengenai Glikolisis beserta dengan pengertian, penjelasan prosesnya hingga tempat terjadinya proses Glikolisis ini lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk sahabat biologi dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya.

Artikel Lainnya :

Kondensasi – Pengertian, Proses, Contoh dan Gambar

Anatomi Mata – Manusia, Hewan, Ikan

Etiologi – Pengertian, Macam dan Contoh